Friday, March 20, 2015

[Blog Tour] Book Review: Not a Perfect Wedding by Asri Tahir + Giveaway

.
BOOK review
Started on: 8.March.2015
Finished on: 9.March.2015

Judul Buku : Not a Perfect Wedding
Penulis : Asri Tahir
Penerbit : Elex Media Komputindo
Tebal : 312 Halaman
Tahun Terbit: 2015
Harga: Rp 47,040 (http://www.pengenbuku.net)

Rating: 3.5/5
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- 
"Kalau mereka tidak akan pernah saling mencintai, Pram tidak akan mempermasalahkan itu. Tugas terpentingnya kini adalah membuat Raina seperti dulu, saat sebelum Raka meninggal. Dia berjanji, dia akan melihat Raina tersebnyum lagi. Senyum yang sama saat mereka pertama kali bertemu."
Menjelang hari pernikahannya, secara tiba-tiba kehidupan Raina diputarbalikkan. Calon suaminya, Raka, terlibat dalam sebuah kecelakaan yang membuat lelaki itu meninggal dunia. Di saat-saat terakhirnya, Pram—kakak lelaki Raka, berada di sisinya. Raka membuat Pram berjanji untuk menjaga Raina menggantikan dirinya. Tentu saja Pram menyanggupi permintaan terakhir adik yang amat ia sayangi itu; meskipun ia bahkan tidak pernah melihat seperti apa wajah Raina. Berita yang mengenaskan tersebut tidak diketahui oleh Raina—hingga akhirnya ia mengetahui fakta bahwa yang menjadi suaminya kemudian bukanlah Raka, tetapi Pram.

"Kita sama-sama kehilangan orang yang paling berarti. Jadi bisakah kamu berhenti, seolah-olah hanya kamu yang menjadi korban di sini?..... Bukan hanya kamu yang menderita."
Kematian Raka memberikan pukulan yang hebat dalam hidup Raina, dan ia merasa semua orang telah membohonginya. Pram harus berusaha keras bertahan dengan perilaku Raina demi menepati janjinya pada Raka. Perlahan-lahan, Raina mulai membuka diri pada Pram—namun ia semakin menyadari bahwa ia tidak tahu apapun tentang lelaki yang telah menjadi suaminya itu. Ia bahkan tidak tahu masa lalu Pram yang kelam; yang membuat lelaki itu pergi dan menjalani kehidupan di London. Keduanya menjalani pernikahannya yang tidak sempurna ini, dan seiring dengan waktu mulai menemukan jalan yang hendak mereka ambil.
"Janjinya kepada Raka untuk menjaga Raina adalah sebuah janji yang tidak akan pernah dia lupakan. Dia sangat sadar, janji itu begitu berat sekarang. Karena butuh cinta dan kepercayaan untuk memulainya. Dua hal itu adalah hal terakhir yang sudah dilupakan oleh Pram."
image source: here. edited by me.
Novel ini adalah karya debut Asri Tahir yang dimulai di wattpad dan berhasil menarik perhatian banyak orang. Aku pun salah satu orang yang sangat tertarik dengan premis yang ditawarkan oleh kisah ini; yaitu tentang seorang perempuan yang harus menikahi orang lain karena calon suaminya meninggal secara tiba-tiba. Dengan adanya konflik tersebut, aku selalu merasa penasaran apa yang akan terjadi berikutnya dalam kehidupan pernikahan Raina yang diawali tanpa cinta tersebut. Tentu saja semuanya tidak mudah bagi Raina maupun bagi Pram, tetapi seiring dengan berjalannya waktu Raina mulai bisa menerima keberadaan sosok yang telah menjadi suaminya. Konflik yang lain datang dari masa lalu Pram. Luka hati yang membuatnya meninggalkan Indonesia 7 tahun silam ternyata masih tertinggal—dan perempuan yang bertanggung jawab atas luka itu adalah Sashi. Keberadaan Sashi dengan mudah menggoyahkan hubungan Raina dan Pram yang telah membaik. Dan meskipun perkembangan ceritanya tidak sepenuhnya memenuhi ekspektasiku (karena aku sangat suka dengan ide ceritanya), aku merasa semua konfliknya diselesaikan dengan sangat manis pada akhirnya.
"Kehadiranmu menyadarkanku bahwa begitu banyak yang terlewat dalam hidupku. Aku kalah oleh masa laluku, sementara kamu... di balik tangismu, kamu membangun kembali hidupmu yang hancur."
Yang menjadi fokus utama cerita ini tentu saja adalah dua karakternya: Raina dan Pram. Kedua orang ini memiliki kepribadian yang bertolak belakang; Raina adalah sosok yang manja, sedangkan tingkah laku Pram sangat dewasakarena usianya yang juga lebih tua. Kepribadian yang bertolak belakang ini tentu saja menciptakan banyak konflik antara keduanya. Jujur saja, aku sendiri kadang-kadang merasa sebal dengan perilaku Raina; tapi aku rasa memang itu adalah bagian dari karakterisasi yang ingin disampaikan. Yang cukup disayangkan, aku kurang merasakan chemistry antara Raina dan Prampadahal aku mengharapkan adanya momen-momen manis yang akan memperbaiki hubungan mereka. Meski demikian, aku cukup suka karena di bagian menjelang akhir Raina harus mengalahkan egonya untuk memperoleh kebahagiaan yang ia inginkan :)
"Melewati Raka, takdir memberikan jalan yang berbeda padanya. Tidak ada kebahagiaan yang instan itu memang benar, karena sejatinya harus ada pengorbanan dari tiap kebahagiaan."
Secara keseluruhan, aku sangat menyukai ide ceritanya meskipun tidak sepenuhnya puas dengan perkembangan alurnya. Salah satu hal yang mengurangi kenikmatan membaca adalah susunan kalimat dan juga peletakan tanda baca yang terkadang salah tempatsehingga membuatku bingung atau tersendat saat membaca. Namun aku masih bisa menikmati buku ini, dan tentunya berharap Asri Tahir akan terus berkarya dan menerbitkan tulisan yang semakin baik di kemudian hari :)) Sekali lagi, terima kasih karena sudah diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam blog tour ini :)
"Takdir, begitu orang menyebutnya. Dengan ketidaksempurnaan aku dan dia memulai semuanya tanpa cinta."

Bagi yang tertarik untuk membaca buku ini, penulisnya menyediakan 1 (satu) buku untuk pemenang beruntung lewat givewaway di bawah ini. Jangan lupa juga untuk mengikuti giveaway di blog-blog lain dalam blog tour ini ya! :)

↓↓↓↓↓


BOOK GIVEAWAY
20 - 27 Maret 2015 | AVAILABLE FOR SHIPPING IN INDONESIA ONLY.

1) Tuliskan nama beserta alamat e-mail/akun twitter kamu di kolom komentar; digunakan untuk menghubungi jika kamu jadi pemenangnya.
2) Tuliskan komentar di post ini "Apakah kamu pernah membaca novel dengan tema pernikahan sebelumnya? Jika ya, buku apa yang kamu rekomendasikan?"
3) Follow akun twitter @as_sharliz dan @elexmedia, dan mention tweet alasan mengapa kamu ingin mendapatkan buku ini dengan hashtag #NAPW
Follow on Bloglovin  
 
Pemenang akan diumumkan tanggal 28 Maret 2015 :) Hanya tersedia 1 (satu) buah buku Not a Perfect Wedding untuk giveaway ini :) Semoga beruntung!
 
Jadwal blog tour:
Glasses and Tea (16, 25 Mar 2015)
Kubikel Romance (17, 18 Mar 2015)
Bookie-Looker (19, 20 Mar 2015)
Too Early (21, 22 Mar 2015)
Dinoy's Books Review (23, 24 Mar 2015)

by.stefaniesugia♥ .
 

22 comments:

  1. @rinicipta/rinspiration95@gmail.com

    Aku pernah membaca beberapa buku bertema pernikahan, salah satunya The Bridesmaid's Story - Irene Tjiunata. Novel ini lebih banyak bercerita tentang kisah pendamping pernikahan, baik dari mempelai laki-laki dan mempelai perempuan yang akhirnya jatuh cinta ditengah kesibukan rencana pernikahan sahabat mereka. Kisah mereka sangat manis.
    Novel lainnya, The Marriage Roller Coaster-Nurila Iryani, bercerita tentang kisah rumah tangga pasangan urban modern yang bermasalah dalam hal komunikasi. Padahal dalam sebuah hubungan, komunikasi menjadi hal yang sangat penting. Dalam kekosongan dan kehampaan itulah, muncul sesosok mantan yang mencoba menata ulang masa lalu. Ya, kehidupan pernikahan memang tidak selalu mulus, kadang berliku dan harus jatuh bangun terutama dalam hal mempertahankan rasa cinta dan keharmonisan.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  2. @aurelleys or aurelantonieta@gmail.com
    Sebenernya belum pernah baca novel yang pure pernikahan asli, tapi The Bridesmaid's Story adalah salah satu favorite saya.Kita diajak penulis untuk mengikuti keseharian dari seorang Bridesmaid yang disibukan oleh segala macam urusan pernikahan. Selain itu kita disuguhkan oleh cerita cinta antara Bridesmaid dari mempelai perempuan dan laki-laki. Over all novel ini diceritakan dengan sederhana dan tetap menarik hingga part terakhir :)

    ReplyDelete
  3. @alfin_pu3 / alfinpu3@gmail.com

    Novel tentang pernikahan yang pernah aku baca berjudul "Andai Semua Cewek Sekeren FAITH" karya Titik Ansarwati..
    Disitu diceritakan tentang pernikahan yang bermula dari taruhan untuk mendapatkan uang 30.000 dollar antara Faith dan teman-temannya, dimana teman-temannya selalu menjelek-jelekan orang yang akan menjadi suaminya Faith (Dexter), dan sampai menikah pun Faith masih mempercayai bahwa suaminya itu orang yang tidak baik. Sampai akhirnya Faith mengetahui bahwa dirinya hanya dijebak oleh teman-temannya yang sengaja ingin menjatuhkan nama baik Dexter. Kemudian Faith meminta maaf kepada Dexter dan mereka pun hidup bahagia dengan dilengkapi oleh jagoan mereka.
    Cerita ini sangat menarik dan mudah dipahami, apalagi gaya bahasanya yang ringan dan tidak berbelit-belit.
    Yaa, di dalam sebuah hubungan pasti akan selalu ada pasang naik dan pasang surutnya, alangkah baiknya kita menaruh kepercayaan kepada pasangan kita dan jangan sekali kali menyalahgunakan kepercayaan tersebut.
    Terimakasih 😊

    ReplyDelete
  4. Twitter: @KendengPanali
    email: nurinawidiani84@gmail.com

    Aku sering banget baca novel tema pernikahan. Kalau yang aku favoritkan dan aku rekomendasikan adalah The Wedding atau bisa juga dibilang The Notebook #2 karya Nicholas Sparks. Dikatakan The Notebook #2 karena ini memang kisah putri Noah dan Allie tokoh di The Notebook.
    Suka karena kisahnya unik, yaitu kisah mengembalikan cinta dalam kehidupan pernikahan. Dan tentu saja gaya penulisan Nicholas Sparks yang aduhaiiii itu yang keren.
    Sayangnya novel ini belum diterjemahin oleh penerbit lokal :(

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. @murniaya / ayamurning@gmail.com

    Pernah beberapa kali baca novel yang ceritanya tentang pasangan yang sudah menikah. Namun yang paling berkesan bagiku adalah Tea For Two oleh Clara Ng. Di cover belakangnya terdapat kalimat berikut:

    "It could happen to you. It could happen to anybody. Ini lah kisah yang menelanjangi sisi buruk pernikahan. Para lajang, gemetarlah, karena lelaki yang kau pikir Mr. Right bisa berubah menjadi Mr. Totally Wrong."

    Kalimat itu ternyata bisa membuatku gemetaran juga karena aku juga kebetulan belum menikah. Tea for two menceritakan tentang kehidupan seorang wanita sukses bernama Sassy yang memiliki sebuah perusahaan unik, perusahaan pencomblangan yang dinamakan Tea For Two. Perusahaan ini menyediakan jasa untuk menyatukan dua insan yang sebelumnya tidak saling mengenal satu sama lain, hingga tak sedikit diantara mereka yang memutuskan untuk menikah. Diawali dengan secangkir teh, diakhiri dengan penyatuan dua hati dalam biduk pernikahan.
    Sassy selalu menyampaikan energi positif pada seluruh kliennya dan membuat mereka yakin bahwa mereka dapat mendapati kehidupan seperti Cinderella di pernikahannya, happily ever after. Sayangnya itu tidak Sassy temukan di pernikahannya sendiri. Ketika Sassy akhirnya jatuh hati pada Alan yang merupakan lelaki mapan, tampan dan penuh kharisma, Sassy mulai berubah menjadi sosok yang diinginkan oleh Alan. Atas nama cinta, Sassy akhirnya harus rela hidup bersama dengan lelaki dengan ego yang tinggi. Lelaki temperamental yang bisa dikatakan saudaranya orang gila karena perasaannya berubah dengan cepat sekali. Ketika pacaran mereka bagaikan kopi dan gula yang saling melengkapi. Namun, ketika honeymoon perilaku Alan mulai kasar dan suka memukuli Sassy. Alan itu seperti memang mengidap kelainan jiwa. Berulang kali ia menyiksa Sassy, berulang kali pula ia menyatakan cinta, tapi nanti diulanginya lagi perbuatan kasarnya. Begitulah seterusnya. Sosok Sassy ini malah membuat gemas karena berulang kali pula ia mau memaafkan Alan ketika Alan kembali menyatakan cintanya.
    Ya, inti dari cerita di novel ini adalah soal KDRT. Sassy yang awalnya mempercayakan, menyandarkan dan menumpahkan segala hidupnya pada Alan akhirnya memutuskan untuk bercerai. Bukan karena ia tak lagi mencintai Alan, bukan juga karena Alan tak mencintainya, melainkan karena Sassy ingin mendapatkan kebahagiaan yang abadi tanpa harus tersakiti lagi.
    Novel ini mengajarkan banyak hal. Terlebih untuk wanita-wanita yang belum pernah terjun mengarungi biduk rumah tangga. Dapat pula dijadikan pedoman dalam memilih pasangan, yaitu janganlah terlalu cepat menilai hanya dari perangai awalnya saja.

    ReplyDelete
  7. Nama saya Agnes Budianto
    Email : @prettyrhythm86@yahoo.com , @prettyrhythm86@gmail.com
    Twitter : @agnesb0702
    Saya sebelumnya pernah baca cerita - cerita tentang pernikahan , tapi saya bacanya di wattpad .
    Saya rekomendasi tentang cerita Snow (Wife) cerita tentang seorang perempuan blasteran Jepang - Indo yang dijodohin sama seorang lelaki , tepatnya kakak kelasnya karena perempuan itu masih sekolah di jenjang SMA . Perempuan itu namanya Miyuki Decesa Hiroaki dan lelaki itu namanya Arga juna Sastrohadikusumo , keturunan Jawa , dan orangtuanya merupakan teman lama alm. Miyuki . Arga sebenernya ga suka sama Yuki (nama panggilan Miyuki ) karena gara - gara perjodohan itu pacarnya Arga memilih untuk bunuh diri . Ceritanya panjang banget sampe tadi saya udah coba ngetik sampe abis sayangnya ga bisa , overload .
    Tapi saya suka pas Arga mengatakan : " I love you will all my heart and I'm sorry to hurt you , thanks for being my best wife , be my snow (wife) and give me beautiful daughter like Hana , can you stay , babe ? " pada Yuki yang berada di dekapannya yang kemudian meninggal , meninggalkan Arga dan Hana , anaknya .
    Cerita ini memberi pesan bahwa sekarang banyak pernikahan yang tidak didasari cinta , ada yang berasal dari perjodohan , pemuas nafsu , dan bahkan MBA yang sering terjadi . Pesan bagi para kaum adam adalah hormati istrimu sama seperti kamu menghormati ibumu . Disini , kita juga mendapat pesan bahwa kita tidak seharusnya menyesal akan keputusan yang telah dibuat oleh diri kita sendiri .

    ReplyDelete
  8. Nama: Cahyaningrum
    Twitter: @brighhtt
    Email: cahyasptm@gmail.com

    Dulu pernah baca novel Test Pack karya Ninit Yunita. Novel ini juga sudah pernah diangkat ke layar lebar berjudul sama yang diperankan oleh Reza Rahadian dan Acha Septriasa. Kalau baca dari judulnya saja pasti sudah bisa nebak dong fokus ceritanya tentang apa? Yup, kehamilan. Sudah 7 tahun Rahmat dan Tata mengarungi bahtera pernikahan tapi belum juga dikaruniai malaikat kecil sebagai penghias hari-hari mereka. Segala macam usaha telah dilakukan supaya Tata bisa hamil tapi kehamilan itu tak kunjung datang.
    Novel ini, duh, aseli kocak abis deh. Sebelumnya saya belum pernah baca tulisannya Mbak Ninit, tapi sekalinya baca yang ini malah langsung jatuh cinta. Nggak cuma kocak, di beberapa bagian juga ada yang bikin saya terharu.
    Tentang keseluruhan isinya, novel ini recommended banget. Dibaca oleh para remaja juga nggak apa-apa kok karena isinya informatif. Nggak ada hal mesum yang gimana-gimana. Hehehe. Pokoknya bangus banget deh, kalo nggak bagus ya ngapain juga sampe dijadiin film kan? :)

    ReplyDelete
  9. Herawati
    @herarawati
    herawati96.hh@gmail.com
    Ada 3 novel tentang pernikahan yang pernah aku baca. Pertama, cinta tanpa warna. Kedua, marriagable dan terakhir mahogany hills. Ke tiga novel tersebut memberikan kesan tersendiri untuk aku dan salah satu novel yang aku rekomendasikan adalah cinta tanpa warna. Aku lupa siapa penulis dan penerbitnya pun bukan dari penerbit kondang tapi novel itu berhasil membuatku ketagihan aku tidak pernah merasa bosan baca novel itu berulang ulang.
    Novel itu bercerita tentang pernikahan adinda dan reyhan yang sudah berjalan 5 tahun tetapi belum juga dikaruniai anak. Mereka terpaksa merantau ke makassar karena pekerjaan reyhan yang mengharuskan mereka pindah. Tahun pertama pernikahan mereka masih terasa manis akan tetapi mulai tahun ke tiga dinda merasa reyhan berubah, reyhan yg dulu ia kenal sebagai lelaki yg manis kini menjadi lelaki yang kaku dan mudah marah, tak jarang reyhan membiarkan dinda melewatkan malam sendirian dengan alasan kerja. Berbagai konflik muncul dan membuat dinda mulai menyerah dengan rumah tangganya. Tetapi pada akhirnya reyhan sadar dan meminta dinda untuk mengurungkan niatnya itu. Untuk endingnya menurut aku manis sekali, bikin aku senyum-senyum sendiri hehe

    ReplyDelete
  10. azha.4224@gmail.com/@azhanifa
    Pernah. Ada beberapa yang bakal aku rekomendasikan :
    1) After D-100 (Penerbit Haru) karya Park Mi Youn
    Soalnya buku ini bikin hatiku rasanya nyesek+bahagia+terharu sekaligus. Nikah sama orang bener-bener lu cintai emang bikin bahagia tapi apa daya ternyata dia enggak bahagia kalau nikah sama lu? Nyesek? banget, Tapi, udah terjadi bisa apa. Itulah yang dirasain sama pasangan Kang Gyung Hee dan Lee Jung Chul. Dan, saat salah satu dari mereka tau rahasia terbesar pasangannya dan menyerah dengan mengakhiri pernikahan.... Serius, harus baca! Keren sampe hampir netes aku bacanya....
    2) You karya Alvikadae
    Pertama, aku baca di wattpad. Ini sedang proses penerbitan kayaknya. Kisah tentang Erfan dan Fiandra. Erfan yang memiliki sifat dingin dan cara berpikir Fiandra yang unik bikin aku cinta banget sama kisah ini. Rumah tangga yang dilalui dengan bermacam-macam pengalaman. Mulai dari mantan Fiandra yang selingkuh dari Fiandra tapi minta balikan atau sekretaris Erfan yang selama ini naksir Erfan pokoknya wajib baca. Penuh pelajaran dan ya inspiratif bagi aku sendiri. Bagaimana mereka saling menghargai dan mendukung dalam berbagai hal untuk menyelesaikan masalah. Bukan soal tanggung jawab aja tapi....tentang pernikahan mereka \0/
    3) Pra-Wedding Test karya Wenda Koiman
    Tentang Gina dan Andra yang memutuskan untuk menikah. Namun, dengan songongnya mereka mencoba untuk mengetes diri sendiri dan pasangannya namanya pre-wedding test. membuat semacam ujian apakah mereka benar-benar cinta sejati. haha koplak bener... Eh, si Andra malah gak sengaja ketemu Fany,cinta pertamanya dan Gina malah ketemu Sandy yang hobi nempel ke Gina. Seru bacanya! Enggak ada komunikasi malah banyak cobaan gitu. Rekomen deh!
    4) The Bridesmaid's Story - Irene Tjiunata.
    Cinta lokasi antara Bridesmaid mempelai cowok dan mempelai laki-laki....haha
    Cucok...malahan lebih suka pasangan ini daripada pasangan yang nikah. Antara konyol, senang dan manis banget kisahnya. Kecupable buku ini mah xD

    ReplyDelete
  11. Nama: Anis Antika
    Email: anis_antika@yahoo.com
    Twitter: @AntikaAnis
    Jawaban:
    Novel ini mengajari banget bahwa keegoisan kitalah yang akhirnya akan paling menghancurkan kita. Setelah kita kehilangan sesuatu karena keegoisan tersebut, yang bisa kita lakukan hanya menyesal. Tanpa bisa mengembalikan yang pernah ada.
    Ada. Yaitu Pre Wedding in Chaos-nya Elsa Puspita. Di novel ini diceritakan bahwa Aria dan Raga sudah pacaran selama 10 th tapi Aria belum mau menikah juga. Karena nggak kuat mendengar protes dari Mama dan adiknya--bahkan Raga pun ikut-ikutan--akhirnya Aria memutuskan untuk menerima lamaran Garmenjalanmenjalani persiapan pernikahan inilah muncul masalah baru. Aria tidak ingin memiliki anak sedangkan Raga sangat menginginkan. Akhirnya mereka berpisah.

    ReplyDelete
  12. nama: rizqa nurul hidayanti
    alamat e-mail: rizqanurulhidayanti@yahoo.co.id
    akun twitter: @nurul_rizqa

    belum pernah bca novel yg tema pernikahan kak ^^ Makane aku ikutan kuis ini siapa tau dapet novelnya dan bisa baca deh novel tema pernikahan. Bakalan jd novel pernikahan pertama yg kubaca lho ^^

    ReplyDelete
  13. trisna novi aswita | trisnanoviaswitaa@yahoo.com | @trisnaaswita

    sebelumnya aku belum pernah baca cerita tentang pernikahan di novel, tapi aku sering baca di wattpad. jadi aku mau rekomendasiin cerita di wattpad yang sekarangg lagi proses penerbitan, judulnya (re)marry you karya antheafeather.
    cerita ini tentang sepasang suami istri yang harus cerai karena tuntutan sang mama pihak pria karena istrinya tidak kunjung hamil setelah 8 tahun menikah. tetapi satu hari selesai penceraian sang wanita dinyatakan positif hamil, dan tidak mau memberi tahu sang mantan suami. sementara sang mama mertua ingin menjodohkan mantan suaminya pada wanita yang menurut mantan mertuanya bisa memberinya cucu. hingga saat kehamilan sang wanita sudah mulai membesar, dia bertemu sang mantan suami di sebuah super market. dan perbaikan hubungan dimulai.



    ReplyDelete
  14. Mila Reski | milareski96@gmail.com | @mila_reski

    Aku sering baca novel tentang pernikahan, tapi cuman ada beberapa novel yang membekas di ingatanku. Jadi kalo disuuh ngasih saran tentang novel pernikahan aku saranin baca novelnya kak Rhein Fathia yang judulnya Coup (Lov) e.. ceritanya tentang sepasang sahabat yang menikah karena perjanjian konyol di masa muda mereka. Banyak pelajaran sih yang aku dapet setelah baca novel ini. Misalnya tentang komitmen pernikahan itu sendiri. Karena komitmen untuk bersama itu menuutku oenting dalam sebuah pernikahan. Di novel ini juga ngasih pelajaran tentang pentingnya komunikasi dalam sebuah hubungan, khususnya pernikahan. Karena dalam pernikahan, masalah demi masalah akan datang silih berganti, karena itu komitmen dan komunikasi harus di jaga. Meskipun novel ini menceritakan pernikahan yang tidak dilandasi cinta, tapi banyak bumbu cinta di dalamnya..

    ReplyDelete
  15. Dian Maharani | dianmaharani833@yahoo.com | @realdianmrani93

    "Apakah kamu pernah membaca novel dengan tema pernikahan sebelumnya? Jika ya, buku apa yang kamu rekomendasikan?"
    Aku sering membaca novel dengan tema pernikahan sebelumnya, tapi yang paling membekas dihatiku adalah Celebrity Wedding by AliaZalea. Selain aku baru saja membaca novel itu, ceritanya adalah tipikal cerita pernikahan yang sangat aku sukai ^^ Pernikahan yang dilandasi dengan syarat-syarat tertentu yang seharusnya 'ditaati', justru dilanggar oleh pembuat syarat itu sendiri. Oh, love this story sooooo much <33333333

    ReplyDelete
  16. Nama : Shiela Hartiningtyas
    Email/twitter : yskasim@gmail.com/@ruth_shiela

    2) Tuliskan komentar di post ini "Apakah kamu pernah membaca novel dengan tema pernikahan sebelumnya? Jika ya, buku apa yang kamu rekomendasikan?"
    Aku merekomendasikan teman-teman untuk membaca novel P.S.I Love You yang ditulis oleh Cecelia Ahern. Novel ini telah menjadi best seller di berbagai negara dan juga telah dibuat filmnya.
    Mengapa aku merekomendasikan novel ini? Karena menurutku, novel ini bisa membahas tentang kehidupan cinta dan pernikahan dari sisi yang lain.
    Tidak hanya melihat dari sisi yang membahagiakan saja seperti pada umumnya, namun novel ini juga memberikan cerita yang mampu menguras air mata setiap pembacanya.

    Berikut sinopsis cerita novel P.S.I Love You (dari wikipedia) :
    Novel ini mengambil set di Irlandia, Holly Kennedy adalah seorang yang cantik, cerdas dan menikah dengan seorang pria Irlandia yang penuh gairah, lucu dan penyabar bernama Gerry. Problema muncul ketika Gerry meninggal karena suatu penyakit yang merenggut kebahagiaan Holly. Satu-satunya orang yang bisa menolongnya sudah tidak ada lagi. Tidak ada yang dapat mengerti Holly selain Gerry, sehingga Gerry telah merencanakan sesuatu sebelum ia meninggal. Gerry telah menulis 10 rangkaian surat yang akan membimbing Holly agar tidak selalu larut dalam kesedihan dan menemukan kembali dirinya. Pesan yang mencakup berbagai tugas tersebut telah disimpan untuk Holly. Ini merupakan salah satu cara supaya Holly tahu bahwa Gerry akan selalu ada untuknya. Setiap surat mengirimkannya ke dalam petualangan baru dan diakhiri dengan cara yang sama: "P.S. I Love You." Ibu Holly dan sahabatnya, Sharon dan Denise, mulai merasa khawatir bahwa surat-surat Gerry dapat membuat Holly terikat dengan masa lalunya, namun pada kenyataannya, setiap surat justu mendorong Holly menuju masa depan yang baru. Dengan kata-kata Gerry sebagai panduannya, Holly memulai perjalanannya dalam menemukan kembali cerita tentang pernikahan, persahabatan dan bagaimana cinta yang begitu kuat dapat mengubah akhir dari kematian menjadi awal baru bagi kehidupan.

    Dari sinopsis diatas bisa kalian ketahui bahwa Gerry meninggal akibat sakit yang dideritanya. Sejak itu hidup Holly terasa hampa tanpa Gerry yang selalu mengisi kehidupannya.
    Namun ternyata Gerry tidak membiarkan Holly hidup sendiri. Ia sudah mempersiapkan banyak surat untuk menemani pasangan tercintanya itu.
    Ya, ditinggal pergi oleh orang yang sangat kita cintai pastilah memberikan perasaan sedih dalam diri kita. Apalagi jika itu adalah suami/istri kita tercinta.
    Dunia terasa runtuh saat itu juga.
    Dalam novel ini, kita diajak menyelami perasaan Holly ketika ditinggal pergi oleh Gerry.
    Namun lewat surat-surat yang ditinggalkan Gerry, perlahan-lahan surat-surat tersebut mulai membangkitkan semangat hidup Holly kembali.
    Sebuah novel yang wajib kalian baca agar dapat menyelami perasaan kita kembali terhadap pasangan dan tentunya semoga dapat menambah kadar cinta kita terhadap suami/istri kita.^^

    ReplyDelete
  17. Nama : Hary Gimulya (harygimulya@gmail.com/@angels_rutherfo)

    Judul novel pernikahan rekomendasi : Bukan Pengantin Terpilih
    Penulis : Agnes Jessica
    Sinopsis :
    Anggun dan Sinta adalah kakak beradik. Ketika Alfian, seorang pemilik peternakan yang berniat mencari istri melamar pada ayah mereka, diputuskan Sintalah yang akan menjadi istri pria itu. Tapi sinta meninggalkan rumah sehari menjelang pesta pernikahan. Terpaksa Anggun yang menggantikannya. Alfian marah, merasa dipermainkan, diberikan istri yang bukan pilihannya. Anggun pun serba salah, di satu pihak ia tak ingin keluarganya malu, di lain pihak ia merasa terhina karena Alfian tidak menghargainya. Belum lagi ketika ia mendapatkan kenyataan bahwa alasan Alfian mencari istri adalah unutk membalas dendam pada kekasihnya yang berkhianat. Mampukan Anggun menjadi istri yang baik bila ia bukan pengantin terpilih? Apakah pernikahan ini akan bertahan, bila alasan di baliknya bukan untuk membangun mahligai sebenar-benarnya ?
    Alasan menyukai/merekomendasikan novel ini :
    Kisah mengenai dua orang yang dijodohkan dan sebelumnya tidak mengenal satu sama lain mungkin sudah menjadi sebuah cerita yang umum.
    Namun bagaimana jika perjodohan ini tidaklah berjalan mulus dan ternyata membutuhkan seorang pengantin pengganti?
    Bagaimana kehidupan mereka selanjutnya?
    Kira-kira itulah yang menjadi inti cerita novel ini.
    Pernikahan seharusnya dilandasi atas perasaan suka satu sama lain.
    Namun itu tidak terjadi dalam novel ini. Membaca sinopsisnya membuatku penasaran untuk membaca ceritanya secara lengkap.
    Dan ternyata banyak surprise yang diberikan oleh penulisnya seiring berjalannya cerita.
    Untuk mengetahui kejutan-kejutan seperti apa, kalian harus memiliki dan membaca novel ini.

    ReplyDelete
  18. Jiah Al Jafara @jiahjava jiahaljafara32@gmail.com

    sering baca novel pernikahan, rekomendasi: X - Kenangan yang Berpulang by Devania Annesya

    nikah sama mantan pacar. Dr awal pacaran hubungan mereka itu unik. Akhirnya nikah smakin jd gila... Kisah cintanya gak menye2, dan jg gak sempurna, tp krn gak sempurna itu mreka saling melengkapi. Bikin sakin hati deh kalo ngomongin mantan

    ReplyDelete
  19. email: dishireindiny@gmail.com
    Twitter : @dishiRein

    Saya termasuk salah satu yang suka baca buku dengan tema tentang pernikahan. Kebanyakan sih harlequin dan terjemahan. Tapi ada beberapa novel penulis Indoenesia bertema pernikahan yang saya suka, yang gak kalah bagus dari novel-novel terjemahn seperti, Promises, Promises karya Dahlian ; Coming Home karya Sefryana Khairil ; Love, Hate & Hocus-Pocus karya Karla M. Nashar ; Pasangan Labil Karya Paramita Swasti Buwana ; A Wedding After Story karya Merry Maeta Sari ; dan masih banyak lagi sih.. Hehehe. (by the way saya belum bisa masukin #NAPW karena belum bacaa..... Mas Pramnya masih on the way... Hehehe.)

    Pertama, untuk yang suka cerita yang agak serius, saya rekomendasikan membaca Coming Home karya Sefryana Khairil. Novel ini bercerita tentang sepasang suami istri, Rayhan dan Amira, yang bertemu kembali setelah bercerai selama 5 tahun. Mereka bercerai karena Reyhan berselingkuh dan menghamili selingkuhannya, Elsa. Ironisnya, Elsa meninggal saat melahirkan anak mereka, Kirana. Setelah 5 tahun mereka dipertemukan kembali di sebuah sekolah dimana Kirana bersekolah. Menurut saya buku ini menarik. Mengalir dan membuat saya larut dalam cerita. Ada makna juga di dalamnya, tentang memafkan orang yang kita cintai yang telah menyakiti kita begitu dalam.

    Kedua, untuk yang suka bacaan ringan dan agak kocak, saya rekomendasikan membaca A Wedding After Story karya Merry Maeta Sari. Novel ini bercerita tentang suami istri yang menikah karena dijodohkan. Seiring berjalannya waktu, cinta mulai tumbuh di antara mereka. Namun tanpa terduga kehadiran seorang anak perempuan berusia 5 tahun yang pada akhirnya diketahui bahwa anak itu adalah anak sang suami dengan wanita lain, membuat pernikahan mereka bergejolak. Di situlah pernikahan mereka diuji. Saya suka novel ini, dengan bahasa yang ringan sehingga dapat menghibur siapa saja yang membaca. Menurut saya, novel ini mencoba menyampaikan bagaimana penerimaan, keikhlasan dan pengabdian seorang isrti kepada suami.

    Ketiga, untuk yang suka cerita comedy dan (agak) romannce saya merekomendasikan novel Pasangan Labil bercerita karya Paramita Swasti Buwana. Novel ini adalah novel komedi yang bersifat menghibur dan bikin ketawa sampai sakit perut. Berkisah tentang Dira dan Angga yang sudah menjadi musuh bebuyutan sejak kecil hingga dewasa. Hanya ada pertengkaran bila mereka bertemu. Hingga pada suatu hari mereka menyadari perasaan mereka dan memutuskan untuk menikah. Lucunya, tidak ada yang mengetahui pernikahan mereka kecuali keluarga dan mereka sendiri. Mereka masih saja menjadi musuh bebuyutan di depan teman-teman mereka walaupun ketika di rumah mereka menjadi pasangan mesra yang tak terpisahkan. Novel ini sangat asik untuk dibaca. Ringan, tidak berbelit-belit, dan yang paling penting bisa bikin ketawa siapa aja yang baca. Dan cocok dibaca ketika galau dan kelabilan melanda. Hehehe.

    Sekian. Terima kasih sudah membaca.
    (komat kamit berharap menang... hohoho)

    ReplyDelete
  20. Nama: Akhfhin Rahardhiyanto
    E-mail/Twitter: afingleek@gmail.com/@afingleek

    Apakah kamu pernah membaca novel dengan tema pernikahan sebelumnya? Jika ya, buku apa yang kamu rekomendasikan?

    Sebenarnya masih belum pernah membaca novel dengan tema pernikahan, tapi punya novel yang bertema pernikahan, yaitu Wedding Night by Sophie Kinsella. Menurutku ceritanya agak-agak ada persamaan ya dengan NAPW. Kalo di NAPW pas mau nikah, calon mempelai laki-lakinya meninggal, tapi kalo di Wedding Night engga se-tragis itu sih cuman karakter utamanya yang karena engga dilamar-lamar sama cowoknya dia mutusin untuk menikah langsung gitu aja sama mantan pacarnya dulu. Ya persamaan yang bisa dilihat itu ya anything can happen and things don't always go as we planned. Penasaran sekali dengan cerita NAPW ini! Review dari beberapa blog yang ikut blog tour ini cukup senang dengan novel ini! Jadi pengen baca! Semoga menang! Amiiin :)

    ReplyDelete
  21. Athalia Jessica on athalia.jessica.kwa@gmail.com & @jessicaquamarin..

    Ya, saya pernah membaca beberapa novel dgn tema pernikahan, karena saya suka genre romance, dan saya sukaaaa pernikahan yg bahagia dan membahagiakan..hehe

    Saya rekomen temen2 baca Harlequin yg berjudul Pengantin Natal, tokoh utamanya adalah Maggie Jenkins, wanita muda pemilik Wedding Organizer yang tinggal di rumah ala Victorian, yg percaya bahwa dirinya terkena kutukan Jenkins, dan Luke yg adalah seorang pria kaya yg tampan yg adalah kakak dari salah seorang customer WOnya Maggie.

    Alasan saya merekomendasikan novel ini adalah karena segenre dan seide dasar dgn NAPW, yaitu pernikahan yg terjadi karena takdir yg tak bisa mengalah..
    Disitu diceritakan bahwa takdir mengiring Maggie dan Luke utk bertemu, berkenalan, bekerja bersama utk pernikahan adik dari Luke, berkencan, memperjuangkan cinta diatas kutukan Jenkins yg dipercaya Maggie, yg mana membuatnya tidak mau menikah karena takut pernikahannya akan hancur begitu saja.
    Perjuangan Luke dan keras kepala serta cinta Maggie dan Luke, membuat takdir mereka menang dan membuat Maggie bertekuk lutut dan menikah dgn Luke.

    Novel ini tidak hanya menceritakan tentang kebahagiaan hubungan, tapi juga perjuangan antara seorang pria dan wanita untuk cinta yg tumbuh di antara mereka, menceritakan tentang kesetiaan dan ketulusan cinta, menyatakan bahwa harta tak bisa membeli cinta, sampai takdir yg tak bisa diubah oleh siapapun.
    Novel ini cocok dibaca buat yg mulai kehilangan keyakinan atas cinta yg bahagia..^^

    Saya pengen banget dapet GAnya NAPW, selain buat hadiah ultahku, aku jg pengen baca novel tema wedding buatan asli Indonesia (lagi), dgn kisah yg baru, aku yakin aku bisa dapet banyak inspirasi dan pelajaran berharga dari kisah yg ditulis kak Asri Tahir..^^ setelah itu lanjut deh aku gantian yg menginspirasi orang lain, sukur bisa lewat review ato kisah2 baru yg aku tuturkan..amin..^^

    ReplyDelete
  22. Nama: Ayuni Adesty
    Twitter: @ayuniadesty
    Email: ayuniadesty@yahoo.com

    Pernah. Ada beberapa, terutama terbitan GAGAS. Tapi novel yang saya ingin rekomendasikan adalah novel terbitan Stiletto Books. Novel karya Mbak Nurilla Iryani yang berjudul The Marriage Roller Coaster. Ini link di goodreads https://www.goodreads.com/book/show/20410440-the-marriage-roller-coaster

    Menceritakan pasangan muda Audi dan Rafa. Dua-duanya sibuk bekerja. Jadi kurang waktu untuk bersama.Rafa yang gila kerja dan cuek, membuat Audi merasa kesepian. Lalu hadir Yoga, mantan pacar Audy yang kini menjadi klien Audi.
    Lalu masalah lain timbul ketika Audi hamil. Dari awal pernikahan, Rafa dan Audi sepakat untuk menunda memiliki momongan. Rafa yang memintanya, dengan alasan belum siap.
    Pesan novel ini, bahawa komunikasi sangat penting. Suami istri harus saling mengerti. Khusus buat para suami jangan jadi suami yang cuek! He he ...
    Suka novel ini karena bahasanya yang mengalir. Ada haru, lucu dan seru. Pokoknya rasanya kayak naik roller coaster beneran deh! :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...