Friday, June 6, 2014

Step-by-Step of How I Plastic-Wrapped My Books (Cara Menyampul Buku)

.

Halo! Ini adalah salah satu post yang aku janjikan sewaktu pengumuman giveaway, yaitu tentang bagaimana cara aku merawat buku. Sebenarnya tidak banyak yang aku lakukan untuk merawat buku, tetapi aku punya satu kebiasaan yaitu menyampul buku-bukuku dengan plastik. Oleh karena itu, post ini akan membagi tentang bagaimana caraku menyampul buku. Cara ini adalah cara yang aku pelajari dari seorang teman waktu masih SD; tentunya ada banyak cara untuk menyampul, dan mungkin caraku agak lumayan ribet :p Tapi aku merasa cara menyampul ini membuat buku terlihat sangat rapi. Semoga caraku menjelaskan mudah dimengerti ya ;) *Penjelasan menggunakan banyak gambar, jadi mohon sabar kalau loading-nya agak lama ;)

Peralatan yang digunakan:
1. Cutting Mat (Ukuran A4)
2. Sampul Plastik (Ukuran yang aku pakai disini yang 45cm)
3. Cutter
4. Gunting
5. Isolasi
6. Buku untuk disampul
1. Langkah pertama, tebarkan sampul plastik, posisikan buku di atas plastiknya dan beri jarak sekitar 2-3 cm di atas dan bawah buku.
2. Potong sisa plastik yang masih tergulung dengan menggunakan cutter. Gunakan cutting mat di bawah plastik, supaya meja tidak tergores. Atau jika tidak punya cutting mat, pemotongan dapat dilakukan di lantai atau meja yang terbuat dari kaca.
3. Lipat sampul plastik membungkus buku yang berada di tengah, beri jarak sisa 4-5 cm untuk bagian sisi buku - seperti terlihat pada gambar.
4. Lipat sampul bagian belakang agar berukuran sama dengan sampul bagian depan (sekitar 4-5 cm), kemudian potong sisanya menggunakan cutter.
5. Lipat sisa sampul plastik yang melebihi ukuran buku ke bagian dalam, lalu rekatkan dengan isolasi. Lakukan hal yang sama untuk sampul bagian belakang. Jadinya akan seperti gambar di bawah ini:
6. Gunting satu garis dengan jarak sekitar 2 cm dari pojok buku, dan buat potongan garis yang sejajar pada sisi belakangnya (mudah-mudahan gambarnya bisa menjelaskan dengan lebih baik) ^^;;
7. Dari garis yang dibuat pada no. 6, potong bagian kecil tersebut (seperti pada gambar). Lakukan langkah no. 6 dan no. 7 ini untuk sisi bagian bawah juga. Sehingga jadinya seperti gambar berikut:
8. Buka sisi pertama, buat potongan diagonal pada bagian pastik yang terlipat sampai ke sudut buku.
9. Potong sisa segitiga kecil yang masih tersisa. Sehingga sampul plastik yang tersisa di luar buku jadi seperti ini:
10. Lipat bagian tersebut ke dalam buku, dan rekatkan dengan isolasi. Lakukan langkah no. 8 - 10 ini untuk ke empat sudut buku.
11. Untuk langkah terakhir, biasanya aku menggunting sudut buku yang terasa tajam, dan juga merapikan sisa sampul plastik yang mencuat di bagian atas dengan menggunakan cutter.
12. Dan inilah hasil akhir buku yang sudah disampul!
 Sebelumnya, maaf kalau penjelasannya agak sulit dimengerti, mudah-mudahan gambarnya bisa menjelaskan dengan baik ^^;; Ini adalah langkah-langkah dari rutinitas menyampulku yang aku lakukan sekitar satu bulan sekali. Kalau mau belajar cara menyampul buku dan merasa penjelasanku ini susah dimengerti, banyak video di youtube dan info di google yang memberikan tutorial cara menyampul buku :D Semoga posting ini bisa bermanfaat dan memotivasi untuk merawat buku dengan menyampul ^3^
 
by.stefaniesugia♥ .

18 comments:

  1. Caranya simple cuman klo di jelasin pake tulisan jadi agak ribet ya.
    Salam kenal min..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha maaf kalo penjelasanny ribet xD

      Delete
  2. Thanks for sharing tipsnya. Foto-fotonya membantu banget tuh. Semoga pembaca yang masih bingung mengenai cara membungkus buku bisa terbantu.

    Btw rikues tips lagi dong, Stef. Mengenai cara bikin banner/gambar misalnya kayak di postingan "May Wrap Up // June TBR | 2014". Sumpah itu keren banget. Simpel. Tapi aku yakin bikinnya nggak sebentar. Pake Illustrator ya? Kalau sempat bagi tips-nya yah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yayy sama2 ;D

      Ohh, kalo bikin banner gitu engga lama kok :D itu bikinnya pake photoshop ;))
      Ntar kalo ada waktu aku bikinin post-nya ^3^ hehehe

      Delete
  3. Aku kalo nyampul selotipnya ditempel di sudut, Stef. Jadi bukunya nggak keselotip. hehe. Rajin bener bikin tutorialnya. Cakep lagi gambarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaah kalo aku semua selotipnya nempel di buku xD
      wktu itu pas lagi nyampul, jadi sekalian aja deh difotoin ;D

      Delete
  4. wah, ada cara buat nyampul :)
    no. 6-7 bisa jadi paduan tuh.. karena biasanya aku masukin plastiknya kedalam, jadi agak ribet..
    makasih udah share, Kak.. hahaha

    ReplyDelete
  5. aku juga begini. Persis banget perkakas nyampul sama step-stepnya! hehe. Cuma bedanya, isolasi yg aku pake cuma 4 potong, buat di sudut2 buku aja di depan sama belakang. :) Tapi belanagn sejak semakin banyak beli buku, jadi males nyampul. :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe memang lumayan umum sih ini caranya ;D
      ayoo disampulin lg buku2nya ;)))

      Delete
  6. wah kak caranya kok sama banget kayak aku nyampulin buku XD tapi aku nggak punya cutting mat jadinya dilantai hahaha. ohya kak, usul dong kapan kapan buat tutorial bikin banner kayak diatas dong, lucu soalnya :D

    ReplyDelete
  7. Oooh, this is exactly how I wrapped my book too! But I got too lazy since and there's a lot of my book that's still without plastic. But nice way of explaning! :D
    Love the pic too! :)

    Neysa @ Papier Revue

    ReplyDelete
  8. lucu lihat ini... dari SD udah jago nyampul kok min... wkwkkwkw
    cara kita sama semua!
    high five! kkkkkkkk

    ReplyDelete
  9. Aku nggak pake cutting board sih, ngasi jarak potongannya pake lebar penggaris aja hehehe
    Nice tips anyway! ^^

    ReplyDelete
  10. no. 6-7 bisa jadi paduan tuh.. karena biasanya aku masukin plastiknya kedalam, jadi agak ribet..
    makasih udah share, Kak.. hahaha

    ReplyDelete
  11. wah, ada cara buat nyampul :)
    no. 6-7 bisa jadi paduan tuh.. karena biasanya aku masukin plastiknya kedalam, jadi agak ribet..
    makasih udah share, Kak.. hahaha

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...