Wednesday, June 24, 2015

Book Review: Stay with Me Tonight by Sofi Meloni

.
BOOK review
Started on: 14.June.2015
Finished on: 14.June.2015

Judul Buku : Stay with Me Tonight
Penulis : Sofi Meloni
Penerbit : Elex Media Komputindo
Tebal : 280 Halaman
Tahun Terbit: 2015
Harga: Rp 43,040 (http://www.pengenbuku.net/)

Rating: 3.5/5
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- 
"Lembaran ratusan ribu di hadapanku membawaku kembali pada dunia nyata. Aku tak lebih dari seorang wanita bayaran. Mungkin apa yang terjadi semalam hanya sekadar mimpi yang terlanjur kuanggap kenyataan."
Perkenalan pertama Ayu dengan lelaki itu tidak bisa dibilang menyenangkan. Ayah tirinya berniat untuk menjual Ayu di sebuah bar dan lelaki itulah yang membeli Ayu pada akhirnya. Setiap malam Ayu akan mendatangi apartemen 1109 untuk memenuhi hasrat lelaki itu dan memperoleh sejumlah uang sesudahnya. Untuk waktu yang lama mereka bahkan tidak saling mengetahui nama masing-masing. Dan semuanya mulai berubah saat keduanya mulai mengenal satu sama lain. Ayu akhirnya mendapati bahwa nama lelaki itu adalah Benny Kurniawan. Saat Ayu dalam keadaan terdesak dan membutuhkan uang dalam jumlah yang cukup besar, ia akhirnya membuat kesepakatan dengan Benny. Sebuah kesepakatan yang menguntungkan keduanya, namun ternyata juga akan membawa kehancuran atas kehidupan mereka kemudian.

"Aku tidak pernah berhenti mengingatkan diriku kalau kebahagiaan semu ini pasti akan menemui titik akhir. Tapi nyatanya hati kecilku berharap agar aku bisa menikmati semua ini sedikit lebih lama lagi."
Benny berjanji akan memberikan uang yang Ayu butuhkan jika perempuan itu bersedia untuk tinggal pada malam hari di apartemennya. Dengan begitu banyak waktu yang mereka habiskan bersama, Ayu mulai merasa nyaman berada di apartemen itu bersama Benny. Ia merasakan rasa aman yang tidak ia temukan di tempat lain dan entah sejak kapan Ayu jadi peduli pada Benny. Ayu baru menyadari kemudian bahwa Benny hanya menjadikannya alat untuk balas dendam terhadap mantan tunangan lelaki itu, Yuanna. Dan di saat Ayu merasa dirinya tidak lagi berharga, berada bersama dengan Benny memberinya kebahagiaan yang sudah lama tidak ia rasakan. Meski demikian, tidak bisa dipungkiri bahwa Ayu dan Benny menorehkan luka yang dalam di hati satu sama lain.
"Keegoisanku dan mungkin apa yang terjadi padaku mengajarkanku untuk menikmati semuanya sebelum semua ini berakhir. Lagi pula, tidak akan ada yang pernah tahu bahwa mungkin ini kesempatanku untuk bahagia dalam jangka waktu panjang."
image source: here. edited by me.
Kisah yang pertama kali ditulis di wattpad ini ber-genre dark romance dan tergolong novel dewasa; karena meskipun tidak ada adegan yang eksplisit, banyak faktor yang sebaiknya dibaca oleh pembaca yang sudah cukup umur. Sejak halaman pertama, buku ini telah berhasil membuatku penasaran dan tentunya mendorongku untuk terus membaca hingga semua misterinya terungkap. Nama yang tidak diungkapkan pada awal novel ini memberikan kesan misterius namun untungnya tidak membingungkan karena jumlah karakternya pun tidak banyak. Aku terus dibuat penasaran tentang latar belakang Ayu dan Benny, bagaimana mereka pertama kali bertemu, dan juga apa yang akan terjadi pada mereka akhirnya. Sebagian besar novel ini ditulis dari sudut pandang Ayu; namun pada bagian menjelang akhir, pembaca dibawa juga untuk melihat kisah ini dari sudut pandang Benny.

Konflik ceritanya sendiri terfokus pada kedua karakternya dan juga masa lalu mereka: Benny dengan luka masa lalunya akibat Yuanna, serta Ayu yang berusaha bertahan hidup dan kemunculan kembali Ditto dalam hidupnya. Aku suka dengan perkembangan ceritanya yang semakin lama semakin kelam dan menyayat hati. Namun aku juga kurang begitu puas dengan bagian menjelang ending-nya karena aku sebenarnya berharap bisa melihat proses Ayu menyembuhkan luka batinnya, apa yang berhasil membuatnya bangkit kembali setelah apa yang terjadi dengan Benny. Bab yang ditulis dari sudut pandang Benny malah rasanya jauh lebih menyedihkan dari pada narasi Ayu. Dan aku rasa penulis berhasil menyampaikan dengan baik keputusasaan serta penyesalan yang dirasakan oleh Benny. Meski demikian, aku tetap puas dengan cara penulis mengakhiri kisah ini dan turut merasa lega dua karakter yang penuh luka ini akhirnya dapat menemukan kebahagiaan mereka :')

 
"Mungkin pertemuan kita diawali dengan cara yang salah dan mungkin juga pada dasarnya dua orang yang sama-sama terluka tidak seharusnya bersama."
Walaupun aku tidak menemukan karakter yang menjadi favoritku dari buku ini, aku sangat menyukai chemistry antara kedua karakter utamanya. Dari dua orang yang seperti orang asing yang perlahan-lahan merasa nyaman dengan keberadaan satu sama lain. Tentu saja aku tidak akan spoil semua adegan yang ada dalam buku ini, yang jelas ada beberapa adegan manis antara keduanya yang membuat kisah ini jadi bittersweet. Sedangkan karakter pendukungnya, Yuanna dan Ditto, juga memiliki peran yang cukup besar dalam perkembangan ceritanya—bahkan hingga akhir.

Secara keseluruhan, aku sangat menikmati buku ini dari awal hingga akhir; penulis berhasil membuatku penasaran tentang kedua karakter utamanya dan juga bagaimana ceritanya akan berlanjut. Oleh karena itulah, aku berhasil menyelesaikan buku ini dalam waktu yang cukup singat. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, buku ini adalah novel dewasa dan mengusung tema kisah cinta yang lebih kelam. Dan meskipun ada beberapa typo di dalamnya, aku tidak merasa terlalu terganggu dengan hal tersebut. Pada akhirnya, aku ingin mengucapkan terima kasih untuk Sofi Meloni yang sudah memberiku kesempatan untuk membaca dan me-review buku ini :) Sukses selalu dalam karir menulisnya dan aku akan menantikan karya yang selanjutnya ;)
 
by.stefaniesugia♥ .

4 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...