Monday, February 13, 2012

Book Review: Seoulmate by Lia Indra Andriana


BOOK review
Started on: 10.February.2012
Finished on: 12.February.2012


Seoulmate by Lia Indra Andriana

Judul Buku : Seoulmate
Penulis : Lia Indra Andriana
Penerbit : Penerbit Haru
Tebal : 300 Halaman
Tahun Terbit: 2011
 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- 

"Ia bahkan tidak percaya kelompok itu benar-benar ada. Selama ini hanya desas-desus yang terdengar. Tentang sebuah kelompok bernama SeoulMate yang dapat mengabulkan fantasi tergila sekali pun. Kelompok itu memperbudak hantu yang dapat melaksanakan apa pun yang mereka mau."

Kisah ini adalah kisah tentang kelompok itu, SeoulMate; dan seorang gadis bernama Kim Sun. Sejak kakaknya meninggal, Sun memiliki kemampuan khusus yaitu dapat melihat dan berkomunikasi dengan hantu. Kemampuan istimewanya ini kemudian membawanya kepada kelompok SeoulMate, yang membutuhkan orang seperti Sun untuk berpasangan dengan hantu. Hantu yang akan digunakan untuk melakukan tugas disebut Soul, sedangkan manusia yang menjadi pasangan dan memberi energi untuk hantu itu disebut Mate. Bersama-sama mereka disebut SoulMate/SeoulMate.

Sun yang mendapat tawaran untuk menjadi seorang Mate, awalnya menolak keras. Ia sangat membenci kemampuannya melihat makhluk halus. Akan tetapi, suatu hal memaksanya untuk menerima pekerjaan itu; karena dengan menjadi Mate ia bisa menemui seseorang yang sudah lama ia cari-cari. Saat Sun menjadi anggota SeoulMate, ia bertemu dengan hantu yang akan menjadi pasangannya. Seorang hantu tak bernama karena tidak mempunyai ingatan yang kemudian diberi nama Jang.

Semenjak hari itu, dimulailah perjalanan Sun menjadi seorang SeoulMate bersama Jang. Sun yang tidak menyukai pekerjaan seorang Mate memperlakukan orang-orang dengan ketus dan galak; termasuk Jang. Namun lama-kelamaan, entah bagaimana, Sun mulai menyukai kegiatannya sebagai seorang Mate. Bersama Jang, ia sudah memuaskan banyak klien. Tanpa disadari, Sun menikmati waktu yang ia habiskan bersama Jang.

"Kurasa kamu belum sadar... Urusan hantu tidak semudah itu. Jangan pikir mereka sudah meninggal sehingga kamu menganggap mereka tidak punya perasaan. Hantu sama seperti manusia. Jangan pernah bermain-main dengan perasaan orang atau kamu akan menanggung akibat yang lebih parah lagi."

Apakah Sun jatuh cinta pada Jang? Apakah hubungan antara manusia dan hantu mungkin?
Namun ternyata ada sebuah rahasia tentang Jang, yang baru diketahui Sun setelah ia sudah begitu menyayangi lelaki itu. Rahasia yang menguji hati Sun dan keegoisan hatinya

"Seandainya saja ia tidak terbawa emosi dan bertanya baik-baik pada Jang, otaknya tidak mau berhenti membuat skenario. Seandainya saja Jang bukan hantu."


Sinopsis di atas hanya menceritakan sebagian kecil dari apa yang ada dalam buku ini untuk menghindari spoiler :P Bagi yang penasaran, silahkan dibaca bukunya ;)

Jalan ceritanya tentu saja sangat unik dan tidak pernah kutemui sebelumnya. Membahas manusia yang bisa berkomunikasi dengan hantu, hantu yang dikontrak untuk melakukan pekerjaan, manusia yang jatuh cinta pada seorang hantu, semuanya membuat kisah ini jadi menyenangkan. Membaca buku ini juga membuatku serasa sedang berada di Korea; karena detail tempat-tempatnya dijelaskan dengan baik, dan juga banyak fakta-fakta tentang Korea yang baru kuketahui :)

Buku ini recommended bagi yang suka membaca buku bertema Korea :)

"Zaman sudah berubah. Ia bukan gadis ingusan yang gampang dibutakan oleh cerita sedih mendayu-dayu. Kehidupan sebenarnya lebih menyakitkan ketimbang sebuah film. Kehilangan seseorang yang terkasih tidak bisa diselesaikan hanya dengan segulung penuh tissue."

 
 
4/5 stars
by.stefaniesugia♥
ლ( ◕◡ ◕ ლ)

7 comments:

  1. penasaran pengen baca buku ini dari dulu, punya @oky ga ketemu sih :))

    ReplyDelete
  2. Hai, Stefanie. Aku lagi kumpulin opini pembaca tentang novel SeoulMate nih, untuk artikel di blogku di www.dinoybooksreview.wordpress.com. Nah salah satunya aku mau ambil dari resensi ini, boleh, yang aku ambil yang opinimu di bagian akhir, trus aku mencantumkan juga namamu dan insert link resensi ini. Jadi kayak gini yg aku ambil:

    "Jalan ceritanya tentu saja sangat unik dan tidak pernah kutemui sebelumnya. Membahas manusia yang bisa berkomunikasi dengan hantu, hantu yang dikontrak untuk melakukan pekerjaan, manusia yang jatuh cinta pada seorang hantu, semuanya membuat kisah ini jadi menyenangkan. Membaca buku ini juga membuatku serasa sedang berada di Korea; karena detail tempat-tempatnya dijelaskan dengan baik, dan juga banyak fakta-fakta tentang Korea yang baru kuketahui :)" - Stefanie (http://www.thebookielooker.com/2012/02/book-review-seoulmate-by-lia-indra.html)

    Gimana, boleh nggak ya? Rencananya posting antara tgl 19-26 Sept. 2013, ditunggu konfirmasinya ya. Makasih :)

    ReplyDelete
  3. Asyiiik! Makasih ya Stefanie, nanti aku kasi link-nya di sini kalau udah dipublish yaa :)

    ReplyDelete
  4. Hai Stefanie, ini link-nya yang memuat opinimu tentang SeoulMate:

    http://dinoybooksreview.wordpress.com/2013/09/21/recommended-book-seoulmate-by-lia-indra-andriana/

    Thank You!

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...