Friday, July 3, 2015

Book Review: Simple Thinking About Blood Type 3 by Park Dong Sun

.
BOOK review
Started on: 18.June.2015
Finished on: 18.June.2015

Judul Buku : Simple Thinking About Blood Type 3 (혈액형에 관한 간단한 고찰 3)
Penulis : Park Dong Sun
Penerbit : Penerbit Haru
Tebal : 304 Halaman
Tahun Terbit: 2015
Harga: Rp 57,375 (http://www.pengenbuku.net/)

Rating: 3.5/5
*images are originally scanned by me.
Review Simple Thinking About Blood Type by Park Dong Sun
Review Simple Thinking About Blood Type 2 by Park Dong Sun
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- 

Buku ini adalah buku ketiga dari seri Simple Thinking About Blood Type, yang tentunya masih mengilustrasikan jenis-jenis golongan darah dalam berbagai situasi yang berbeda. Seperti buku sebelumnya, keempat golongan darah ini ditempatkan dalam suatu keadaan dan pembaca akan melihat perbedaan dari reaksi setiap golongan darah. Buku ini dibagi menjadi 4 bagian; Bagian 1: Kehidupan Sehari-hari, Bagian 2: Sekolah, Bagian 3: Kantor, dan Bagian 4: Tentang Keluarga dan Percintaan. Dalam review ini, aku akan membahas beberapa bagian yang menarik untukku dan juga hal-hal yang aku rasa cukup sesuai dengan kenyataan yang aku lihat :)

Bagian 1: Cerita Sederhana Tentang Kehidupan Sehari-hari menyuguhkan sesuatu yang menurutku cukup menarik, yaitu tentang Hubungan Antargolongan Darah. Setiap golongan darah memiliki hubungan yang baik dengan dua golongan darah yang lain, dan memiliki hubungan yang kurang baik dengan salah satu golongan darah. Contohnya: golongan darah A memiliki hubungan baik dengan golongan darah O dan AB; dan memiliki hubungan yang kurang baik dengan B. Sedangkan golongan darah AB berhubungan baik dengan A dan B, namun kurang baik dengan O. Tentu saja aku yakin hal ini tidak selalu 100% akurat, tetapi harus kuakui bahwa sebagai golongan darah A aku memang berhubungan sangat baik dengan golongan darah O—karena dua teman baikku memiliki golongan darah tersebut. Dalam bagian ini, Park Dong Sun kemudian menunjukkan interaksi antar setiap golongan darah melalui ilustrasinya yang benar-benar menunjukkan perbedaan karakter masing-masing jenis.

Hal menarik lain yang aku temukan dalam buku ini ada pada Bagian 3: Cerita Sederhana Tentang Kehidupan di Kantor. Ada satu skenario saat keempat golongan darah akan menghadapi pemeriksaan meja di tempat kerja, dan setiap golongan darah memiliki reaksi yang berbeda-beda. Golongan darah A melakukannya dengan detail dan menata meja dengan senang hati. Sebaliknya, golongan darah B akan memasukkan semua barang ke dalam laci meja tanpa menata. Golongan darah O akan mengikuti apa yang dilakukan oleh orang lain, sedangkan golongan darah AB malah mempertanyakan semuanya.

Dalam bagian yang sama, Park Dong Sun juga mengilustrasikan jenis-jenis karyawan berdasarkan golongan darahnya. Hal yang menurutku juga penting untuk diketahui, adalah bagaimana Cara Memperoleh Kepercayaan dari Bos dengan golongan darah tertentu. Bos bergolongan darah A mementingkan kesan pertama dan bersifat sangat hati-hati, sehingga penting untuk mendekatinya secara perlahan-lahan. Bos dengan golongan darah B menyukai orang yang dapat mendukung dan merespons idenya. Golongan darah O akan suka jika pegawainya menunjukkan rasa tanggung jawab dan akan cepat akrab jika memintanya mengajarkan sesuatu. Dan bos bergolongan darah AB membenci orang yang plin-plan dan suka mengkritik. Selain itu, ada pula bagian yang mengilustrasikan Cara Menghadapi Karyawan berdasarkan golongan darahnya.


Sedangkan di Bagian 4: Cerita Sederhana Tentang Keluarga dan Percintaan, seperti judulnya mengilustrasikan berbagai interaksi antar golongan darah dalam hubungan keluarga maupun percintaan. Salah satu cerita yang menarik adalah reaksi setiap golongan darah saat melihat cowok yang membawakan tas ceweknya. Ada juga bagian yang menceritakan tentang sebuah keluarga yang setiap anggota keluarganya memiliki golongan darah yang berbeda. Keluarga ini kemudian diletakkan pada situasi saat mereka akan pindah rumah. Reaksi setiap anggota keluarga yang berbeda-beda akan membuat pembaca menyadari perbedaan antar golongan darah dalam situasi tersebut.


Beberapa cuplikan yang aku sebutkan di atas hanyalah sebagian kecil dari keseluruhan isi Simple Thinking About Blood Type 3 ini. Semoga apa yang aku tuliskan di atas bisa memberikan sedikit gambaran yang lebih jelas tentang isi dari buku ini bagi yang belum membaca. Dibandingkan dua buku sebelumnya, aku rasa aku menemukan banyak hal yang cukup berguna dalam buku ini—terutama bagian tentang kantor, yang menjelaskan cara berinteraksi dengan golongan darah tertentu. Meskipun tidak semua orang dengan golongan darah tertentu memiliki watak yang sama, aku pikir tidak ada salahnya menggunakan apa yang ada dalam buku ini sebagai pedoman awal untuk menghadapi orang lain.

Komik tentang golongan darah ini merupakan bacaan ringan yang dapat menghibur dan dapat diselesaikan dalam waktu singkat. Aku tidak tahu apakah seri Simple Thinking About Blood Type ini masih akan berlanjut sampai buku keempat, yang jelas aku selalu ingin tahu lebih banyak tentang karakter masing-masing golongan darah. Jika memang akan ada buku selanjutnya, semoga ceritanya lebih bervariasi dan tentunya mampu menghibur pembaca :))
 
by.stefaniesugia♥ .

 

3 comments:

  1. Buku ketiga ini lebih bagus dari yang kedua menurutku, hanya isinya aku sudah baca semua dari versi inggris, jadi agak kecewa pas bacanya tetapi senang juga bisa koleksi hardcopy dalam bahasa indonesia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ngga terlalu ngikutin versi inggrisnya sih, jadi semuanya masih terasa baru buatku :D Dan setuju kalo yg ini lebih bagus dari yg kedua ;))

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...