Thursday, September 11, 2014

Book Review: Simple Thinking About Blood Type 2 by Park Dong Sun

.

BOOK review
Started on: 5.September.2014
Finished on: 5.September.2014

Judul Buku : Simple Thinking About Blood Type 2
Penulis : Park Dong Sun
Penerbit : Penerbit Haru
Tebal : 320 Halaman
Tahun Terbit: 2014
Harga: Rp 53,550 (http://www.pengenbuku.net/)

Rating: 3/5
*images are originally scanned by me.
Review Simple Thinking About Blood Type by Park Dong Sun
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- 

Simple Thinking About Blood Type 2 adalah kelanjutan komik pertamanya yang mengilustrasikan berbagai macam sifat setiap golongan darah. Jika buku pertamanya mengupas setiap golongan darah satu-persatu, di buku kedua ini komikusnya memposisikan setiap golongan darah dalam situasi-situasi tertentu - dan menggambarkan bagaimana reaksi masing-masing golongan darah. Buku kedua ini terdiri atas 4 bagian; Bagian 1: Taman Kanak-Kanak, Bagian 2: Sekolah, Bagian 3: Kantor, dan Bagian 4: Kehidupan Pribadi. Masing-masing bagian terdiri atas berbagai macam skenario yang menampilkan reaksi serta tingkah laku setiap golongan darah.

source: here.
Seperti yang pernah aku tuliskan di review buku pertamanya, ilustrasi dan pemikiran dalam buku ini tentu saja tidak 100% akurat - karena selain golongan darah, banyak faktor lain yang mempengaruhi sifat dan tingkah laku seseorang. Dan seperti sebelumnya juga, saat membaca buku ini aku membayangkan orang-orang dengan golongan darah masing-masing untuk dicocokkan dengan apa yang disebutkan dalam buku ini. Berikutnya, aku akan menuliskan beberapa bagian buku ini yang menurutku menarik untuk memberi cuplikan isinya bagi yang belum membaca :)


Setelah membaca separuh awal buku ini, sayangnya aku tidak menemukan bagian yang terlalu menarik - mungkin karena aku tidak ingat masa kanak-kanakku dan aku juga sudah tidak sekolah lagi. Bagian yang mulai membuatku semangat untuk lanjut membaca adalah Bagian 3: Kantor - dan aku menemukan banyak kesamaan antara pemikiran yang dituliskan dan perilakuku. Salah satu episode yang menarik adalah Kehilangan Alat Kantor; dan setiap golongan darah memiliki reaksi yang berbeda-beda. Golongan darah A tidak akan mengungkapkan isi hatinya terang-terangan, dan mencurigai orang yang ada di sekelilingnya. Sedangkan Golongan darah B malah tidak memperhatikan dengan baik barang miliknya, sehingga bila barangnya hilang, ia tidak tahu apa yang telah hilang dari dirinya. Golongan darah O yang khawatir tidak akan bisa berkonsentrasi jika tidak bisa menemukan barangnya yang hilang. Dan Golongan darah AB akan langsung menuduh orang yang mengambil barang miliknya tanpa basa-basi.


Bagiku, Bagian 4: Kehidupan Pribadi menyuguhkan paling banyak kisah yang menarik tentang golongan darah. Salah satunya adalah mengumpamakan karakter utama sebuah dongeng dengan golongan darah yang berbeda-beda. Menurut ilustrasi Park Dong Sun di buku ini, golongan darah A yang mencintai orang lain dengan sungguh-sungguh cukup sesuai dengan peran Putri Duyung yang ada dalam dongeng. Akan tetapi jika golongan darah B yang jadi Putri Duyung, ia akan meminta Sang Penyihir untuk mengubah Pangeran jadi seperti dirinya xD Dan golongan darah O malah tidak mau menukar suaranya untuk menjadi manusia.


Pada Bagian 4 juga mendeskripsikan peringkat masing-masing golongan darah dalam berbagai macam situasi. Yang menarik untukku adalah Grafik Pendapatan Luka - yang mengurutkan golongan darah mana yang sering terluka dan berapa lama luka tersebut ada dalam ingatan mereka; Tipe Golongan Darah yang Perlu Dikhawatirkan Saat Berbelanja, hingga siapa yang paling lama dan paling hemat saat sedang berbelanja. Ada bagian yang sangat akurat dengan kebiasaanku secara pribadi; yang membuat golongan darahku (golongan darah A) berada di urutan ketiga yang berbelanja paling lama. Hal ini disebabkan karena golongan darah A selalu membuat daftar sebelum pergi berbelanja - dan selalu merancang rute berbelanja yang paling efisien. Jujur saja, itu yang selalu aku lakukan jika aku pergi berbelanja sendiri ;D Berbagai macam peringkat tersebut membuatku mengenal karakteristik setiap golongan darah lebih dalam lagi :))


Aku harap beberapa cuplikan kisah dan gambar di atas dapat memberi bayangan bagaimana isi buku yang sebagian besar terdiri atas ilustrasi ini. Seperti yang aku katakan sebelumnya, aku sepertinya lebih menyukai buku pertamanya dibandingkan yang kedua - karena entah mengapa aku rasa lebih banyak yang menarik dan juga cocok dengan pengalaman pribadiku. Tetapi mungkin hanya aku saja yang merasa demikian; dan mungkin saja ada pembaca lain yang merasa cocok dengan apa yang diilustrasikan dalam buku ini :))

Meskipun demikian, aku tetap menikmati buku ilustrasi ini dari awal hingga akhir - dan tidak butuh waktu lama untuk menyelesaikannya. Aku tidak tahu apakah akan ada buku ketiga untuk Simple Thinking About Blood Type ini; tetapi jika ada, aku berharap Park Dong Sun akan menyuguhkan berbagai ilustrasi yang lebih menarik. Dan mudah-mudahan di kesempatan yang berikutnya, aku akan menemukan lebih banyak cerita yang sesuai dengan pengalaman pribadiku ;D

by.stefaniesugia♥ .

4 comments:

  1. Saya sudah lama ingin mempunyai buku ini dari seri 1 hingga 2. Tapi belum ada alasan yang mengharuskan saya membelinya segera. Menarik bukunya. Dan seri 3 segera meluncur

    ReplyDelete
  2. ---> "Akan tetapi jika golongan darah B yang jadi Putri Duyung, ia akan meminta Sang Penyihir untuk mengubah Pangeran jadi seperti dirinya."
    Hahaha.... top dah, pas n cocok denganku yg gol darahnya juga B! :))

    Baca review ini jadi ingin baca bukunya juga. Thx ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha xD coba dibaca bukunya, siapa tau ketemu lebih bnyak yg cocok ;D

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...