Friday, January 10, 2014

Book Review: Simple Thinking About Blood Type by Park Dong Sun

.
BOOK review
Started on: 13.December.2013
Finished on: 13.December.2013

Judul Buku : Simple Thinking About Blood Type (혈액형에 관한 간단한 고찰)
Penulis : Park Dong Sun
Penerbit : Penerbit Haru
Tebal : 262 Halaman
Tahun Terbit: 2013
Harga: Rp 49,300 (http://www.pengenbuku.net/)

Rating: 3.5/5
*images are originally scanned by me. -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Simple Thinking About Blood Type adalah sebuah buku ilustrasi yang menggambarkan sebuah pemikiran tentang sifat-sifat golongan darah. Buku ini terdiri atas 4 bagian; Bagian 1: Mengetahui Sifat Seseorang Melalui Golongan Darah, Bagian 2: Hubungan Sosial Antargolongan Darah, Bagian 3: Cerita Seru Golongan Darah, dan Bagian 4: Diary Bergambar Si Cowok Gila. Park Dong Sun meletakkan setiap karakter golongan darah dalam situasi yang sama dan menyimpulkan seperti apa mereka akan bertindak atau perkataan seperti apa yang akan mereka ucapkan. Buku ini dicetak dalam full colour dengan ilustrasi yang sederhana namun menarik; sehingga tidak sulit untuk menghabiskannya dalam waktu singkat :)

Sebelum mulai membaca, aku membayangkan orang-orang dengan golongan darah yang berbeda untuk dicocokkan dengan yang ada dalam buku ini. Keluargaku sendiri sudah terdiri dari 3 golongan darah berbeda: Papa dan aku bergolongan darah A, Mama bergolongan darah AB, dan Kakak bergolongan darah B. Sedangkan untuk golongan darah O, aku memilih temanku untuk dicocokkan dengan penggambaran sifat di buku ini. Tentu saja, seperti yang dikatakan oleh penulisnya, sifat seseorang tidak bisa hanya dilihat dari golongan darahnya saja; tetapi golongan darah bisa sedikit membantu kita dalam memahami orang lain. Dalam review ini, aku akan membagikan beberapa isi buku ini yang menurutku menarik untuk memberikan bayangan bagaimana isinya bagi yang belum membaca :)


Pada bagian pertama, salah satu yang dibahas adalah tentang sifat-sifat golongan darah saat sedang jatuh cinta. Sebagai seorang yang bergolongan darah A, aku merasa pengalaman pribadi dan orang-orang terdekatku cukup sesuai dengan yang digambarkan oleh Park Dong Sun dalam ilustrasinya. Dalam bagian ini, Park Dong Sun menggambarkan setiap golongan darah dari sisi laki-laki dan perempuan. Golongan darah A digambarkan seperti mengetuk jalan berbatu sambil berjalan; selalu bijaksana dalam melangkah. Sedangkan golongan darah B lebih berani dan terbuka sehingga cepat akrab dengan lawan jenis. Golongan darah O bersikap realistis dan tidak mengorbankan hidupnya untuk cinta. Dan golongan darah AB lebih sering bersikap netral dan tidak menyukai kontak fisik yang berlebihan.


Hal berikutnya yang menarik untukku adalah Hal yang Sangat Tidak Disukai oleh Golongan Darah. Aku sangat setuju dengan gambar di atas, karena sesuai dengan karakteristik Mama si golongan darah AB yang jika sudah dikecewakan satu kali maka akan selamanya teringat dan berhati-hati. Golongan darah A yang sangat benci ditegur di depan banyak orang juga aku rasa cukup mirip denganku. Golongan darah B benci diabaikan, dan golongan darah O benci pendapatnya yang kuat dibantah oleh orang lain (yang ini tidak disetujui oleh temanku).
"Menurutku, tidak baik bila tiba-tiba menanyakan golongan darah seseorang saat pertama kali bertemu. Kuharap kita tidak berpendapat bahwa kepribadian seseorang semata bergantung pada golongan darahnya."

Bagian kedua buku ini membahas tentang hubungan sosial antar golongan darah, dan ilustrasi di atas menggambarkan situasi ketika golongan darah A dan B bertengkar. Gambar ini benar-benar membuatku tertawa ngakak karena 100% mirip dengan tingkah laku Papa (golongan darah A) kalau sedang ngomel di rumah atau jika sedang berhadapan dengan Kakak yang bergolongan darah B. Golongan darah A mungkin memang cenderung untuk mengulangi kata-kata yang sudah diucapkan, tapi entah mengapa aku yang bergolongan darah A rasanya tidak demikian (atau tidak sadar?). Dalam bagian ini juga diilustrasikan hubungan antara satu golongan darah dengan golongan darah yang lain.


Gambar ini adalah salah satu gambar yang diambil dari Percakapan Golongan Darah B; dan saat membacanya aku bisa membayangkan dengan jelas Kakak-ku yang memang bukan seorang pendengar yang baik. Aku kira sifatnya yang satu itu ada hubungannya dengan sifat sanguinis yang ada dalam dirinya; tapi ternyata golongan darah juga membuktikan hal yang serupa. Tapi siapa yang tahu, mungkin juga ada golongan darah B yang adalah seorang pendengar yang baik ;)

Salah satu cerita dari bagian ketiga juga sangat menarik untukku, berjudul Bagaimana Jika Vasnya Pecah?. Komik ini menggambarkan situasi taman kanak-kanak yang dikelompokkan menurut golongan darah dan mendapat pesan bahwa mereka tidak boleh memecahkan sebuah vas. Lalu akan ada seorang yang masuk dan dengan sengaja memecahkan vas tersebut. Reaksi setiap golongan darah sangat unik dan berbeda-beda. Yang paling bikin ngakak adalah golongan darah AB; yang awalnya sama sekali tidak tertarik dan meskipun pecah tetap tidak peduli, tetapi saat ditanya siapa yang melakukang, langsung dengan sigap menunjuk. Ada pula cerita yang meletakkan karakter golongan darah di sebuah pulau tak berpenghuni dan melihat reaksi mereka yang berbeda-beda ;D


Aku rasa beberapa contoh cerita tersebut sudah bisa memberikan gambaran tentang isi buku yang sangat ringan dan menyenangkan ini :)) Sebagai seorang psychology enthusiast, aku sangat menikmati buku-buku yang membahas tentang kepribadian seseorang lewat riset dan contoh-contoh nyata. Buku-buku seperti ini dapat membantuku lebih mudah mengerti sifat orang lain dan memahaminya; sehingga kita tidak otomatis menghakimi orang lain hanya karena sifat mereka berbeda. Simple Thinking About Blood Type menyampaikan hasil risetnya dengan cara yang sederhana sehingga lebih mudah dipahami. Bagi yang suka buku ilustrasi dan juga menyukai psikologi, coba baca buku ini dan juga cek apakah yang diilustrasikan sesuai dengan diri sendiri.

Bagi yang menikmati buku ini, website http://simplebloods.tumblr.com/ membantu para fans Park Dong Sun yang bukan orang Korea dengan menerjemahkan beberapa strip komik blood type di blog-nya. Seperti yang ada dalam buku ini, tingkah laku para golongan darah sangat kocak dan menghibur. Hal yang cukup disayangkan adalah tidak adanya penjelasan atau analisa riset yang diberikan kepada pembaca. Meskipun demikian, aku tetap menikmati buku ilustrasi ini dengan baik dan menyelesaikannya dengan cepat. Semoga Penerbit Haru segera menerbitkan buku selanjutnya yang membahas Blood Type ini :)

by.stefaniesugia♥ .

6 comments:

  1. Lucu hahahaha apalagi yg komik percakapan O dan B. Persis aku yg B dan suamiku yg O hahaha

    ReplyDelete
  2. hahaaa itu gambar komiknya unik banget :D

    mohon dukungannya ya :) http://fandhyachmadromadhon.blogspot.com/2014/01/we-love-you-nyunyucom.html

    ReplyDelete
  3. beli dimana sih bukunya ? pengen beli :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukunya bisa didapat di toko buku seperti Gramedia ;) atau kalau online bisa lewat pengenbuku.net atau owlbookstore.co.id ;)

      Delete
  4. keren banget bukunya.. setelah baca langsung tanya2 ke temen2 di sekitar golongan darahnya apa..
    yaa.. ada yang cocok dan ada yang tidak sih.. :)
    tapi khusus buat aku sendiri yang bergolongan darah AB, hampir 90% bener.. :D

    ReplyDelete
  5. hahaha, aq goldar B 80% bener loh..tapi sebagian yang 20% sudah ada yg berubah krn proses hidup.
    tapi untuk sifat cuekkk nya masih sampe skrg hihihihihi..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...