Monday, April 13, 2015

Happy 4th Birthday, Blogger Buku Indonesia ! ♥ #BBI4thAnniv

.
image source: here. edited by me.

Hari ini, 13 April 2015, adalah hari ulangtahun BBI (Blogger Buku Indonesia) yang ke-4! Pertama-tama, tentu saja aku ingin memberi ucapan selamat untuk BBI karena sudah berjalan selama  ini. Selain itu, aku juga ingin memberi selamat karena BBI sudah berkembang pesat dalam beberapa tahun ini, dan anggota barunya pun semakin banyak (sepertinya sudah lebih dari 200 orang). Aku sangat bersyukur dengan keberadaan BBI yang menjadi wadah bagi para pembaca dan juga blogger buku. Semoga untuk ke depannya BBI bisa semakin sukses dan ikut mengembangkan dunia perbukuan/membaca di Indonesia :)) Dan untuk merayakan hari ini, tema posting untuk anggotanya adalah "perubahan apa yang terjadi pada dirimu setelah bergabung di BBI".

http://33.media.tumblr.com/a065947a353d44306cae431a30761934/tumblr_nmhmy4lvdY1tmjt2ko3_250.gif http://31.media.tumblr.com/9a46b5a0147e2aac22919a0621e7080f/tumblr_nmhmy4lvdY1tmjt2ko4_250.gif

Tahun ini, sudah lebih dari 3 tahun aku bergabung sebagai anggota BBI (Blogger Buku Indonesia); dan meskipun aku tidak terlalu aktif dalam event-event yang diadakan, BBI tetap memberikan dampak yang cukup besar untukku—terutama dalam rutinitas membaca. Sejak bergabung dengan BBI, tentu saja aku jadi rutin menulis review untuk setiap buku yang aku baca. Hal tersebut memudahkanku jika aku ingin mengingat kembali garis besar cerita sebuah buku, dan juga jika ada orang yang menanyakan pendapatku tentang buku tertentu (karena ingatanku benar-benar payah). Di blog ini, aku sudah menulis lebih dari 300 review dan aku masih terus menikmati kegiatan ini di tengah kesibukanku yang lain. Aku tidak ingin menganggap menulis review sebagai sebuah rutinitas atau tugas yang harus aku kerjakan—karena pada dasarnya aku menulis review tersebut untuk membantu diriku sendiri mendokumentasikan buku yang sudah aku baca. Dan aku tentu saja sangat senang jika review yang aku tulis juga bisa membantu pembaca lain dalam memilih buku yang akan mereka baca :))

Selain itu, lewat BBI aku juga menemukan banyak blogger buku—dan aku bisa membaca pendapat mereka tentang sebuah buku yang belum pernah aku baca sebelumnya. Tentu saja tidak semua pembaca / blogger buku memiliki selera yang sama; sehingga selalu menarik untukku bagaimana sebuah buku bisa memperoleh respon yang berbeda-beda dari banyak orang. Dan lewat komunitas BBI, aku juga jadi mengenal banyak orang-orang baru yang suka membaca (dan menimbun); karena jarang sekali aku menemukan orang di sekitarku yang memiliki hobi serupa :')


Perubahan terakhir yang juga sepertinya terbesar untukku adalah aku mendapat kesempatan untuk bekerjasama dengan penerbit/penulis. Aku sangat bersyukur karena beberapa waktu belakangan aku memperoleh banyak kesempatan untuk bekerjasama dalam hal review buku maupun blog tour untuk penerbit. Selain itu aku juga beberapa kali mendapatkan buku dari penulis ataupun penerbit untuk di-review. Aku yakin hal ini bisa terjadi juga karena BBI yang sudah dikenal secara luas oleh banyak penerbit. Dan tentu saja sampai sekarang aku masih tidak menduga bahwa aku bisa memperoleh kesempatan yang seperti ini; karena saat pertama kali membuat blog buku, hal itu sama sekali tidak terpikir olehku.

Sebenarnya aku juga berharap bisa menuliskan kalau genre bacaanku meluas karena event Baca Bareng BBI; tapi sayangnya aku sudah lama absen dari event itu ㅠㅠ Aku juga ingin sekali bisa ikut berbagai macam event buku yang juga diikuti oleh BBI seperti IRF (Indonesia Readers Festival / Festival Pembaca Indonesia)—tapi keterbatasan waktu dan tempat selalu jadi penghalang. Semoga di tahun-tahun selanjutnya aku masih bisa punya kesempatan untuk ikut event-event sejenis di tengah kesibukanku yang lain :')

 
Akhir kata, aku ingin mengucapkan terima kasih untuk BBI karena sudah ada sebagai wadah bagi para blogger buku di Indonesia. Tidak lupa juga aku ingin berterimakasih untuk semua pengurus BBI yang terus mengembangkan komunitas ini ke arah yang lebih baik :)) Mungkin ada banyak jenis blogger lain yang lebih dikenal orang; seperti fashion blogger, beauty blogger, food blogger, travel blogger, dan lain sebagainya. Tapi aku bisa mengatakan bahwa aku bangga telah menjadi salah satu anggota Blogger Buku Indonesia dan turut menyebarluaskan kegiatan membaca yang menyenangkan. I take pride in being a book blogger.
 
by.stefaniesugia♥ .
 

10 comments:

  1. lewat BBI malah evy baru tau ada istilah book blogger :D selama ini taunya ya food blogger dan travel blogger doang.

    semoga event2 berikutnya mbak Stefani bisa ikutan lagi ya ^^

    ReplyDelete
  2. Trima aksihh steeff, sudah mau direpotkan desain ini itu sama kamii.. *nunduk *sungkem

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya mba vina yg lebih repot deh xD Makasih jg udh diajak partisipasi ;D

      Delete
  3. Halo Stef.... sebagai silent reader yang selalu menantika postingan buku terbaru darimu, senang bisa bersamamu di BBI

    ReplyDelete
  4. sama, bangga sebagai BBIers :)

    ReplyDelete
  5. Selalu menunggu post review atau book meme dari Stefanie. Sukses terus buat The Bookie Looker :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...