Saturday, December 21, 2013

Book Review: Oppa & I: Love Signs by Orizuka & Lia Indra Andriana

.
BOOK review
Started on: 17.December.2013
Finished on: 18.December.2013

Judul Buku : Oppa & I: Love Signs
Penulis : Orizuka & Lia Indra Andriana
Penerbit : Penerbit Haru
Tebal : 220 Halaman
Tahun Terbit: 2013
Harga: Rp 33,150 (http://www.pengenbuku.net/)

Rating: 4.5/5
Review buku sebelumnya:
(1) Oppa & I by Orizuka & Lia Indra Andriana
(2) Oppa & I: Love Missions by Orizuka & Lia Indra Andriana
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
"Sebenarnya, sejak kapan kehidupan Jae In jadi sesulit ini? Ia hanya ingin hidup yang normal, seperti anak-anak seusianya kebanyakan, bersama keluarga dan teman-temannya. Kalaupun ia akan memiliki pacar, ia ingin punya pacar yang tidak beken setengah mati, apalagi yang Nation's Little Brother."
Kisah saudara kembar Jae Kwon dan Jae In kembali berlanjut di seri ketiga Oppa & I. Tahun ini mereka sudah kelas 12, masing-masing sibuk memikirkan cita-cita sekaligus universitas yang akan mereka pilih. Jae Kwon yang sudah mantap ingin menjadi aktor masih bingung bagaimana harus menyampaikan keinginannya itu pada Ayahnya. Tetapi Jae In malah belum sempat memikirkan apa-apa saat ia tiba-tiba terlibat skandal dengan Choi Seung Won. Seorang netizen berhasil menangkap sebuah foto saat Seung Won bersama dengan Jae In (meskipun hanya terlihat sosoknya dari belakang), dan mereka dikabarkan naik ke apartemen bersama. Itu adalah awal mula mimpi buruk bagi Jae In, dan juga Jae Kwon.

Berbagai macam gosip tentang Jae In menyebar dengan cepat di sekolah, dan tentu saja Jae Kwon sebagai kakak lelakinya-lah yang turun tangan membereskannya. Jae In sendiri selalu bersembunyi dan berusaha menenangkan dirinya sendirian. Hal itu membuat Jae Kwon sangat khawatir dan kebingungan - hingga terkadang ia lepas kendali. Untung saja ia memiliki Ha Neul (pacarnya), dan juga sahabat-sahabat lain: Sa Ra, Tae Jun, dan Dae Suk.
"Setelah membaca artikel itu, kepala Jae In dipenuhi pertanyaan. Siapa sih yang begitu iseng mengambil foto mereka dan menyebarkannya? Apa si Miss Y ini tidak punya kerjaan? Apa pentingnya mengurusi kehidupan orang lain?
Lalu... ke mana si Seung Won sialan itu?"
Jae Kwon dan kawan-kawan menghalalkan segala cara supaya orang melupakan berita skandal itu, termasuk dengan cara Sa Ra dan Tae Jun berpura-pura pacaran. Dan tanpa diduga, tiba-tiba Seung Won muncul di layar televisi dengan pernyataan tentang berita skandal tersebut. Dengan jelas agensi Seung Won menyatakan bahwa Seung Won dan Jae In sedang menjalin hubungan; dan Seung Won menceritakan sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataan.
"Suasana Pantai Haeundae sedang ramai-ramainya, tetapi yang bisa Jae In dengar saat ini adalah degup jantungnya sendiri, yang mengalami percepatan gila-gilaan sehingga menyebabkan dentuman-dentuman keras di telinganya.
Saat itu, Jae In belum juga menyadari, bahwa ia positif terkena salah satu tanda jatuh cinta."
Jae Kwon amat sangat marah dengan tindakan Seung Won yang semakin mempersulit keadaan Jae In. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk mengajak Jae In dan kawan-kawannya untuk berlibur ke Busan - terutama agar Jae In semakin menjauh dari Seung Won. Akan tetapi yang ada di pikiran Jae In hanyalah Seung Won yang menyebalkan dan selalu ia benci. Sahabatnya mempertanyakan apa perasaan Jae In yang sebenarnya terhadap Seung Won; tetapi bahkan ia sendiri tidak mengetahui jawabannya. Apakah hubungan Seung Won dan Jae In akan berakhir hanya sebagai sebuah skandal? Jae In hanya perlu memeriksa apakah tanda-tanda jatuh cinta ada pada dirinya.
"Jae In lupa kalau ia punya tempat lain untuk berlari. Ia bisa selalu berlari kepada orang-orang yang peduli padanya dan bersedia melakukan apa pun untuk melindunginya. Jae In begitu bodoh untuk menyadarinya."
Baca kisah selengkapnya di Oppa & I: Love Signs.
image source: here. edited by me.
Oppa & I: Love Signs ini adalah buku terakhir (?) dari serial Oppa & I. Di review untuk buku yang sebelumnya (Oppa & I: Love Mission), aku mengatakan bahwa kisah tentang Jae In dan Seung Won masih belum terselesaikan, dan aku dipuaskan dengan buku ini. Seperti biasa, Orizuka dan Lia Indra Andriana berhasil menuliskan sebuah kisah sederhana namun tetap sangat manis. Padahal sebenarnya aku berharap seri Oppa & I tidak berakhir di sini (siapa tahu adik baru mereka, Jae Mi, tumbuh besar, dan Jae Kwon kembali terobsesi dengannya); tapi ending untuk buku ini sepertinya sudah menutup kemungkinan tersebut :(

Seperti dua buku sebelumnya, Oppa & I: Love Signs tetap menyuguhkan alur cerita yang ringan dan menyenangkan. Tema-nya tetap berbicara tentang keluarga, persahabatan, dan tentu saja lebih banyak fokus pada kisah cintanya. Sejujurnya, dengan fokus ceritanya yang tertuju pada kisah cinta Jae In, aku berharap akan ada lebih banyak interaksi antara Jae In dan Seung Won. Tetapi adegannya lebih banyak melibatkan Jae Kwon yang sister complex, dan suka ikut campur dalam permasalahan Jae In. Tetapi aku juga tidak bisa berkata apa-apa, karena sejak awal mula, cerita Oppa & I (sesuai judulnya) adalah tentang dua kakak beradik itu. Selain konflik skandal Jae In dan Seung Won, konflik lain adalah tentang keluarga - yang menceritakan Kakek si kembar (untuk lebih lengkapnya silahkan dibaca sendiri, supaya tidak spoiler). Ending dari Oppa & I: Love Signs terasa manis dan cukup memuaskan - dan semua konflik yang pernah ada sudah terselesaikan dengan baik.

Kalau di buku pertama aku mem-favoritkan Jae Kwon, dan di buku kedua aku mem-favoritkan Seung Won, di buku yang ketiga ini sepertinya aku tidak memiliki favorit. Cukup sedih karena seperti yang aku katakan, Seung Won jarang sekali muncul; ini semua gara-gara Jae Kwon :(( ㅋㅋㅋ Tetapi di buku ini aku lebih terfokus pada karakter Jae In; yang selalu memilih menyendiri dan memikirkan semua masalahnya sendiri. Aku rasa aku bisa relate dengan keputusan Jae In yang satu ini, karena sebagai seorang introvert, aku juga lebih suka menenangkan diri tanpa gangguan orang lain saat sedang ada masalah. Sifat Jae Kwon yang selalu mau tahu dan ikut campur terkadang bisa jadi sedikit menyebalkan; tetapi kalau tahu itu semua didasari oleh rasa sayangnya pada Jae In, siapa yang bisa marah? :3

Buku ini adalah sebuah penutup yang manis untuk serial Oppa & I. Kisahnya yang sederhana dan ringan sangat mudah untuk dinikmati. Bagi yang belum membaca dua buku Oppa & I yang sebelumnya, mungkin akan terasa sedikit membingungkan; jadi aku rasa sebaiknya baca dari buku yang pertama. Aku juga berharap duo penulis favoritku: Orizuka dan Lia Indra Andriana, akan menerbitkan buku - atau bahkan serial yang lain :3 Dan tentu saja, aku juga selalu menantikan karya solo mereka. 안녕 박재권, 박재인~~♥

by.stefaniesugia♥ .

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...