Friday, February 20, 2015

Opini Bareng: Karakter Tokoh Utama

.
image source: here. edited by me.
Topik kedua untuk Opini Bareng BBI kali ini adalah tentang salah satu bagian penting dalam sebuah buku, yaitu karakter utamanya. Sekali lagi, yang belum familier dengan Opini Bareng, event ini diadakan sebulan sekali—dan anggota BBI akan membahas topik tertentu dalam blog mereka dengan cara masing-masing. Dalam post ini, aku akan menuliskan beberapa faktor yang menurutku penting untuk dimiliki oleh karakter tokoh utama sebuah buku. Mungkin list ini tidak terlalu lengkap, tetapi untuk sementara hanya beberapa poin inilah yang terpikir olehku.

1. Realistis.
Aku tidak mengharapkan karakter yang serba-sempurna, karena memang tidak ada orang yang sempurna. Oleh karena aku berharap karakter utama sebuah cerita adalah sosok yang realistisyang juga memiliki kekurangan/kelemahan dalam dirinya. Selain itu, cara karakter utama menghadapi konflik yang ada pun juga harus realistis.
2. Perkembangan karakter.
Karakter utama dalam sebuah cerita tidak harus berubah total untuk mengalami perkembangan. Aku hanya ingin tahu setelah karakter utama tersebut melewati konflik yang ada, apa yang berubah dalam dirinya.
3. Kepribadian.
Aku ingin penulis menjelaskan kepribadian karakter utamanya dengan baik. Aku ingin  bisa mengenal kepribadian karakter tersebut dengan baik, menjadi seperti sosok teman yang baru untukku. Selain itu aku juga lebih suka karakter yang kepribadiannya konsisten sepanjang cerita (sehingga karakternya jadi lebih believable/bisa dipercaya)dan perlu alasan/dasar yang jelas jika memang ada perubahan yang signifikan.
4. Berhasil membuatku bersimpati / relatable.
Aku selalu suka saat penulis membawaku melihat apa yang dilalui oleh karakter utamanya, alasan atas perbuatannya, latar belakang karakter, apa yang dirasakannya, dan banyak hal lain yang berhasil membuatku relate dengan karakternya. Salah satu contohnya adalah karakter Hannibal Lecter; yang meskipun perbuatannya memang tidak bisa dibenarkan, aku masih bisa bersimpati dengan karakternyakarena semua tindakannya beralasan.
5. Good sense of humor.
Ini hanya berdasarkan kesukaan pribadiku, karena aku selalu suka dengan karakter utama yang menyenangkan dan punya selera humor yang bagus. Karakter utama yang seperti ini selalu dengan mudah menarik perhatianku, dan membuat ceritanya jadi lebih menghibur.



Itu adalah beberapa opiniku tentang Karakter Tokoh Utama. Apa saja yang membuatmu menyukai sosok karakter utama sebuah buku? Silahkan share pendapatmu tentang tokoh utama di bagian komentar, dan jika kamu juga ikut posting Opini Bareng bulan ini, boleh juga share link-nya di bawah—supaya aku bisa membaca pendapat kalian :) Semoga bulan depan aku masih bisa mengikuti event Opini Bareng ini dengan topik yang berbeda :)
 
by.stefaniesugia♥ .
 
 

18 comments:

  1. realistis saya setuju banget. eh kecuali kalau tokohnya makhluk asing dari antah berantah sih, saya enggak komen deh hehe.
    kalau masih berwujud manusia emang mutlak realistis biar bisa dibayangkan sosok aslinya.. x)
    ini post OpBar saya Mbak :)) http://goo.gl/VZqnhM

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya realistis dlm hal karakter/kepribadiannya , bukan masalah wujudnya sih XD udah dikunjungin ya OpBar-nya :))

      Delete
  2. Saya setuju semua, kecuali mungkin poin kelima. Soalnya saya suka juga tokoh yang serius dan nggak pernah bercanda sama sekali hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kadang2 jg suka sih yg serius, tp lebih prefer yg lucu XD

      Delete
  3. yang kelima kadang ga kepikiran, tapi betul juga. karakter dengan selera humor yang baik membuat buku yang dibaca menjadi lebih menyenangkan walaupun cerita sebenarnya serius.

    ReplyDelete
  4. setuju semua, tapi yang punya good sense of humor itu --di sebagian besar buku yang saya baca-- biasanya di second character, kayak si Minho di Maze Runner itu. Tokoh utama dibikin serius trus teman atau musuhnya yang dibikin lucu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin tergantung bukunya ya :D Emang ngga selalu karakter utamanya yg punya good sense of humor :))

      Delete
  5. Wah, poin ke-5 kadang jadi pertimbangan penting saya untuk membeli sebuah novel :D Entah kenapa saya lebih suka cerita yang cheerful. Tapi ga menolak cerita yang serius juga sih. Hehehe. Setuju banget sama poin 3. Saya suka sama karakter yang konsisten.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku juga ngga nolak sih kalo cerita/karakter utamanya serius, yg penting bagus aja ceritanya xD

      Delete
  6. Setuju juga sama semuanya. Paling suka sama poin ke-4 dan ke-5. Aku juga suka kalau tokoh antagonisnya bisa membuatku bersimpati. Dan aku suka banget kalau tokoh utamanya punya selera humor :D

    ReplyDelete
  7. relatable dan realistis itu aku setuju bangeeet... aku juga nggak suka yang terlalu drama, kesannya annoying gitu... terutama kalau cewek ya XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya emg kayaknya karakter cewek lbh berpotensi jdi annoying xD

      Delete
  8. Setuju semuaaaa. Terutama yang nomor 5. :)
    Kayak If I Stay. Auranya kan kelam tuh, tapi di beberapa bagian aku ngakak.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...