Thursday, February 7, 2013

Book Review: Oppa & I: Love Missions by Orizuka & Lia Indra Andriana

.
BOOK review
Started on: 2.February.2013
Finished on: 5.February.2013

Judul Buku : Oppa & I: Love Missions
Penulis : Orizuka & Lia Indra Andriana
Penerbit : Penerbit Haru
Tebal : 220 Halaman
Tahun Terbit: 2012
Harga: Rp 29,750 (http://www.pengenbuku.net/)

Rating: 4/5
Review for Oppa & I here.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
"Cinta. Apa sih yang membuat semua orang sepertinya mabuk oleh satu kata itu? Jae Kwon, Ha Neul, ibunya..."
Oppa & I: Love Missions kembali menceritakan kisah dua saudara kembar bernama Jae Kwon dan Jae In. Kisah ini menceritakan tentang cinta: perasaan Jae Kwon terhadap seniornya yang bernama Hye Rin, perasaan sahabat Jae-In bernama Ha Neul kepada Jae Kwon, dan juga hubungan Ayah-Ibu Jae Kwon yang sepertinya sedang dilanda masalah. Bersama dengan keluarga dan sahabat-sahabat, Jae In dan Jae Kwon sama-sama mempunyai misi cinta yang harus mereka laksanakan, demi kebahagiaan mereka.

Jae In masih menjadi seorang gadis yang tertutup di sekolah, meskipun kakak kembarnya - Jae Kwon - dan sahabat-sahabatnya tetap berusaha mendekati gadis itu. Permasalahan pertama muncul saat Jae Kwon melihat kondisi Ibu-nya yang terlihat seperti baru menangis; terlebih lagi Ayah mereka jarang terlihat di rumah - meski dengan alasan sedang bertugas di luar kota. Masalah pun tidak berhenti di situ, karena Jae Kwon baru saja mengalami patah hati setelah secara tidak langsung ditolak oleh pujaan hatinya: Hye Rin. Jae In sendiri pun tidak luput dari permasalahan, karena ia terus-menerus dipertemukan dengan Choi Seung Won, sang aktor yang sedang terkenal, yang terus berusaha mendekati Jae In.
"Sedialah payung sebelum hujan. Jae Kwon ingat sekali dengan peribahasa itu. Bersiap-siaplah sebelum sebuah permasalahan terjadi. Sudah lama Jae Kwon tak mempersiapkan payung itu. Selama ini, hidupnya hanya diisi dengan musim semi yang hangat dan penuh bunga bermekaran. Yang ia lupa, musim semi di Korea terkadang dimeriahkan oleh hujan yang tiba-tiba mengguyur."
Demi menyembuhkan patah hati yang dialami oleh Jae Kwon, Jae In dan teman-temannya berencana untuk menjodohkan lelaki itu dengan Ha Neul (teman Jae In) yang sebenarnya sudah lama menaruh hati pada Jae Kwon. Untuk melancarkan misi cinta tersebut, salah seorang teman bahkan harus berpura-pura agar Jae Kwon dapat masuk ke dalam jebakan yang telah mereka persiapkan. Akan tetapi di sisi lain, Jae Kwon dan Jae In juga terus berusaha keras mencari Ayah mereka yang hilang entah ke mana. Sebuah kisah tentang keluarga, persahabatan, dan juga cinta. Apakah mereka dapat berhasil melaksanakan misi cinta masing-masing?
"Menurutku, di dunia ini, kita semua adalah aktor," katanya. "Yang membedakan aktor yang kau lihat di TV dengan orang-orang biasa adalah, mereka itu profesional dan dibayar untuk berakting. Tapi kita semua pun pasti pernah berakting satu-dua kali."
Baca kisah selengkapnya di Oppa & I: Love Missions.
image source: here. edited by me.
Jujur saja, saat aku mulai membaca Oppa & I: Love Missions ini, aku sudah sama sekali lupa dengan jalan cerita dalam buku Oppa & I :'((. Oleh karena itu aku sedikit bingung dengan hubungan antar-karakternya. Untunglah, awal tahun lalu aku menuliskan review yang cukup menjelaskan dengan baik garis besar ceritanya - sehingga aku bisa membaca dan mengerti kembali keseluruhannya. Dengan adanya buku kedua untuk Oppa & I, aku merasa buku ini perlahan-lahan menjadi sebuah kisah mini-series yang menyenangkan. Alur ceritanya yang sangat ringan dan mudah untuk dinikmati ini akan memuaskan para pembaca yang rindu dengan Jae In-Jae Kwon yang meskipun kembar, sifatnya sangat bertolak belakang.

Sama seperti buku Oppa & I yang sebelumnya, alur cerita dalam buku ini sederhana sekali - oleh karena itu aku tidak bisa menuliskan terlalu banyak dalam ringkasan ceritanya. Jika boleh aku katakan, menurutku Oppa & I masih mempunyai banyak potensi untuk dibuat buku selanjutnya; karena masih ada hal yang tidak 'terselesaikan' dalam buku ini, antara lain adalah hubungan antara Jae In-Choi Seung Won. Karakter sahabat-sahabat Jae In dan Jae Kwon pun masih bisa diperdalam dan diperluas lagi karena mereka masih belum memiliki kisah mereka sendiri. Sebenarnya aku sedikit berharap hubungan Jae In-Seung Won akan berakhir dengan jelas dalam buku ini, tetapi sepertinya aku harus bersabar sekali lagi sambil berharap akan ada buku yang berikutnya. Selain dari itu, konflik lainnya yang ada dalam cerita ini terselesaikan dengan baik dan ditutup dengan manis; singkat, padat, dan jelas - sama sekali bukan cerita yang rumit dan berbelit-belit.

Karakter favoritku dalam Oppa & I adalah Jae Kwon, yang selalu ceria dan bersemangat; tetapi posisinya harus digeser oleh  Choi Seung Won dalam buku Oppa & I: Love Missions kali ini. Aku sangat menyukai adegan-adegan yang menampilkan Jae In-Seung Won, karena entah mengapa chemistry di antara mereka terasa unyu. Baik itu adegan saat Seung Won secara 'tersembunyi' memberikan nomer handphone-nya kepada Jae In, berakting di depan gadis itu, dan lain sebagainya (detail adegan tidak akan diperjelas, supaya tidak spoiler xD). Tentu saja, aku akan menantikan kemunculan buku Oppa & I yang ketiga, yang aku harap bisa meletakkan Jae In-Seung Won sebagai pusat utamanya :)))

Overall, buku ini menyuguhkan kisah yang manis dan ringan untuk dibaca. Permasalahan yang ada dalam ceritanya membuat buku ini masuk dalam kategori teenlit untukku. Alurnya pun mengalir dengan baik sehingga mudah dinikmati - terlebih lagi didukung gaya penulisan Orizuka dan Lia Indra Andriana yang tidak perlu diragukan lagi. Bagi yang sudah pernah membaca Oppa & I dan menyukainya, jangan lupa untuk membaca Love Missions juga ^^ Tidak lupa juga, aku terus menantikan karya Orizuka dan Lia Indra Andriana yang baru :)))

by.stefaniesugia♥ .

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...