Saturday, July 13, 2013

Haru Syndrome’s Waiting Room

.
 
[Haru Syndrome’s Waiting Room] Stefanie Sugia: 
‘The Chronicles of Audy: 4R’ Banyak Adegan yang Membuatku Tersenyum dan Terharu
 
**Baru-baru ini, aku melakukan tanya-jawab dengan Penerbit Haru seputar buku The Chronicles of Audy: 4R (review) dan juga tentang buku ataupun penerbitan. Hasil tanya-jawab ini aku copy paste dari sini. Terima kasih Penerbit Haru untuk kesempatannya :)

Halo! Hai! Ini adalah perbincangan pertama dari Haru Syndrome’s Waiting Room. Di kesempatan yang indah ini, Haru akan membahas novel terbaru Haru yang berjudul The Chronicles of Audy: 4R karya Orizuka bersama dengan blogger yang sering banget membaca novel Haru. Inilah dia Stefanie Sugia yang bisa ditemui di blognya thebookielooker.com. Nggak perlu berlama-lama, yuk simak perbincangan Haru dan Stefanie. 
 
-- Pertanyaan Haru untuk Stefanie --

1. Apa yang jadi pertimbanganmu untuk memutuskan membeli sebuah novel? Dan menurutmu, buku yang baik itu buku seperti apa?
Pertimbangan pertama adalah penulisnya - jika aku familiar dan telah menikmati karya-karyanya yang sebelumnya, biasanya aku akan membeli :)
Kedua adalah desain sampulnya - cover buku yang menarik biasanya dapat dengan mudah membuatku ingin membelinya.
Selain itu ringkasan cerita di balik buku, dan juga review/pendapat orang lain tentang buku tersebut dapat menjadi pertimbangan saat membeli novel. Biasanya aku selalu melihat rating/review buku dari goodreads, dan juga membaca review dari blog para BBI-ers (Blogger Buku Indonesia) yang dapat membantuku memilih buku.
Buku yang baik menurutku adalah buku yang bisa aku nikmati dari awal hingga akhir. Alur cerita, karakter, konflik, dan juga cara penulisannya adalah faktor yang membuat buku bisa dinikmati dengan baik atau tidak.

2. Dari kriteria di atas, apakah Audy:4R ini termasuk novel yang baik?
The Chronicles of Audy:4R tentu saja masuk kategori novel yang baik, karena aku juga sudah memberikan rating 5/5 untuk buku ini. Meskipun alur ceritanya simple, pembawaan dan penulisan ceritanya membuatku dengan mudah menikmati buku ini. Keseluruhan ceritanya sangat menghibur dan aku rasa dapat dibaca oleh semua orang.
3. Dengar-dengar, kamu anak design kan?
Menurut segi design, gimana nih packaging 4R?
Gambar pada cover buku ini sebenarnya cukup sederhana, tetapi yang aku suka dari packagingnya adalah perpaduan warna coklat pada sampul dan kertas yang diberi warna pink pada sisinya. Pewarnaan sisi kertas memberikan keunikan tersendiri untuk buku 4R ini :)
4. Sudah membaca karya Orizuka yang lain kan?
Menurutmu, apa sih yang membedakan buku ini dengan karyanya yang lain?
Sudah cukup banyak karya Orizuka yang aku baca :) Menurutku dalam karya The Chronicles of Audy ini kisahnya lebih banyak menyorot tentang kehangatan sebuah keluarga. Aku rasa sebagian besar buku Orizuka menuliskan tentang kisah cinta atau persahabatan, dan buku ini menceritakan kisah keluarga yang lebih kuat daripada seri Oppa & I :)
5. Kamu bilang, kamu bisa tersenyum dan terharu waktu membaca 4R.
Adegan apa sih yang membuat kamu tersenyum? Dan adegan apa yang membuat kamu terharu?
Ada banyak sekali adegan yang membuat aku tersenyum; kebanyakan sih saat interaksi antara Audy dan Rex (yang dingin dan selalu berhasil menemukan kelemahan Audy). Bahkan narasi cerita dari sudut pandang Audy sendiri sudah sering membuatku tersenyum-senyum sendiri :) Sedangkan adegan yang membuat aku terharu adalah saat Rafael menunjukkan sisi dirinya sebagai seorang anak-anak - yang juga membutuhkan kehangatan dan rasa sayang.
 
-- Dan inilah dia, PERTANYAAN STEFANIE UNTUK HARU --

1. Penerbit Haru dikenal sering menerbitkan buku terjemahan Korea dan Jepang. Apakah buku yang dipilih untuk diterjemahkan adalah buku-buku yang memang populer di Korea/Jepang? :)
Tentu saja, namun semuanya disesuaikan lagi dengan visi dan misi serta kriteria buku yang ingin diterbitkan Haru sendiri. Misalnya saja, novel yang terlalu berkesan sastra, meski sangat popular di negaranya, bukan merupakan minat Haru.
Selain itu, kami juga sering mengunjungi Book Fair dan toko-toko buku di masing-masing negara untuk melihat kondisi pasar di sana, karena tidak jarang buku yang kurang populer di negara asalnya pun bisa menjadi populer di negara kita.
2. Apa saja kualifikasi agar bisa menjadi penerjemah Korea/Jepang untuk Penerbit Haru?
Selain tahu bahasanya, kami menuntut penerjemah untuk mengetahui budayanya.
Misalnya kalau di Jepang, ada budaya bahwa kursi ruang rapat yang dekat pintu adalah kursi untuk jabatan rendah dan kursi paling jauh dari pintu adalah untuk jabatan tertinggi.
Kalau tidak tahu tentang budaya ini, menerjemahkan tentang posisi duduk dalam suatu rapat pasti akan jadi bingung kan?
3. Dalam proses penerbitan buku The Chronicles of Audy: 4R, apakah ada kendala yang harus dihadapi?
Penerbitan novel ini bisa dibilang cukup cepat, apalagi mengingat konsep cover bukunya sempat diubah. Sebelum memutuskan untuk membuat cover dengan style simple dan berwarna cokelat, awalnya cover Audy 4R ini justru cerah dan berwarna-warni. Tapi setelah berdiskusi antara Haru, Bambi Gunawan Santoso, sang cover desainer dan Orizuka sebagai penulis, akhirnya diputuskan cover seperti sekarang ini.
4. Berapa lama-kah proses dari penerimaan naskah sampai penerbitan buku?
Untuk penerimaan naskah kami selalu mematok 3-4 bulan sejak naskah dikirimkan ke email kami (kami hanya menerima pengiriman novel melalui email di naskah.haru@gmail.com. Info lengkap bisa cek penerbitharu.com).
Setelah sebuah naskah diterima dan tanpa revisi, maka akan dimasukkan ke jadwal terbit yang waktunya bisa bervariasi namun biasanya tidak lebih dari setengah tahun. Apabila, naskah tersebut dinilai cukup urgent, dalam 2 bulan setelah diterima, naskah tersebut bisa terbit.
5. Kira-kira seri The Chronicles of Audy akan dibuat menjadi berapa buku ? :)))
Kalau yang satu ini Haru lempar kembali kepada penulisnya ya.
 
Sekian perbincangan di Haru Syndrome’s Waiting Room kali ini. 
Sampai juga di ‘ruang tunggu’ yang lain, dengan membahas buku Haru yang lain, ya! 
 
 
by.stefaniesugia♥ .

4 comments:

  1. eh kertasnya ada pink pinknya. jadi pengeen punya >_<

    ReplyDelete
  2. hmm tentang warna pink di buku 4R, entah kenapa baunya cat banget (dan agak bikin aku mual). tapi emang good looking sih. semoga kalau emang lanjutan 4R mau ada warna-warnaan begini lagi, baunya nggak semenyengat itu :D
    (pembaca rewel -.-)

    ReplyDelete
  3. website ini isinya buku terbitah haru semua yah ? ak baru beli satu yang cheeky romance ..dan ketagihan pengen beli yang lain lain..hehe

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...