Monday, February 18, 2013

Book Review: 4 Ways to Get a Wife by Hyun Go Wun

.
BOOK review
Started on: 9.February.2013
Finished on: 13.February.2013

4 Ways to Get a Wife by Hyun Go Wun

Judul Buku : 4 Ways to Get a Wife
Penulis : Hyun Go Wun
Penerbit : Penerbit Haru
Tebal : 264 Halaman
Tahun Terbit: 2013
Harga: Rp 48,450 (http://www.pengenbuku.net/)

Rating: 5/5
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
"Kang Jung Won, sebenarnya kau berharap apa? Apa kau sempat salah paham dengan segala kebaikan dan kehangatannya, mengira kalau semua itu benar-benar tulus darinya? Kebaikan hatinya itu hanyalah menjadi utang, dan dirinya tetap menjadi kekasih palsunya. Tiba-tiba saja ia merasa malu dengan dirinya sendiri yang lupa bahwa ia hanyalah pengganti Yoo Shin Hee... Meskipun sejak awal dirinya pun mengetahui hal ini, terkadang mengecek kembali kebenaran yang sudah diketahui memang cukup menyakitkan."
Kim Geon Hyeong, adalah seorang anak haram dari pemimpin Goryo Group yang terkenal sebagai seorang hidung belang dan playboy. Saat Ayahnya meninggal dunia, tidak disangka bahwa Geon Hyeong diwarisi seluruh saham perusahaan sang Ayah. Hal tersebut tentu saja membuat Nyonya Oh, ibu tiri Geon Hyeong, iri karena anaknya yang bernama Jae Hyun hanya mendapat saham sebuah universitas. Belum lagi permasalahan Geon Hyeong dengan kekasihnya bernama Yoo Shin Hee, hubungan mereka ditentang karena status Geon Hyeong sebagai anak haram. Saat keduanya berpisah, Shin Hee menawarkan untuk membantu Geon Hyeong mencari seorang wanita yang akan menggantikan posisinya lewat sebuah iklan koran: Dicari: Istri Kontrak.

Saat itulah seorang perempuan bernama Kang Jung Won turut terlibat dalam permasalah yang rumit. Jung Won, yang adalah seorang ahli nutrisi harus bekerja keras menghidupi 2 adiknya dan seorang sepupu yang masih kecil karena kedua orangtuanya sudah meninggal dunia (dan pamannya pergi meninggalkan hutang dan anaknya pada Jung Won). Saat adik perempuannya yang bernama Hee Won melihat iklan istri kontrak di koran, ia tertarik untuk melamar karena banyak keuntungan yang bisa didapat. Tanpa diketahui Jung Won, Hee Won mengirimkan surat lamaran dengan menggunakan nama kakaknya - karena umurnya sendiri tidak memenuhi kriteria. Mengetahui hal tersebut, Jung Won marah besar dan pergi ke perusahaan Geon Hyeong untuk melabrak lelaki itu. Melihat sifat Jung Won yang pemberani, cerdas, sekaligus sangat mencintai keluarganya, Geon Hyeong malah merasa Jung Won adalah perempuan yang tepat untuk dijadikan istri kontraknya.
"Jelas kalau Geon Hyeong tidak akan menyerah kali ini. Dan seperti sebelumnya, kali ini pun ia senang melihat pilihan dan sifat keras kepala Geon Hyeong. Karena jarang ada orang yang berani melindungi keluarganya, mengutamakan kepercayaan, dan berani melawan Geon Hyeong sampai seperti itu."
"Mau tinggal satu hari atau satu bulan, intinya kan kita tinggal bersama-sama. Memangnya 'keluarga' itu sesuatu yang aneh? Saling memahami, saling bersabar, dan menyesuaikan diri satu sama lain. Itulah keluarga. Oleh karena itu, kalau ada yang tidak kau sukai, kau harus bersabar."
Meskipun tentu saja Jung Won sama sekali tidak tertarik dengan tawaran tersebut, Geon Hyeong dengan caranya sendiri membuat perempuan itu tidak bisa menolaknya. Dimulai dari pertemuan mereka yang tidak sengaja, hingga Geon Hyeong yang melunasi semua hutang Jung Won - akhirnya Jung Won pun memutuskan untuk membantu Geon Hyeong menjadi istri kontraknya sampai Shin Hee menikah. Saat Shin Hee akan menikah dengan seorang lelaki yang dijodohkan oleh orangtuanya, Geon Hyeong yang datang bersama Jung Won membuat Shin Hee kecewa dan melarikan diri dari pernikahannya - karena sebenarnya ia berharap Geon Hyeong akan membawanya pergi.

Seiring berjalannya waktu, Jung Won semakin sering bertemu dengan Geon Hyeong dan keduanya semakin mengenal satu sama lain meskipun masih sering adu mulut. Terlebih lagi saat Geon Hyeong tinggal di rumah Jung Won selama beberapa waktu membuat hubungan mereka lebih erat. Geon Hyeong yang selama ini tidak pernah memiliki keluarga merasakan kehangatan rumah Jung Won yang sempit tetapi penuh dengan kasih sayang. Perlahan-lahan, Geon Hyeong dan Jung Won mulai merasakan perasaan yang lebih nyata dalam hati mereka. Akan tetapi Jung Won takut mengakui perasaannya, karena ia tahu semua akan berakhir saat Shin Hee menikah. Permasalahan terus datang bertubi-tubi, dimulai dari Geon Hyeong yang mendapati masa lalu Ayahnya dengan Ibu Jung Won, kesalahpahaman yang terjadi antara keduanya, Shin Hee yang ingin kembali pada Geon Hyeong, dan lain sebagainya. Apakah semua permasalahan yang mereka hadapi dapat terpecahkan? Bagaimanakah akhir hubungan Geon Hyeong dan Jung Won setelah kontrak mereka berakhir?
"Ketika Jung Won memulai semua ini, sejak awal ia tahu bahwa dirinya hanyalah peran palsu. Meskipun begitu... tidak bisa dikatakan bahwa ia sama sekali tidak berharap lebih saat itu. Lelaki itu sempat berbuat baik dan hangat padanya. Mengapa lelaki itu berbuat seperti itu? Apa hanya karena rasa simpati semata?"
Baca kisah selengkapnya di 4 Ways to Get a Wife.
image source: here. edited by me.
YAYY! Akhirnya aku menemukan buku Korea-terjemahan yang berhasil menjadi favoritku :))) Setelah beberapa kali membaca buku Korea-terjemahan (bahkan yang sudah diadaptasi menjadi drama Korea sekalipun), aku belum menemukan buku yang berhasil membuatku puas seutuhnya - sampai aku selesai membaca buku 4 Ways to Get a Wife ini. Tidak perlu ditanyakan lagi, sepanjang membaca buku ini aku selalu membayangkan ceritanya menjadi sebuah drama Korea - dan aku sangat menikmatinya secara keseluruhan. Mungkin aku menyukai gaya penceritaan Hyun Go Wun, atau kemampuan para penerjemah sudah semakin baik - aku tidak tahu, yang jelas buku ini telah berhasil membuatku puas dan mencintai kisah Geon Hyeong dan Jung Won :)

Aku akan mulai membahas tentang buku ini dimulai dari alur ceritanya - yang menurutku akan menjadi sebuah alur yang sangat bagus untuk dijadikan drama Korea. Untungnya, buku ini tidak membahas tentang masalah percintaan saja; tetapi semua masalahnya bermuara pada masalah keluarga Geon Hyeong yang berawal dari Ayahnya. Semua permasalahan dan konflik yang ada dalam buku ini dikupas dengan baik dan juga pada akhirnya diselesaikan dengan tuntas. Bagian favoritku dalam cerita 4 Ways to Get a Wife ini tentu saja adalah chemistry antara Geon Hyeong-Jung Won dan juga saat Geon Hyeong mengetahui hubungan antara Ibu Jung Won dan Ayahnya (bagian yang membuatku deg-degan sekaligus semakin bersemangat membaca karena penasaran! Tidak akan dibahas lebih lanjut supaya tidak spoiler). Pembawaan ceritanya sangat menyenangkan dan mengalir dengan luwes, membuatku menikmati setiap perkembangan kisahnya dengan baik - pace ceritanya pun tidak terlalu lambat atau terlalu cepat. Hubungan Geon Hyeong-Jung Won berkembang seiring dengan waktu secara natural dan tidak terkesan tiba-tiba, sehingga aku bisa mengerti apa yang dirasakan oleh keduanya. Definitely a great plot - especially to be made into korean drama ! :P

Semua karakter yang ada dalam buku ini memberikan kesannya masing-masing untukku dan aku sangat menyukai setiap karakter yang ada! Aku rasa setiap karakter mempunyai porsi mereka masing-masing baik itu besar maupun kecil. Dimulai dari karakter-karakter utama: Geon Hyeong dan Jung Won. Geon Hyeong sendiri sebenarnya mempunyai sifat dan kepribadian yang kurang menyenangkan - karena ia selalu bersikap dingin, ketus, dan suka seenaknya. Akan tetapi hal tersebut dapat dimaklumi karena pembaca mengetahui kehidupan Geon Hyeong yang sulit karena hidupnya berlabel 'anak haram', sehingga ia tidak mudah percaya kepada orang lain. Tentu saja, ia berubah menjadi amat manis dan unyu menyangkut masalah Jung Won. Tipe lelaki sejenis ini selalu berhasil membuatku tersenyum diam-diam saat membaca dan mencintai karakternya ♥♥♥

 
Karakter Jung Won juga mempunyai daya tariknya sendiri; dimulai dari kebaikan hatinya - yang berhasil menaklukkan Geon Hyeong -, perhatiannya pada adik-adiknya, kepercayaannya terhadap keluarga, dan juga selalu mentaati peraturan keluarganya yang sangat banyak itu. Bahkan karakter tambahan seperti Shin Hee (yang mungkin mempunyai potensi menjadi seorang antagonis) dan Jae Hyun pun berhasil menjadi tambahan yang membuat cerita ini lebih menarik (terutama dalam faktor membuat cemburu satu sama lain). Aku juga sangat menyukai Jason (asisten sekaligus teman baik Geon Hyeong) yang menurutku juga tidak kalah menarik dibanding Geon Hyeong sendiri. Adik-adik Jung Won, Sung Won dan Hee Won, juga banyak membantu perkembangan ceritanya - terutama di bagian terakhir ! (no spoiler)

Selain alur cerita dan karakternya, aku juga menyukai pesan-pesan yang tersirat lewat cerita ini. Salah satu yang paling aku sukai adalah konsep kekeluargaan yang disampaikan lewat peraturan-peraturan yang selalu diingat oleh Jung Won dan adik-adiknya. Aku juga menyukai bagaiamana Jung Won berhasil mengubah Geon Hyeong lewat kebaikan hatinya; yang tidak malu untuk meminta maaf terlebih dahulu jika memang bersalah, dan selalu bersikap jujur. Ada banyak sekali hal yang aku pelajari lewat Jung Won dan kisah ini sendiri - dan tentu saja aku tidak akan membahas semuanya, agar yang belum membaca bisa menikmatinya sendiri :) Berikut adalah beberapa quote yang aku suka dalam buku 4 Ways to Get a Wife.
"Jika kau melakukan kesalahan, cepat minta maaf dan jangan ditunda-tunda. Meminta maaf bukanlah sikap seorang uyang kalah. Itu hanya bisa dilakukan oleh orang yang berani."
"Ibuku selalu mengingatkan agar kita tidak boleh melupakan utang kita. Lalu, ibuku juga berkata seburuk apa pun sifat orang tersebut, pasti ia juga mempunyai satu nilai positif dalam dirinya."
"Akan tetapi mau bagaimana lagi, tidak ada cara lain. Terkadang ada sesuatu yang harus kita relakan di dunia ini karena kita tidak bisa mendapatkan semuanya sekaligus."
Secara keseluruhan, I love this book! Saat membacanya, aku membaca perlahan-lahan, meresapi setiap kata dengan baik supaya dapat mengerti alur ceritanya secara maksimal; dan dapat aku katakan, hasil terjemahan kali ini terasa cukup luwes dan mengalir dengan baik. Aku benar-benar berharap buku 4 Ways to Get a Wife ini akan mendapat kesempatan untuk diangkat menjadi sebuah drama Korea - karena (seperti yang sudah aku katakan) saat membacanya aku tidak berhenti membayangkan adegan-adegan drama yang manis, hangat, dan membuatku tersenyum. Mudah-mudahan aku akan menemukan buku Korea-terjemahan lain yang akan aku nikmati seperti buku ini. Akan mencoba membaca karya Hyun Go Wun yang lain jika ada yang diterjemahkan lagi :))))

by.stefaniesugia♥ .

3 comments:

  1. Finaly, kak stefanie membuat ulasan novel ini juga, walaupun aku udah baca dari beberapa waktu yang lalu. Aku setuju dengan pendapat kakak. Novel ini sukses menjadi novel terjemahan korea favorite aku. Karena apa? dari mulai cara penerjemahannya aja udah bagus banget. Entah kenapa aku suka dan cocok aja. Berbeda dengan novel korea terjemahan penerbitharu sebelumnya yang udah aku nantikan dan berharap itu bagus namun ada sedikit kekecewaan setelah membaca novel tersebut. Sedanfkan ketika aku baca novel ini, aku merasa ini bagus sekali untuk dibaca dan sangat menarik juga dari sisi cerita :)

    ReplyDelete
  2. udah bcaaaaa,,bru selesai tdi malam bacanyaaa,,kerennnnn :)

    ReplyDelete
  3. Baru setengah buku bacanya, tapi memang buku ini terasa banget gambaran K-dramanya :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...