Friday, July 13, 2012

Book Review: My Name is Kim Sam Soon by Ji Su-Hyun

.
BOOK review
Started on: 10.Juli.2012
Finished on: 12.Juli.2012

My Name is Kim Sam Soon by Ji Su-Hyun

Judul Buku : My Name is Kim Sam Soon
Penulis : Ji Su-Hyun
Penerbit : Penerbit Haru
Tebal : 384 Halaman
Tahun Terbit: 2012
Harga: Rp 46,750 (http://www.pengenbuku.net)

Rating: 3.5/5

**Kim Sam Soon adalah nama yang terdengar sangat kampungan bagi orang Korea. 'Sam' berarti tiga dan 'Soon' biasanya dipakai untuk nama anak perempuan.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

"Hidup selama 29 tahun dengan nama Kim Sam Soon, selalu saja ada hal memalukan seperti itu. Saat ia memperkenalkan diri sebagai "Kim Sam Soon", enam dari sepuluh pria akan langsung tertawa terbahak-bahak, sedangkan empat orang sisanya berusaha untuk menahan tawa... dan sekarang adalah titik di mana ia benar-benar membenci nama Kim Sam Soon. Bahkan akhir-akhir ini hampir semua hal yang ia lakukan berakhir dengan buruk. Ia menduga penyebab kesialannya itu adalah namanya yang sangat buruk."

Kim Sam Soon, seorang wanita berprofesi sebagai patissier, berusia 29 tahun dan belum juga mendapatkan pasangan hidup. Ucapan yang sering ia dengar, bahwa "Bagi wanita berusia 30 tahun, lebih mungkin terkena ledakan bom atom daripada menemukan pria yang tepat" semakin membuatnya was-was dan ingin segera menemukan pasangan. Kim Sam Soon tentu saja pernah berpacaran; ia pernah berhubungan dengan seorang lelaki bernama Min Hyun Woo. Akan tetapi setelah cukup lama berpacaran dan Sam Soon sudah amat mencintainya, Hyun Woo memutuskan hubungan mereka secara sepihak dengan alasan akan pergi ke luar negeri. Sam Soon baru mengetahui lama setelahnya, bahwa Hyun Woo berpacaran dengan perempuan lain di hari ia memutuskannya.

Setelah melakukan balas dendam kepada Hyun Woo yang membuatnya kehilangan pekerjaan, tidak banyak yang dilakukan oleh Sam Soon selain mengikuti acara perjodohan dan les menyetir. Tak disangkanya bahwa kedua tempat itu membawanya bertemu dengan seorang lelaki bernama Jang Do Young, lelaki tampan yang kaya. Sama seperti Sam Soon, Do Young pun sering pergi ke tempat perjodohan karena dipaksa oleh Ibu-nya. Akan tetapi Do Young selalu mengacaukan setiap acara perjodohan dan selalu membuat sang wanita marah besar. Jang Do Young adalah seorang pemilik restoran mewah yang baru saja kehilangan seorang patissier andalannya. Dan saat Sam Soon tidak sengaja menabrakkan mobilnya ke mobil Do Young sewaktu les menyetir, keduanya bersepakat bahwa Sam Soon akan bekerja di restoran Do Young sebagai ganti rugi. Sejak awal keduanya tidak pernah akur, selalu adu mulut, dan seperti membenci satu sama lain; namun mereka tidak akan pernah menyangka apa yang terjadi berikutnya.


"Pria seperti Direktur ibarat penghibur atau tokoh dalam novel percintaan bagiku. Tidak nyata. Pria-pria seperti Anda, aku tidak akan menyukaimu."


Keluarga Sam Soon yang tidak terlalu mampu terlibat masalah finansial yang membuatnya harus mencari uang sebesar 50 juta won agar rumahnya tidak disita. Hal tersebut membawanya meminta pertolongan kepada Direkturnya: Jang Do Young, yang meminta Sam Soon berpura-pura menjadi pacarnya sebagai ganti uang 50 juta won tersebut. Tanpa bisa berbuat sebaliknya, Sam Soon menerima tawaran tersebut dan harus berpura-pura menjadi kekasih Do Young di depan Ibu lelaki itu. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, hubungan mereka pun semakin dekat dan tanpa sadar timbul perasaan yang berbeda di hati mereka masing-masing. Namun apa yang terjadi saat Sam Soon mengetahui bahwa Do Young selama ini tidak berpacaran karena menunggu mantan pacar yang amat ia cintai? Mantan pacar yang meninggalkannya 5 tahun silam ke Boston dan berjanji akan kembali lagi. Apakah lagi-lagi Sam Soon akan dikecewakan dan patah hati untuk yang kesekian kalinya?

"...Do Young merasa seperti bertemu Hee Jin yang dulu pernah dicintainya. Ia pun kembali teringat kenangan dengan Hee Jin. Kekagumannya terhadap wanita itu, juga rasa perih yang pernah dirasakannya."

Baca kisah selengkapnya di My Name is Kim Sam Soon.


Bagi yang sudah pernah menonton serial drama Korea "My Lovely Kim Sam Soon", pastilah buku ini tidak akan terdengar asing. Meskipun sudah lama sekali dan tidak bisa terlalu mengingat drama ini lagi, aku tetap tidak bisa berhenti membayangkan wajah Hyun Bin♥ (aktor pemeran utama pria) saat membaca buku ini. Dan karena kebanyakan sudah lupa dengan alur cerita dramanya, aku tidak akan melakukan perbandingan antara buku ini dan versi dramanya.

Tentu saja, alur cerita buku My Name is Kim Sam Soon ini adalah tipikal cerita yang cukup sering disuguhkan dalam drama Korea. Dimulai dari tokoh utama wanita yang sangat sial, terlihat menyedihkan, dan dalam keadaan yang putus asa. Kemudian bertemu dengan si pria tampan yang menyebalkan, banyak bertengkar dan saling menghina satu sama lain, tetapi akhirnya malah jatuh cinta. Kedengarannya memang cukup klise, namun entah mengapa aku tetap menikmati buku ini dan selalu merasa sedang menonton drama Korea saat membacanya. guilty pleasure, maybe? Bagian awal hingga menjelang akhir buku ini terfokus pada perkembangan hubungan antara Sam Soon dan Do Young; entah itu pertengkaran mereka, hubungan mereka sebagai pacar pura-pura, dan lain sebagainya. Meskipun ada sedikit kemunculan mantan pacar Sam Soon dan juga mantan pacar Do Young yang menimbulkan masalah, tidak ada masalah yang benar-benar bikin greget; sehingga keseluruhannya terasa sedikit datar. Menurutku secara pribadi, sekitar 100 halaman terakhirlah yang berhasil membuatku lebih excited karena Do Young jadi manis sekali dan adanya kesalahpahaman menjadikan ceritanya seru - i love conflicts! Akan tetapi meskipun pada setengah bagian buku ini tidak banyak masalah besar yang muncul, karakter Sam Soon dan Do Young yang menarik berhasil menyelamatkannya; membuatku terus membaca buku ini. Sayangnya, aku kurang begitu merasakan chemistry antara Sam Soon dan Do Young yang seharusnya bisa lebih kuat - entah karena terjemahannya atau memang begitu?

Berbicara tentang terjemahan buku ini, jujur saja pada beberapa bagian terasa membingungkan - aku tidak tahu siapa yang sedang berbicara, apakah kalimat ini percakapan atau hanya ada di dalam pikiran, dan terkadang juga maksud dari sebuah kalimat sedikit sulit dimengerti. Meskipun begitu, sebagai seseorang yang sedikit-sedikit mengerti bahasa Korea, aku mengerti kesulitan para penerjemah; karena ada beberapa istilah bahasa Korea yang sulit diterjemahkan menjadi bahasa Indonesia. Dan setelah membaca sebuah post di tumblr dari salah seorang tim penerjemah buku ini, yang mengungkapkan betapa susahnya mencari kosakata yang pas dengan bahasa aslinya, aku cukup bisa memaklumi gaya bahasa buku ini yang sedikit kaku - tetapi masih bisa cukup dinikmati dengan baik :)

Satu hal lagi yang harus aku katakan, bahwa aku jatuh cinta pada sosok Jang Do Young, si lelaki tampan full of charm, yang suka meledek dengan senyuman sinisnya, tetapi bisa jadi sangat penyayang dan setia. Bahkan dengan fisik Sam Soon yang tidak seberapa, ia bisa mencintai Sam Soon sedemikian rupa. Apalagi dengan tambahan sosok Hyun Bin di dalam imajinasiku, he's perfect. Di buku ini Sam Soon sempat mendeskripsikan tipe lelaki idealnya, yang cukup memenuhi tipe idealku juga:

"Orang yang hatinya baik... Orang yang sayang kepada orang tuaku dan bisa berkata kepadaku -meskipun berbohong- 'bagiku, kaulah yang terpenting'.... orang yang sebisa mungkin memelukku dengan kedua tangannya ketika aku lelah. Orang yang lebih banyak tertawa dibandingkan marahnya. Akan lebih bagus jika tawanya menyegarkan. Orang yang bisa mengepalai rumah tangga serta menikah dan tinggal bersamaku dan keluargaku... Orang yang bisa berkata dengan percaya diri pada ibuku, 'Aku ingin hidup dengan orang ini' dan ibuku pun berkata 'Bila dengan orang ini, baiklah.' "

Overall, buku ini tergolong cukup menyenangkan; meskipun dengan beberapa kekurangannya menurutku secara pribadi. Mudah-mudahan akan lebih banyak serial drama Korea yang diterbitkan bukunya dan diterjemahkan jadi Bahasa Indonesia. Mudah-mudahan juga untuk kedepannya, penerjemahan dari bahasa Korea bisa lebih bagus sehingga lebih nyaman dibaca :))

by.stefaniesugia♥ .

8 comments:

  1. Halo Stefanie~

    Dapet link blog ini dari GRI hehe.. Seru baca-baca blog buku Indonesia, ternyata banyak juga. :D

    Soal Kim Sam Soon, baru tau kalo novel ini udah diterjemahin ke bahasa Indonesia. Penasaran sama tim penerjemahnya, boleh tau tumblrnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga ^^ iya mmg skrg udah banyak anggota BBI, dan semakin bertambah bnyk ;))

      aku sempat baca posting salah satu anggota penerjemahnya disini: ttp://langitarasi.tumblr.com/post/26495668132/menerjemahkan-itu-susah-ini-bukti-nyatanya :))

      salam kenal ;)

      Delete
  2. Bagusan mana sama novelnya so i married with my anti fans??

    ReplyDelete
  3. Bagusan mana sama novelnya so i married with my anti fans??

    ReplyDelete
    Replies
    1. alurnya lebih baik So I Married the Anti-Fan kalau mnurutku :)
      tapi yah tergantung selera jg :))

      Delete
  4. Ni drama wajib nonton banget :'),, apalagi untuk penggemar hyun bin.. Soalnya dia disini masih muda dan fresh banget.. Padahal dia itu saat itu masih 23 tahun lhoo.. Eh malah dituain jadi 27.. Overall masih masuk sih, cuman ya itu keMUDAan banget kalo disandingin sama kim sun ah yang memang lebih tua dari dia..

    Tapi drama ini bener2 bagus, padahal dulu pertama kali nonton pas masih SD, hihi

    karakter utama nama cowok di novel sama filmnya beda yah ternyata,, pokoknya the best deh drama ini..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...