Monday, June 11, 2012

Book Review: Best Friends Forever by Orizuka

.

BOOK review
Started on: 8.Juni.2012
Finished on: 9.Juni.2012

Judul Buku : Best Friends Forever
Penulis : Orizuka
Penerbit : Puspa Populer
Tebal : 168 Halaman
Tahun Terbit: 2012
Harga: Rp 22,400 (www.puspa-swara.com/)

Rating: 4/5

Buku ini menceritakan kembali 4 sahabat baik; Sid, Cokie, Rama, dan Lando - yang diceritakan di High School Paradise dan Love United.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Buku ini dimulai dengan menceritakan bagaimana keempat sahabat ini bertemu; yaitu saat mereka masih duduk di bangku SMP Indonesia Jaya. Dimulai dari Sid, atau lengkapnya Sidharta Gautama; cowok berambut pirang yang pada hari pertamanya menemui banyak orang. Pertemuan pertamanya adalah ketika ia tak sengaja menginjak sepatu salah seorang murid, yang ia temukan bernama Orlando Aryan - atau lebih akrab disebut Lando. Orang kedua yang ia temui bermaa Cokie - yang berhasil membuat sekumpulan murid perempuan berkerumun di sekelilingnya, mengagumi sosoknya yang tampan. Dan yang terakhir adalah ketika ia melihat seorang murid yang tampak tenang dan terlihat seperti cerminan murid teladan yang bernama Rama.

Setelah perkenalan tentang bagaimana mereka bertemu pada awalnya, buku ini dilanjutkan dengan beberapa cerita pendek yang fokus pada setiap karakter satu-persatu. Dimulai dari cerita tentang kehidupan Lando yang berjudul Things to Treasure. Dalam bab ini, dikisahkan bagaimana dulu Lando adalah anak dengan keluarga yang berantakan, sehingga ia tidak mempunyai biaya untuk melanjutkan sekolahnya. Hal tersebut membuatnya terjerumus dalam pergaulan yang salah selama beberapa waktu. Sampai kemudian ia dipertemukan dengan Sid, Cokie, dan Rama. Awalnya Lando menolak setiap kali ia diajak bermain sepakbola bersama mereka; namun lama-kelamaan, ia mulai merasa nyaman bersama dengan mereka.

"Sekolah hanya untuk orang-orang kaya dan pintar. Dia tidak seberuntung itu."
Dilanjutkan dengan kisah Rama dengan judul You're Not Alone; yang menggambarkan dengan baik sifat dan karakter Rama yang dewasa dan berhati baik. Dimulai dari teman sekelas Rama yang bernama Wisnu, yang sudah absen untuk waktu yang cukup lama. Sebagai seorang ketua kelas yang baik, Rama mengantarkan catatan pelajaran ke rumah Wisnu. Akan tetapi yang tidak ia sangka, ia akan menemukan Wisnu berbaring lemah, setelah ia menjalani operasi untuk kanker otaknya. Tidak hanya itu, Rama pun mendapati kakak Wisnu yang bernama Lara menyimpan amarah dan kebencian terhadap adiknya. Dalam cerita singkat ini, dikisahkan bagaimana Rama pantang menyerah dan berusaha keras untuk membuat Lara mengerti dan menghapus kepahitan yang ada dalam hatinya.

"Detik berikutnya, Rama menyadari bahwa hidup itu terlalu singkat untuk disia-siakan."
Cerita tentang Sid, jika dibandingkan dengan dua kisah sebelumnya akan terkesan lebih ceria dan menyenangkan. Dengan judul Confession of the Drama Queens, cerita pendek ini adalah tentang Sid dan pacarnya yang bernama Julia. Permasalahannya terletak pada adik Julia yang bernama Tasya, yang sepertinya menaruh hati pada Sid. Akan tetapi Tasya belum mengetahui kenyataan bahwa Sid telah berpacaran dengan Julia. Cerita yang konyol sekaligus menghibur ini menceritakan kesulitan yang harus mereka lalui setelah Tasya mengetahui kenyataan tersebut.

Karakter terakhir adalah Cokie; dalam ceritanya yang berjudul Good Bye, diceritakan tentang hubungannya dengan Via sebagai sepasang kekasih yang sedang dilanda banyak masalah. Sebagai seorang perempuan yang memacari mantan playboy, Via harus melewati banyak cobaan dan ejekan dari banyak orang yang tidak bisa mempercayai bahwa Cokie memilihnya. Lewat cerita ini, ditunjukkan betapa susahnya mempunyai pacar yang sangat tampan dan dikagumi orang banyak, sedangkan Via sendiri hanyalah perempuan biasa saja.

"Tanpa gue sadari, gue ada di area nyaman, tapi nggak buat dia. Gue nggak pernah tahu gimana perasaan dia. Gue pikir dia seneng pacaran sama gue, kayak cewek-cewek lainnya. Gue nggak tahu, gue nggak pernah tahu."
"Dalam hati, semua orang pun berharap, bahwa apa pun yang terjadi, persahabatan mereka tidak berubah dan mereka tetap bisa bersama seperti ini."

Ingin tahu kelanjutan ceritanya secara lengkap, baca Best Friends Forever.



Sebenarnya waktu dulu buku High School Paradise terbit, aku belum pernah membaca karya Orizuka jadi sedikit ragu untuk membeli. Oleh karena itu saat membaca buku Best Friends Forever ini, aku merasa seperti sedang membaca kumpulan cerita pendek karena kurang begitu mengenal karakter-karakter yang terlibat di dalamnya. Meskipun setiap karakter mendapatkan kisah dan porsi-nya masing-masing, beberapa kali aku berpikir mengapa tiba-tiba jadi begini, atau kapan mereka mulai punya pacar; Akan tetapi aku yakin hal-hal tersebut pasti diceritakan di 2 buku yang sebelumnya yaitu High School Paradise dan Love United.

Meskipun aku tentunya merasa sedikit kurang puas karena aku tidak mengetahui sejarah 4 sahabat baik ini, aku tidak pernah kecewa dengan gaya penulisan Orizuka dan juga alur cerita yang ia pilih. Cerita-cerita yang ada sebenarnya cukup sederhana dan ringan, tetapi pada saat yang sama bisa mengundang emosi dan juga sangat menghibur. Selain itu, hal yang paling aku sukai dari buku ini adalah karakter-karakternya! Setiap dari 4 sahabat ini mempunyai ciri khas dan keunikan masing-masing; seperti Sid dengan rambut pirang dan gaya bicaranya yang ceplas-ceplos bisa sangat menghibur. Tidak jarang aku melihat Sid sebagai cowok yang usil tetapi menyenangkan. Di sisi lain yang sangat berkebalikan, ada Lando yang dingin dan tidak banyak bicara; tetapi tentu saja ada daya tarik sendiri dari seorang cowok yang cool. Rama yang dewasa dan bijaksana seperti selalu bisa menyeimbangkan sahabat-sahabatnya; setiap tindakan dan kata-kata yang ia ucapkan sangat mencerminkan sifat karakter ini dengan baik. Dan yang terakhir, meskipun dari segi sifat tidak begitu mencolok seperti tiga orang yang lain, ia mempunyai kelebihan secara fisik: tampan. Aku rasa faktor itu saja tentunya sudah bisa menarik perhatian ;) Jika harus memilih salah satu dari keempat karakter ini, pilihanku akan jatuh pada Sid. Meskipun aku juga suka sisi dewasa Rama, tetapi aku lebih senang dan terhibur dengan tingkah laku Sid.

Overall, buku ini sangat menyenangkan dan menghibur - sekaligus banyak hal yang bisa dipelajari di dalamnya. Bagi yang sudah membaca High School Paradise dan Love United, aku rasa kalian pasti akan mempunyai ikatan yang lebih dengan karakter-karakternya, sekaligus mengerti kisah dalam buku ini dengan lebih baik. Bagi yang belum membaca dua buku tersebut, aku rasa kalian juga bisa dengan mudah mengerti alurnya dengan baik (seperti yang sudah aku alami).



by.stefaniesugia♥ .

10 comments:

  1. Keren banget nama panjangnya Sid. Semoga orangnya semulia namanya. :)

    ReplyDelete
  2. hi, blogwalking. please visit anf follow my blog: www.cindypricilla.blogspot.com thanku :)

    ReplyDelete
  3. btw apakah kamu sendiri yg nyanyi di lagu-lagu yg ada tulisan covernya? Suaranya bagus :)

    ReplyDelete
  4. kayaknya aku pernah baca ini deh, dulu kak Orizuka bagi2 ebooknya g taunya dijadiin buku :))

    ReplyDelete
  5. @vaan: di ceritany sih konyol banget, g kayak namanya :P
    @cindy: visited :) itu cover2 dri youtube :))
    @peri hutan: iyaa, mmg di buku ditulis pernah dbagi ebook, tapi yg ini lebih lengkap katanya ;))

    ReplyDelete
  6. http://inungnazzr-sangdimensiwaktu.blogspot.com/
    visit and follow ya.!!

    ReplyDelete
  7. weeew aq blom dpet buku am ebook nyah ><

    ReplyDelete
  8. ....ehm sid ama julia emg co"k dhe.... krkter_a sma" kocak...
    .... lando pndiam amt ea.... ehm tpi pnter.... the best dhe novel_a....;)

    ReplyDelete
  9. claudia_samosir@yahoo.co.idNovember 23, 2012 at 4:45 PM

    kelemahan dan ke unggulan novel ini apa sih ka?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...