Friday, June 8, 2012

Book Review: Sweet Nothings by Sefryana Khairil

.

BOOK review
Started on: 7.Juni.2012
Finished on: 7.Juni.2012

Judul Buku : Sweet Nothings
Penulis : Sefryana Khairil
Penerbit : GagasMedia
Tebal : 314 Halaman
Tahun Terbit: 2012
Harga: Rp 38,250 (http://www.pengenbuku.net/)

Rating: 5/5

"Bahagia hanya ada dalam hidup orang lain, tidak pernah ada dalam hidupnya. Tidak pernah ada."
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
"Kalau saja aku punya pilihan lain, selain menyakiti kamu. Sayangnya, aku - bahkan - nggak mampu membayangkan suatu hari kamu meninggalkan aku."
Saskia Faiza - seorang janda berusia 38 tahun, beranak dua; pemilik sebuah toko kue bernama Sweet Sugar. Setelah kehilangan seorang pastry chef, Saskia sedang berusaha mencari pengganti yang bisa membantu pekerjaannya. Saat itulah sahabat sekaligus rekan kerja Saskia yang bernama Indira, memperkenalkan sepupunya yang adalah seorang pastry chef yang cukup ternama: Ghazy Harsa Erlangga - atau lebih sering disebut Chef Harsa. Melihat latar belakang Harsa yang cukup meyakinkan, Saskia tidak ragu untuk melakukan wawancara kerja dengannya. Hal yang tidak disangka oleh Saskia adalah, pertemuannya dengan Harsa akan mengubah kehidupannya.

Kesan pertama Saskia terhadap Harsa tidak terlalu baik. Saskia menilainya terlalu sombong dan terlalu percaya diri, meskipun ia tidak bisa mengelak bahwa penampilan fisik Harsa sesekali membuatnya melihat terlalu lama. Setelah beberapa lama Harsa mulai bekerja, entah mengapa Saskia merasa hatinya terusik dengan keberadaan lelaki itu. Harsa yang sejak awal memang sudah menaruh perhatian pada Saskia, berusaha mendekati dan mengenal perempuan itu lebih jauh. Tetapi ada satu hal tentang Saskia yang tidak diketahui Harsa; tentang masa lalu perempuan itu, yang membuat hatinya menjadi pahit dan membangun dinding yang tinggi dan tebal, membatasi dirinya dengan lelaki.

"Setia. Setiap laki-laki pada awalnya memang menunjukkan dirinya setia dan berjanji akan membuat bahagia. Tapi, pada akhirnya? Tidak pernah ada kata bahagia, meninggalkannya sendiri dengan hati penuh luka, dan tidak peduli apakah dirinya masih berdaya."
"Perempuan itu lebih memilih melarikan diri. Begitu tinggi dan tebal dinding yang dibangun Saskia. Bagaimanapun caranya ia meruntuhkannya, ia justru terbentur. Tapi ia tidak ingin berhenti berusaha. Ia ingin mengetahui lebih jauh tentang Saskia, tidak tahu kenapa dan untuk apa. Ia hanya merasa perasaan yang ada semakin menguat di dadanya dan ia ingin membuat Saskia percaya."

Sikap Saskia yang ketus dan selalu menarik diri itulah yang justru membuat Harsa semakin penasaran; membuatnya semakin ingin mengenal pribadi Saskia dan membuka hatinya.Tanpa Saskia sadari, hatinya telah diketuk oleh Harsa dan ia pun perlahan-lahan membuka pertahanannya yang selama ini ia bangun. Akan tetapi, masalah tidak selesai hanya dengan keduanya saling mencintai. Bagaimana dengan perbedaan umur mereka - Harsa yang lebih muda 8 tahun dari Saskia? Begitu pula dengan status Saskia yang adalah seorang janda. Saskia merasakan dilema yang begitu hebat; di satu sisi ia menginginkan kebahagiaan bersama Harsa, akan tetapi di sisi yang lain yakinkah ia kalau Harsa akan bahagia bersamanya? Saskia tidak ingin merasakan sakit hati yang pernah ia rasakan dulu. Lalu apakah keputusan Saskia?

"Mengapa begitu sulit rasanya mencintai Harsa? Mengapa begitu sulit menghilangkan ragu dan takutnya? Cinta yang terlihat sederhana, menjadi begitu rumit karenanya."
Baca kisah selengkapnya di Sweet Nothings.


Untuk kesekian-kalinya, buku Sefryana Khairil berhasil menghiburku sekaligus memainkan emosiku dengan sangat baik. Aku juga selalu menyukai karakter-karakter yang ada di dalam kisah-kisahnya, dan sudah secara resmi Sefryana Khairil adalah salah satu penulis lokal favoritku. Dalam buku Sweet Nothings ini, tidak banyak konflik yang diceritakan; bisa dikatakan hanya satu konflik yang terjadi dari awal hingga akhir - yaitu tentang hubungan antara Saskia dan Harsa. Meskipun begitu, segala sesuatunya mengalir dengan sangat baik dan manis. Dengan hanya satu konflik, aku rasa ceritanya menjadi sangat fokus dan permasalahan yang ada digali secara dalam. Aku juga sangat menyukai perkembangan hubungan antara Saskia dan Harsa - yang tidak tiba-tiba saja mereka langsung jatuh cinta, tetapi melalui proses yang manis dan membuatku turut tersenyum saat membacanya. Gaya penulisan Sefryana Khairil-pun sejauh ini belum pernah mengecewakanku; ia selalu berhasil menuliskan kisah yang manis dengan bahasa yang puitis; juga membangun perasaan setiap karakternya dengan baik.

Tentu saja, aku pun tidak bisa menyangkal kalau aku amat sangat terpesona dengan karakter:
♥ ♥ Ghazy Harsa Erlangga ♥ ♥
Aku tidak pernah menyangka bahwa seorang chef bisa menjadi se-charming yang digambarkan dalam buku ini. Setiap tingkah laku Harsa yang menggoda, kata-katanya yang terkadang terdengar terlalu sombong dan percaya diri sekaligus jahil, sikapnya yang tenang tetapi meyakinkan dan melindungi, perlakuannya terhadap anak-anak Saskia yang sangat kebapakan dan penyayang, dan terlebih lagi kemampuannya membuat pastry; semuanya membuatku jatuh cinta juga. *guilty pleasure* Entah ini karena aku merasa Harsa memenuhi kriteria lelaki idamanku atau memang ia demikian sempurna sehingga semua pembaca perempuan merasakan hal yang sama denganku ? ;P

Membaca buku ini juga beberapa kali membuatku ngidam karena keinginan yang besar untuk makan kue - apalagi kue buatan Harsa. Deskripsi dan detail yang ditulis dalam buku ini sangat baik sekali, membuatku terkadang merasa sedang berdiri di dalam dapur Sweet Sugar, mencium aroma harum coklat dan kayu manis, sambil melihat Harsa membuat adonan kue..... *guilty pleasure again*

So overall a great book for me! Meskipun tidak terlalu rumit dan berat - bahkan bisa dibilang cukup ringan, aku menikmati setiap halaman dalam buku ini dari awal hingga akhir (terutama bagian yang ada Harsa-nya!). Bahkan aku tidak bisa berhenti membaca seharian demi menghabiskan buku ini dan mencari tahu akhir kisah cinta Saskia-Harsa. Happy or sad ending? Baca sendiri and feel the sweetest taste of love ♥♥♥




by.stefaniesugia♥ .

7 comments:

  1. wih, stef ini selalu update buku terbaru, ini juga jadi wishlistku, dan aku juga sangat suka dg tulisan Sefryana Khairil. biasanya dia nulis cerita tentang rumah tangga kali ini sepertinya nulis sesuatu yang sangat di sukainya, memasak :)

    ReplyDelete
  2. Wow, 5 full stars Stef?
    It's must be awesome book!

    ReplyDelete
  3. covernya bagus dan dapat rating 5. Kayaknya bagus nih :)

    ReplyDelete
  4. @perihutan: hehehe soalnya ikutan PO ad ttd nyaa :D iyaa aku juga suka bangett :))
    @oky: iya kyy, ceritanya sih simpel, ringan - tapi suka banget sama Harsaa ;P
    @Rean: yupp, bagus kokk :)
    @nyi pede: makasiihh :))

    ReplyDelete
  5. gonna buy this book !
    Aku juga suka beli novel karna design covernya =))

    http://japobsganbare.blogspot.com/

    ReplyDelete
  6. harsaaa !
    Wew *.*
    suka banget yg kayak harsa gitu :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...