Thursday, June 7, 2012

Book Review: Seoulmate is You by Lia Indra Andriana

.

BOOK review
Started on: 5.Juni.2012

Finished on: 6.Juni.2012

Seoulmate is You by Lia Indra Andriana

Judul Buku : Seoulmate is You
Penulis : Lia Indra Andriana
Penerbit : Penerbit Haru
Tebal : 320 Halaman
Tahun Terbit: 2012
Harga: Rp 38,250 (http://pengenbuku.blogspot.com/)

Rating: 4.5/5

"Jika kebenaran itu beresiko, mampukah kau mengatakannya?"
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

"Manusia itu beruntung. Kehidupan itu anugerah terbaik yang pernah ada. Hidup cuma sekali. Manfaatkan sebaik-baiknya."

Perjalanan Kim Sun - yang mempunyai kemampuan melihat hantu - sebagai seorang mate yang bekerja di Seoulmate berlanjut. Setelah hantu pertamanya yang bernama Jang sadarkan diri dari koma dan kembali pada tubuh manusianya yang bernama Shin Ji Woo, Sun disibukkan dengan soul lain yang bernama Arang. Sehari-hari Sun tetap disibukkan dengan berbagai macam proposal yang harus dikerjakan bersama dengan hantu yang harus dipimpinnya. Akan tetapi semenjak ia menjadi kekasih Ji Woo, selalu ada sesuatu yang mengganjal di hati Sun. Selama ini, ia tidak pernah mengungkap kemampuan khususnya kepada Ji Woo, demikian juga dengan pekerjaannya di Seoulmate. Bagi Sun, mengatakan kebenaran tentang kemampuannya adalah hal yang amat beresiko. Ia sungguh takut terhadap reaksi Ji Woo atas kemampuannya yang unik itu.

Belum sempat Sun menceritakan rahasianya kepada Ji Woo, ia harus disibukkan dengan kehadiran si Hantu Rambut Mie yang selalu berteriak mengganggu kekasihnya. Dan menurut Siwon - ketua organisasi Seoulmate tempat Sun bekerja - ada sebuah organisasi yang bernama Memory Maker. Dan berdasarkan analisa Sun, Hantu Rambut Mie itu telah kehilangan ingatannya karena diambil oleh Memory Maker - sehingga ia tidak bisa mengingat jati diri dan masa lalunya; sekaligus masalah tertinggal apa yang perlu ia selesaikan. Sejak saat itu, Sun bersama Arang berusaha keras mencari tahu identitas si Hantu Rambut Mie itu. 

Di saat yang sama dalam kesibukannya menolong Hantu Rambut Mie, Sun memiliki perasaan terdesak untuk memberitahu kemampuannya melihat hantu kepada Ji Woo. Akan tetapi apakah hal tersebut harus dilakukan oleh Sun? Padahal Arang selalu memperingatkan Sun agar tidak memberitahu Ji Woo rahasianya karena akan berakibat fatal. Tetapi Sun tidak mau terus-menerus menyimpan kebenaran dan berbohong kepada Ji Woo yang amat ia sayangi.

"Kebohongan hanya bisa menyelamatkan keadaan sesaat saja, tapi mengacaukan masa depanmu. Tapi kebenaran ini beresiko. Dan kau sekarang berada di masa depan.
Dan sekarang aku ada di masa depan... Tanpa Ji Woo. Inilah resiko segala kebohongan di masa lalu. Kehilangan Ji Woo."

Apa yang akan terjadi pada hubungan Sun dan Ji Woo? Apakah Ji Woo percaya pada kemampuan Sun yang dapat melihat hantu? Dan apa sebenarnya rahasia di balik jati diri Hantu Rambut Mie? 

Baca kisah selengkapnya di Seoulmate is You.
 


Dibandingkan dengan buku pertamanya, aku harus bilang kalau aku jauh lebih menikmati buku yang kedua ini. Aku rasa alasannya sebagian besar adalah karena aku sudah mengerti tentang Seoulmate dan mengenal beberapa karakter yang turut terlibat. Di buku yang pertama, sebagian besar ceritanya adalah menjelaskan tentang apa itu Seoulmate, bagaimana cara kerja hantu di dunia manusia, dan detail-detail yang lain sebagainya. Sedangkan di buku yang kedua ini lebih fokus pada plot yang menurutku cukup menarik - oleh karena itu aku merasa lebih mudah untuk menikmatinya. (Klik disini untuk melihat reviewku untuk Seoulmate).

Hal pertama yang paling aku sukai dari buku Seoulmate is You adalah karakter Arang. Entah mengapa aku merasa karakter Arang lebih berkesan daripada karakter Sun yang galak. Secara tidak langsung, aku dapat melihat sifat setia kawan Arang yang selalu berusaha yang terbaik untuk menolong Sun, meskipun hal tersebut melanggar perintah. Bagian-bagian cerita di mana Arang terlibat selalu berhasil membuatku terhibur dengan tingkah lakunya dan karakternya yang ceria. Karakter kedua yang paling aku sukai adalah Siwon - ketua Seoulmate. Secara otomatis otakku langsung membayangkan Choi Siwon (Super Junior) jika menyebut nama Siwon. Apalagi Siwon yang ditulis dalam buku ini digambarkan tampan. Dan aku merasa ada latar belakang yang menarik pada karakter ini, yang sayangnya tidak diceritakan terlalu detail tentang hubungannya dengan Shin Yuri. Mungkinkah akan dibahas di buku yang berikutnya ? ;P

Selain dua karakter tersebut, penulisan dalam buku ini tentu saja sangat baik sekali - seperti karya-karya Lia Indra Andriana yang sebelumnya. Alur ceritanya pun menurutku jauh lebih menarik dibandingkan dengan buku yang pertama. Aku menyukai adanya twist yang tidak terduga di dalam cerita ini (oleh karena itu aku tidak menulis terlalu banyak di ringkasan cerita, supaya tidak spoiler). Aku hanya mengurangi 0.5 rating karena meskipun secara keseluruhan aku menyukai ceritanya, ada sedikit rasa kurang greget di dalamnya (menurutku). Selain terhibur dengan alur cerita yang unik seputar kehidupan hantu dan manusia, aku juga sangat menyukai detail-detail tentang negara Korea yang bisa didapat dengan membaca buku ini. Cukup sering digunakan bahasa Korea dalam buku ini, lumayan untuk menambah kosa-kata bahasa Korea.

Overall, a great book! Bagi yang belum baca buku pertama, aku rasa kalian bisa mengerti buku ini dengan cukup baik - karena dalam Seoulmate is You dibahas juga sedikit-sedikit tentang apa itu Seoulmate, pekerjaan Sun dan Arang sebagai soul dan mate, dan juga beberapa detail penting yang lain. Tetapi bagi yang ingin mengetahui semuanya dengan lebih jelas, dianjurkan untuk membaca buku pertamanya terlebih dahulu ;) And, one last question yang aku pertanyakan saat menutup buku ini: akankah ada seri yang ke-3? ;))


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
 

// Buku Seoulmate is You adalah sequel dari buku pertamanya yang berjudul Seoulmate. Dalam buku Seoulmate, diceritakan tentang awal mula bagaimana Sun bergabung dengan Seoulmate; dan juga tentang soul pertamanya yang diberi nama Jang - yang kemudian berakhir menjadi kekasihnya: Ji Woo. Bagi yang penasaran ingin tahu bagaimana kisah mula antara Sun dan Jang, jangan lupa untuk membaca seri pertama buku ini :))

Baca reviewku untuk Seoulmate disini.


by.stefaniesugia♥

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...