Wednesday, January 25, 2012

Book Review: Sunshine Becomes You


BOOK review

Started on: 24.January.2012
Finished on: 25.January.2012


I CRIED. well i guess it's not a surprise, because i've known Ilana Tan as someone who can write a story that plays well with the reader's heart. and i think this book is BETTER than - if not as good as - the 4 Seasons series. the story is not that complicated actually, but the emotions are just unbelievable! i still can't believe how much i cried while finishing the book... i've been reading a lot of emotional books lately, but this one made me cry the most. so without further rant about my crying, here's the review. 

-------
Alex Hirano dan Ray Hirano adalah kakak beradik; Alex, sang kakak, adalah seorang pianis terkenal. sedangkan Ray adalah seorang penari b-boy yang sekarang mengajar di sebuah tempat kursus bernama Small Steps. Ray sedang menemui kakaknya di apartemen lelaki itu, dan menceritakan betapa ia sedang menyukai seorang gadis bernama Mia Clark. Mia adalah seorang guru yang juga mengajar di Small Steps; ia adalah gadis periang yang disukai banyak orang, apalagi lelaki. gadis ini terkenal telah membuat banyak laki-laki jatuh cinta padanya; namun entah mengapa Mia tidak menaruh hati pada siapapun. ia memperlakukan semua orang dengan cara yang sama, menatap mereka dengan tatapan yang sama

suatu hari, ketika Ray hendak memperkenalkan Alex kepada gadis pujaannya, kecelakaan itu terjadi. Mia Clark yang sedang jatuh dari tangga, menabrak dan menimpa Alex Hirano yang sedang berjalan menaiki tangga. Ray tidak apa-apa. Mia Clark pun hanya terluka. akan tetapi sialnya, Alex Hirano sang pianis terkenal yang akan konser minggu depan itu, tangan kirinya terkilir dan harus di perban selama 2 minggu. semenjak hari itu, Alex menjuluki Mia sebagai malaikat kegelapannya.

penuh rasa bersalah dan penyesalan, Mia berkali-kali mencoba meminta maaf kepada Alex dan menawarkan bantuannya. akan tetapi Alex selalu menjawab dengan ketus dan penuh benci. Mia yang melihat betapa kesulitannya Alex hidup dengan hanya satu tangan, menawarkan untuk menjadi tangan kiri bagi lelaki itu. Alex yang memang sebenarnya butuh bantuan, akhirnya setuju.

"Tidak ada yang bisa menjamin tanganku bisa kembali seperti sediakala," balas Alex Hirano. "Dan semua itu gara-gara kau." .... "Baiklah," sela Alex Hirano tanpa menghiraukan kata-kata Mia. "Kalau kau memang ingin menjadi pesuruhku, kuizinkan kau menjadi pesuruhku."
sejak hari itu, dimulailah penderitaan Mia yang setiap hari harus disuruh-suruh oleh Alex. entah itu membersihkan rumahnya, membuatkan sarapan, belanja bahan makanan, sampai mengantarkannya kemanapun yang ia mau. Alex tentu saja amat membenci Mia, yang sudah membuat tangan kirinya tidak bisa digunakan. akan tetapi, seiring berjalannya waktu, entah bagaimana mereka jadi lebih mengenal satu sama lain. sejak Alex mengetahui Mia adalah lulusan Juilliard. sejak Alex melihat Mia menari. Sejak Alex melihat Mia tersenyum. sejak saat itulah semuanya berubah

tanpa ia sadari, Alex telah memberikan perhatian lebih kepada Mia. namun ia selalu mengingat bahwa Ray teramat mencintai gadis itu. apakah Alex akan tetap terus mengalah dan memberikan kesempatan untuk adiknya

"Sepertinya sekarang mau tidak mau mereka harus mulai berebut. Karena untuk yang satu ini Ray tidak ingin berbagi. Dan kalau dugaannya benar, ia yakin Alex juga tidak ingin berbagi." 
plot summary yang aku bahas di atas mungkin hanya mencakup setengah dari inti ceritanya :) karena aku sama sekali tidak berniat untuk membongkar rahasia-rahasia dalam cerita ini :)


untuk kisah lengkapnya, silahkan baca Sunshine Becomes You :)



jujur saja, ini pertama kalinya aku menangis begitu banyak sambil membaca buku. harus kuakui Ilana Tan adalah satu dari sedikit penulis yang berhasil membuatku menangis dengan ceritanya. seperti yang sudah aku katakan, jalan cerita novel ini sebenarnya tidak terlalu rumit, bahkan mungkin sudah dapat ditebak. hal yang aku kagumi dari tulisan Ilana Tan adalah bagaimana ia membuat pembaca mengenal karakter-karakternya begitu baik, menuliskan seolah pembaca juga dapat merasakan bagaimana mereka jatuh cinta, membuat kita begitu berharap mereka akan berakhir bahagia, dan meluluh-lantakkan semuanya dalam sekejap. menyesakkan hati sekali :'< 

akan tetapi, justru karena hal-hal emosional itulah yang membuat buku ini istimewa. aku jadi mengenal baik Alex Hirano maupun Mia Clark. dan chemistry antara keduanya sungguh luar biasa. semua yang diceritakan dalam buku ini, membuat kesan seolah mereka memang meant for each other :) 

karakter favoritku dalam buku ini tentu saja jatuh kepada:
♥Alex Hirano♥
dia adalah tipikal bad-guy-turned-good-guy yang sangat sering ditemui di novel-novel. Alex yang awalnya galak, ketus, tukang suruh-suruh; menjadi lembut, perhatian, penyayang, dan mau disuruh-suruh. aku sangat menyukai bagaimana Alex bisa mengenal kebiasaan-kebiasaan Mia dengan baik, bahkah hal terkecil sekalipun. dan juga cara Alex cemburu menurutku sangat manis sekali; ia mudah marah melihat Mia dekat dengan lelaki manapun. a little too protective, maybe. but still sweet & lovable.
tapi aku rasa siapa yang tidak akan jatuh cinta melihat tingkah laku Alex? ;*

"Tapi kurasa kau punya alasan sendiri kenapa kau tidak mau - atau lebih tepatnya, belum mau - mengatakan yang sebenarnya."... "Jadi aku tidak akan mendesakmu," lanjut Alex sambil menunduk menatap Mia. Seulas senyum samar tersungging di bibirnya. "Kau akan mengatakannya kepadaku saat kau memang ingin mengatakannya padaku."
"Seseorang pernah berkata padaku bahwa dia tidak tahu kenapa aku bisa mencintai orang seperti dirinya. Terus terang saja, aku juga tidak tahu. Kurasa aku termasuk salah satu orang yang merasa kau tidak membutuhkan alasan untuk mencintai seseorang. Karena cinta terjadi begitu saja. Kau tidak bisa memaksakan diri mencintai seseorang, sama seperti kau tidak bisa memaksakan diri membenci orang yang kau cintai."

GREAT BOOK! waiting to be blown away by Ilana Tan's next work :)
but now i need something light to read :1

*note: no spoiler. bagi yang mau tahu ending/spoiler, silahkan kirim email ke: stefanie_sugia@yahoo.com* hahaha :D

5/5 stars
by.stefaniesugia♥

15 comments:

  1. iya langsung masuk wishlist, kayaknya bakal jadi review pilihan gramedia nih :))

    ReplyDelete
  2. masih di wishlist juga.. belum sempat beli :)

    ReplyDelete
  3. Aku ga mau denger spoilernya ah~ mengurangi nikmat membaca.

    Btw, apa si Alex salah satu kandidat next top boyfriend?

    ReplyDelete
  4. @sabrina: siipp :)

    @mba sulis: hihihi kayaknya buku Ilana Tan nih bacaan wajib deh ;)

    @desty: segera beli nanti februari ;)

    @oky: hahahaa, iya lebih nikmat klo tau sndiri ;)
    pastinya! Alex d buku ini cool bgt soalny.. hihihi..

    ReplyDelete
  5. wow, jadi penasaran karena resensornya sampe nangis baca buku ini :).

    ReplyDelete
  6. aaaa~ keren skaliiii reviewmuuu~ uda baca juga nih, dan wah, saya juga langsung jatuh cinta seketika dengan sosok Alex Hirano ini. I wish Ilana Tan would make the sequel about Ray Hirano someday, and about Alex in the future. hiksssss. (masih termehek2 nihh) *sroot sroot*

    ReplyDelete
  7. @mba enggar: iyahh :'< ap mungkin aku yg trlalu melankolis yahh hihihi

    @Jessica: makasii :* iya bagus tuh kalo lanjutannya cerita ttg Ray ;)

    ReplyDelete
  8. nice review :)) izin follow ya.. dan salam kenal :)

    ReplyDelete
  9. Hei! Salam kenal.
    Baca novel ini emg bikin nangis! Paraaah! :')
    Nyesek bgtbgtbgt pas udh terakhir2nya. Penasaran bgt sm permainan piano Alex :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai jugaa :) salam kenal ;)
      iya bener bangett, smp keperes hatinya hihi..

      Delete
  10. aaaa samaaaa! Baca novel ini hasilnya bikin mata kaya abis ditonjok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa iya bikin hati diiris2 nih rasanya ;P

      Delete
  11. udah baca.. Dan rasanya sedih banget.. Ilana tan ku tunggu novel selanjutnya ber-happy-ending... Dan jgn lama2 launchingnya.. Aku ga sabar mau baca.. Oke oke? Hahaha
    yg blm baca cpt baca deh.. Seru.. Tokoh alex sm mia nya ngena bgt..
    Great.. Amazing.. Two thumbs up deh!

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...