Sunday, October 9, 2011

Book Review: Remember When

 BOOK review

Started on:  8.October.2011
Finished on: 9.October.2011

WOW. i just finished reading Remember When by Winna Efendi; and this is probably the best i've ever read from her :) i've read her works titled Refrain & AI; both also tells about the story of love & friendship. but i think this one is the best! (✿◠‿◠) so quickly on with the review (in Indonesian):

----
novel ini berkisah tentang 4 orang; bermula dari Adrian dan Moses - dua sahabat lelaki yang sangat bertolak belakang namun saling mengerti satu sama lain. Adrian adalah cowok populer di SMA mereka; bintang basket dan disukai oleh banyak orang. sedangkan Moses adalah tipikal murid lelaki yang rajin dan selalu mendapatkan nilai terbaik. ada pula Freya dan Gia - lagi-lagi sahabat perempuan yang sifatnya sama sekali berbeda namun bisa menemukan kecocokan dalam perbedaan mereka. Freya adalah cewek yang rajin, kaku dan tidak banyak bicara. padahal Gia adalah cewek cantik yang populer dan supel.

waktu mereka berempat masih duduk di kelas 1 SMA, Adrian menaruh rasa suka pada Gia yang cantik dan supel. mereka berbagi loker bersama dan saling menyukai satu sama lain. Moses pun juga tertarik pada Freya yang setipe dengannya; selalu membicarakan pelajaran dan hal-hal yang mereka sukai bersama. Adrian dan Moses pun akhirnya memutuskan untuk menyatakan perasaan mereka pada kedua cewek itu; dan hasilnya kedua pasangan pun lahir pada hari yang sama. 

cerita yang sebenarnya baru mulai 2 tahun kemudian, ketika mereka sudah menjadi murid kelas 3 SMA. keempat orang itu sudah saling mengenal dengan cukup baik karena mereka sering melakukan double-date. hubungan Adrian dan Gia masih seperti dulu, pasangan yang paling membuat iri satu sekolah. sedangkan Freya dan Moses juga masih tetap menjadi pasangan pasif yang tidak terlalu menunjukkan status pacaran mereka. namun banyak hal mulai berubah ketika Freya dan Adrian mulai mengobrol berdua. mereka sama sekali tidak menyangka bahwa mereka bisa merasa nyaman dan punya banyak kesamaan satu sama lain. terlebih lagi, hal yang lebih parah terjadi pada kejadian yang menjadi titik balik kisah ini: yaitu kematian mama Adrian. saat itu Moses dan Gia sedang mengikuti acara OSIS, sehingga Freya harus pergi dan melihat keadaan Adrian. Freya berusaha menghibur Adrian yang merasa sedih; terlebih karena Freya juga mengetahui bagaimana rasanya kehilangan orangtua. semenjak saat itu, Adrian mulai merasakan sesuatu yang lain pada Freya.

Adrian kemudian mulai merasa jenuh pada hubungannya dengan Gia; ia mulai mempunyai perasaan lebih pada Freya. sebenarnya Freya pun juga mempunyai perasaan yang sama. tetapi keduanya dihadapkan pada dilema yang sungguh sulit. Freya sama sekali tidak mau menyakiti Gia yang sangat mencintai Adrian; dan juga tidak mau melukai perasaan Moses yang sudah sangat menyayanginya. 

lalu apa pilihan mereka; perasaankah atau persahabatankah?
lebih seru kalau dibaca sendiri kelanjutannya ;)

menurutku novel ini ditulis dengan baik sekali :) karya terbaik dari Winna Efendi yang pernah aku baca. aku sangat suka dengan cara penulisannya yang enak untuk dibaca, dan ceritanya mengalir dengan baik. aku juga suka karena banyak kata-kata bagus yang tertulis di buku ini ;) dan meskipun tema yang diambil sudah cukup sering digunakan, emosi yang terdapat dalam cerita ini disampaikan dengan baik :) pada akhir cerita, semua permasalahannya juga diselesaikan dengan baik, jadi hati bisa dengan tenang menutup buku. ✿◕ ‿ ◕✿

ini adalah salah satu quote yang paling aku suka dari buku ini:
"Hidup juga kayak cuaca. Hari ini bisa hujan, besok bisa cerah. Tapi, lo nggak akan punya hujan selamanya, atau kemarau selamanya. Kita butuh pahit dan manis secara bersamaan, sebuah bentuk keseimbangan." (p.41)

 5/5 stars
by.stefaniesugia♥

1 comment:

  1. Sudah baca novel ini.. penasaran sama Refrain :(
    Kakak kok belum bikin reviewnya? Sepertinya dulu-dulu udah pernah deh. Aku belom baca Refrain soalnya. Mau mantepin dulu, baca-baca resensi..
    Hehe :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...