Sunday, January 24, 2021

Book Review: The Star and I by Ilana Tan

.
BOOK review
Started on: 16 January 2021
Finished on: 19 January 2021
 
 
Title: The Star and I
Author: Ilana Tan
Publisher: Gramedia Pustaka Utama
Pages:  344 pages
Year of Publication: 2021
Price: Rp 99,000 (https://www.gramedia.com/)

Rating: 3/5

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
"Adakalanya orang-orang yang menghilang adalah orang-orang yang tidak ingin ditemukan."
Olivia Mitchell dibesarkan dalam keluarga yang penuh dengan kasih sayang, namun sejak kecil ia selalu ingin tahu siapa orangtua kandungnya yang meninggalkannya di sebuah panti asuhan dulu. Oleh karena itu, saat ia mendapatkan kesempatan untuk bekerja di New York, Olivia tidak berpikir panjang untuk menerimanya. Sayangnya, mencari seseorang tanpa petunjuk yang jelas di kota besar seperti New York adalah hal yang nyaris mustahil. Tak lama kemudian, ia mendadak dipertemukan dengan Rex Rankin—sahabat masa kecilnya dan juga cinta pertamanya yang gagal. Rex hadir dan menawarkan bantuan kepada Olivia untuk mencari orangtua kandungnya. Akan tetapi, kenyataan sepertinya tidak seindah yang Olivia harapkan.
"Bagaimana jika Ollie justru akan jauh lebih kecewa setelah ia berhasil menemukan orangtua kandungnya?"
"Kulihat dunia dalam matamu
dan masa depan dalam senyummu...
Kuletakkan hati di tangan kananmu
dan hidup di tangan kirimu..."
Setelah sekian lama, akhirnya Ilana Tan kembali menerbitkan buku baru! Tanpa pikir panjang, aku langsung memutuskan untuk membeli dan membacanya karena Ilana Tan adalah salah satu penulis lokal favoritku. Beberapa orang temanku pun juga langsung memesan buku ini saat tahu buku The Star and I ini terbit. Aku memulai buku ini dengan ekspektasi yang cukup tinggi karena biasanya tulisan Ilana Tan selalu berhasil untuk memukauku. Oleh karena itu, aku cukup sedih karena akhirnya aku tidak menikmati buku ini sebaik yang aku harapkan 🥺.
 
Seperti buku Ilana Tan sebelumnya yang berjudul In a Blue Moon, buku ini juga ditulis dengan latar belakang kota New York—terutama di daerah Broadway, karena karakter utama dalam buku ini bekerja dalam dunia teater musikal. Ada dua hal yang menjadi bagian dari alur cerita dalam kisah The Star and I, yang pertama adalah tentang Olivia yang berusaha mencari orangtua kandungnya, dan yang kedua adalah hubungan antara Olivia dengan Rex—sahabat masa kecilnya. Alur ceritanya sebetulnya cukup sederhana dan klise, tapi biasanya Ilana Tan selalu berhasil membuat sebuah alur yang biasa jadi berkesan. Sayangnya, aku kurang bisa merasakan chemistry antara Olivia dan Rex dalam buku ini 😕, sehingga aku tidak terlalu peduli apakah mereka akan berakhir bersama atau tidak (walaupun sebenarnya sudah sangat bisa ditebak akhirnya akan seperti apa sejak awal).
"Ia tahu bayangan gelap dari masa lalunya tidak akan pernah hilang. Namun, ia tidak akan memandang ke belakang. Mulai sekarang, ia hanya akan memandang ke depan. Dan ia akan baik-baik saja."
Secara keseluruhan, aku merasa kisah The Star and I ini cenderung terasa datar dari awal hingga akhir. Pencarian orangtua kandung Olivia pun tidak begitu mendorong rasa penasaranku. Tapi setidaknya, perjumpaan Olivia dengan orangtua kandungnya bukanlah sesuatu yang klise dan aku bisa bersimpati dengan alasan mengapa ia meninggalkan Olivia di panti asuhan sejak bayi. Aku rasa itu adalah satu-satunya bagian yang berhasil menggugah emosiku; karena aku membayangkan bagaimana rasanya jika aku yang berada dalam posisinya sewaktu itu. Selain itu, ada beberapa karakter pendukung dalam buku ini yang aku rasa perannya tidak cukup berarti dalam perkembangan alur cerita, sehingga aku sempat mempertanyakan keberadaan mereka. Pada akhirnya, saat aku selesai membaca dan menutup buku ini, tidak ada kesan berarti yang tertinggal di dalam pikiranku 😭

Meskipun aku merasa kecewa dengan buku yang diterbitkan oleh Ilana Tan kali ini, aku tetap bisa menikmati penulisannya yang mengalir dengan baik—aku hanya mengharapkan alur cerita atau karakter yang lebih menarik 🙈. Setelah membaca buku ini, aku tidak tahu apakah aku akan tetap terus membaca karya Ilana Tan yang selanjutnya. Mungkin ke depannya kalau Ilana Tan menulis buku baru, aku akan menunggu dan melihat ulasan yang ditulis oleh orang lain baru memutuskan akan membacanya atau tidak 😄. Semoga aku bisa kembali menemukan novel-novel Indonesia yang berhasil memikat hatiku seperti dulu 💖.

by.stefaniesugia♥ .
 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...