Monday, March 9, 2015

Book Review: In a Blue Moon by Ilana Tan

.
BOOK review
Started on: 5.March.2015
Finished on: 6.March.2015

Judul Buku : In a Blue Moon
Penulis : Ilana Tan
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 320 Halaman
Tahun Terbit: 2015
Harga: Rp 56,000 (http://www.pengenbuku.net)

Rating: 5/5
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- 
"Lucas tidak bisa menemukan kata-kata yang pantas diucapkan ketika ia melihat wajah Sophie Wilson memucat setelah mendengar penjelasannya. Ia tidak pernah merasa seburuk ini sebelumnya. Ia ingin menarik kembali kata-katanya kalau bisa. Tetapi ia juga harus mengatakan semuanya apabila ia ingin Sophie Wilson mulai memaafkannya.
Hanya saja sepertinya Sophie Wilson tidak berencana memaafkannya."
Setelah sepuluh tahun tidak bertemu, Lucas Ford dipertemukan kembali dengan Sophie Wilson lewat kakeknya, Gordon Ford, yang ingin menjodohkan cucunya dengan gadis itu. Yang tidak diketahui oleh Gordon Ford adalah fakta bahwa Sophie telah membenci Lucas sejak sepuluh tahun yang laludan perasaan benci itu masih belum memudar. Lucas telah membuat masa SMA Sophie penuh dengan penderitaan dan ia sama sekali tidak tertarik dijodohkan dengan lelaki yang ia benci. Akan tetapi Lucas memiliki pemikiran yang berbeda, dan ia berusaha keras untuk meyakinkan Sophie bahwa dirinya telah berubah.

Seiring dengan berjalannya waktu dan usaha Lucas, hubungannya dengan Sophie pun mulai mencairakan tetapi itu tidak berarti semua berjalan dengan mudah. Di sisi Lucas ada Miranda Young, seorang model terkenal yang seringkali terlihat bersama lelaki itu. Dan kemunculan kembali Adrian Graves, sosok yang berperan besar dalam masa lalu Sophie, membuat segalanya semakin rumit.
"Semua orang menyukai Lucas Ford. Semua orang, kecuali Sophie.
Kekesalan Sophie terbit. Ini tidak adil. Kenapa hanya Sophie yang tahu siapa Lucas Ford sebenarnya? Kenapa orang-orang lain tidak bisa melihat apa yang dilihat Sophie?"
image source: here. edited by me.
Ilana Tan adalah penulis yang bukunya selalu aku tunggu-tunggu; dan aku rasa aku tidak sendiri dalam hal ini. Setelah menunggu beberapa tahun sejak Sunshine Becomes You, akhirnya Ilana Tan menerbitkan karya terbarunya. Aku sangat bersyukur karena terpilih sebagai salah satu dari 50 orang beruntung yang mendapatkan buku In a Blue Moon ber-TTD Ilana Tan ini bahkan sebelum bukunya terbit. Tentu saja aku langsung melahap habis buku ini dalam waktu yang singkat. Tidak perlu diragukan lagi, tulisan Ilana Tan selalu berhasil membuatku terpikat dengan cerita yang ia sampaikan.

Kisah yang ditulis dengan latar belakang kota New York ini sebenarnya menawarkan kisah yang cukup sederhanayang mungkin pernah ditemui dalam cerita-cerita lain. Seperti yang aku tuliskan dalam ringkasan cerita di atas, semuanya diawali dengan perjodohan tidak resmi dan Sophie yang sangat membenci Lucas. Dan love-and-hate relationship adalah salah satu jenis kisah cinta yang paling aku suka. Ilana Tan berhasil membangun chemistry antara kedua karakter utamanya dengan sangat baik; membuatku perlahan-lahan juga ikut jatuh cinta dengan karakter Lucas Ford dalam buku ini. Konfliknya sendiri tidak terlalu rumit, tetapi menurutku elemen yang berperan paling besar adalah penulisan Ilana Tan yang manis. Banyak sekali adegan dalam buku ini yang berhasil membuatku tersenyum-senyum sendirirasanya seperti sedang menonton film rom-com yang manis. Menjelang akhir ceritanya, aku agak sedikit khawatir karena beberapa kali Ilana Tan berhasil membuatku sedih dengan ending yang ia suguhkan dalam bukunya. Namun untuk kali ini, aku sangat puas dengan akhir kisahnya yang tetap manis, cute, dan fluffy hingga halaman terakhir :)
"Aku bersedia melakukan apa pun agar kau tetap berada di sisiku, bersamaku, selama kau juga menginginkan hal yang sama."
Faktor lain yang membuatku jatuh cinta pada buku ini selain penulisan Ilana Tan adalah karakter utamanya. Lucas Ford benar-benar berhasil membuatku jatuh cinta dengan karakternya, dan aku tahu pertahanan Sophie tidak akan bertahan lama menghadapi pesona lelaki ini. Aku sangat menyukai proses antara mereka berdua yang awalnya dingin, dan perlahan-lahan membaik hingga bisa menyebut satu sama lain teman. Salah satu adegan favoritku adalah saat Lucas memberikan panggilan chouchou untuk Sophie, yang berhasil membuatku tertawa sendiri saat membacanya. Dan tentu saja aku menyukai banyak momen-momen dalam ceritanya saat Lucas membuatku meleleh karena perilaku dan kata-katanya yang manis ♥. Aku juga cukup menyukai karakter Sophie Wilson yang pada awalnya sangat galak pada Lucas. Pemikirannya yang rasional dan tidak selalu dibutakan oleh rasa cemburu juga adalah personality Sophie yang aku sukai. Sophie pun belajar untuk melihat Lucas yang sekarang; mencoba percaya bahwa lelaki itu telah berubah dan bukan lagi sosok yang ia benci sepuluh tahun lalu.
"Aku juga sedang duduk di sini, minum kopi, dan mengobrol berduaan denganmu," katanya. "Itu tidak berarti aku selingkuh."
Secara keseluruhan, jika hanya melihat alur ceritanya saja, kisah ini mungkin akan terdengar klise dan cukup mainstream. Namun seperti yang aku sebutkan sebelumnya, menurutku penulisan Ilana Tan berperan sangat besar dalam buku ini—dan ia berhasil membuat cerita yang klise menjadi sesuatu yang manis dan berkesan untukku. Tentu saja, aku sangat menikmati bacaan yang cukup ringan ini dan tidak sabar menanti karya Ilana Tan yang selanjutnya :) Terakhir, aku ingin mengucapkan terima kasih sekali lagi untuk Gramedia karena sudah mengirimkan buku ini untukku sebelum bukunya terbit :') Semoga penggemar buku Ilana Tan yang lain juga bisa segera membaca buku ini :))


 
My autographed-copy, YAY!
 
by.stefaniesugia♥ .
 

19 comments:

  1. Terbit di toko bukunya tanggal berapa ce?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terbit di toko buku mgkn sekitar awal April :D Kalau ikut pre-order, bukunya dikirim tgl 20 Maret :))

      Delete
  2. Jadi pengen baca juga, tapi aku belum selesai baca Season Series. Baru 2 bukunya yang aku baca.

    ReplyDelete
  3. Sama kayak Kang Opan, baru baca dua buku yg season series, itu pun udah lama (yang Autumn dan Winter). Udah baca Sunshine juga tapi kurang suka.. :v
    Yang ini sampulnya cantik bangeeeeeet. :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku bacanya. Summer dan Autumn. Summer bagooos (secara abang ini suka yang berbau-bau Korea). Tapi Autumn gak gitu suka. Jadi belum lanjut lagi. :))

      Delete
    2. Iya yg ini emg sampulnya cakep bgttt :3
      Tergantung selera jg kali yah; soalnya aku suka semua bukunya Ilana Tan xD

      Delete
  4. Wah beruntung banget dapat bukunya sebelum terbit. Ilana bukunya bagus-bagus, penamaan karakternya juga unik, benar-benar menarik.Buku yang satu ini juga sepertinya menceritakan alur yang sangat menarik :)

    ReplyDelete
  5. Ow. Ow. Header baruuuu. Keren.

    ReplyDelete
  6. wah beruntung banget dapat edisi ttd, gimana caranya?
    aku masih po kemungkian akhir bulan baru nyampai hiks

    heiii btw seneng banget deh akhirnya Ilana Tan ada terbitin buku baru >////<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga tau juga gimana caranya, tiba2 dikirimin gitu aja xD
      Iya yg PO bukunya dikirim sekitar 20 Maret :D Aku jg seneng banget akhirnya Ilana Tan nerbitin buku baru :'D

      Delete
  7. Again, setelah baca reviewmu, jadi kepengen beli juga Stef >.<

    I love sweet moments between couples. Yang model cewek jutek dan cowok manis begini tipeku bgt hahaha

    Oh #oot sih but I wish I could arrange my book collection based on colors like yours. Jarang bgt yg ukurannya sama buku2 punyaku :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha kalo gitu mgkn bakal suka buku ini juga :D
      Yang aku urutin warnanya jg cuma terbitan Gramedia aja, yg lainnya males xD

      Delete
  8. Wuaww... buku nya belum terbit tapi udah ada review nya! >○< Daeeeeebakk~!^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih kebetulan dpt kiriman dri Gramedia xD

      Delete
  9. bole tanya, ceritanya happy ending atau sad ending ya? soalnya aku gak terlalu suka cerita sad ending T_T

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...