Friday, April 19, 2013

Book Review: Her Sunny Side by Osamu Koshigaya

.

BOOK review
Started on: 16.April.2013
Finished on: 18.April.2013

Judul Buku : Her Sunny Side
Penulis : Osamu Koshigaya
Penerbit : Penerbit Haru
Tebal : 224 Halaman
Tahun Terbit: 2013
Harga: Rp 43,350 (http://www.pengenbuku.net/)

Rating: 4/5
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
"Aku sendiri juga menyukai Mao, tetapi tidak pernah menjawab perasaannya karena malu. Ya. Malu. Aku tidak ingin bersama-sama dengan anak yang selalu saja diganggu. Kini setelah melihatnya tumbuh menjadi seorang wanita dewasa yang jelita, aku bisa kembali mendekatinya semudah membalik telapak tangan."
Setelah 10 tahun berpisah dan tidak bertemu, Okuda Kosuke bertemu kembali dengan teman masa kecilnya Watarai Mao. Pertemuan kembali mereka yang terjadi lewat pekerjaan sama sekali tidak terduga. Kosuke selalu mengingat Mao sebagai 'Anak Paling Bodoh di Sekolah', akan tetapi Mao yang dilihatnya sudah banyak berubah. Mao bukan lagi anak bodoh 10 tahun yang lalu, tetapi ia adalah seorang wanita karir yang cantik, cerdas, dan pandai berbicara. Perasaan antara keduanya yang telah terpisah selama 10 tahun pun kembali bersemi. Namun Kosuke tidak mengetahui rahasia yang ada di balik kehidupan Mao yang ceria.

Bertemu dengan Mao membuat Kosuke kembali mengingat berbagai kejadian yang ia alami 10 tahun lalu saat masih SMP. Mao adalah siswa yang dijauhi dan seringkali diganggu oleh anak-anak lain. Ketika suatu kali Kosuke berusaha membalas orang yang mengganggu Mao, akhirnya ia pun ikut dijauhi dengan label 'Si Tukang Marah'. Sejak saat itu, Mao selalu lekat dengan Kosuke. Kosuke pun mengajarkan banyak hal pada Mao yang sulit mengerti pelajaran. Mereka berdua hanya memiliki satu sama lain, dan entah bagaimana perasaan yang lebih dari sekadar teman itu sempat timbul. Akan tetapi Kosuke kemudian harus pindah rumah, dan ia tidak pernah bertemu lagi dengan Mao - hingga 10 tahun kemudian.
"Sudah lama aku tahu Mao dibesarkan sebagai anak angkat. Namun selain itu, aku tidak mengerti apa-apa. Seenaknya saja aku membayangkan apakah dia memang hidup terpisah dari orangtua kandungnya atau apakah mereka sudah meninggal. Sulit membayangkan Mao tidak ingat sama sekali akan masa lalunya."
Perasaan antara Mao dan Kosuke bertumbuh pesat, dan mereka tidak menunda rencana untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan. Meskipun kedua orangtua Kosuke dengan mudah menyetujui keinginan mereka, beda halnya dengan orangtua angkat Mao. Semakin menyelidiki kehidupan Mao, semakin Kosuke sadar bahwa ia tidak mengetahui banyak hal tentang wanita itu. Keduanya pun menghabiskan banyak waktu bersama dengan bahagia. Tetapi kebahagiaan itu tidak berlangsung lama saat perlahan-lahan sikap Mao yang ceria mulai berubah. Pada akhirnya, Kosuke akan mengetahui rahasia tentang Mao - meskipun dengan cara yang menyakitkan.
"Sifatnya yang periang dan bebas. Ternyata benar, Mao adalah Mao. Tidak. Atau dia hanya memaksakan diri tampil demikian? Ucapannya barusan berkesan seperti itu."
Baca kisah selengkapnya di Her Sunny Side.
image source: here. edited by me.
Buku ini adalah sebuah novel terjemahan dari bahasa Jepang, dengan judul asli Hidamari no Kanojo. Meskipun pada awalnya aku merasa sedikit bingung dan tidak mengerti ceritanya akan mengarah kemana, perlahan-lahan aku dapat menikmati ceritanya. Pembawaan ceritanya cukup mengalir dan berhasil membuatku penasaran untuk segera mengetahui ending ceritanya. Sebagai pengalaman pertamaku membaca buku terjemahan Jepang, buku ini menyuguhkan sebuah kisah cinta yang tidak biasa dan juga mengejutkan untukku.

Alur cerita yang aku tuliskan di atas memang tidak bercerita banyak - karena aku rasa ada banyak hal yang lebih baik dinikmati sendiri. Terlebih lagi karena ada banyak rahasia dan misteri yang akan perlahan-lahan terungkap dalam buku ini. Kisahnya dituliskan dari sudut pandang Kosuke, sehingga kita dapat mengetahui kebingungannya terhadap banyak hal. Dari awal cerita, alurnya seringkali maju-mundur dari keadaan saat ini dan juga masa 10 tahun yang lalu. Hal tersebut membangun karakter Kosuke dan Mao, dan tentunya juga membuat pembaca mengerti dengan masa lalu yang mereka alami. Kemudian ceritanya berlanjut dengan perlahan-lahan naik hingga mencapai klimaks ceritanya. Dan dalam perjalanan itu aku seringkali dibuat penasaran dengan apa yang akan terjadi - membuatku sulit sekali untuk berhenti membaca. Ending-nya tidak terduga dan meskipun penyelesaian jenis itu sama sekali tidak terlintas dalam pikiranku, aku rasa keseluruhan ceritanya ditutup dengan baik (no spoiler).

Buku ini hanya mempunyai dua tokoh utama yang menjadi pusatnya: Kosuke dan Mao. Kosuke adalah seorang lelaki yang canggung, pemalu, dan juga tidak pandai dalam mengungkapkan perasaan. Sedangkan Mao adalah wanita yang periang dan angin-anginan. Menurutku kedua karakter ini adalah kombinasi yang sangat manis karena mereka sangat berbeda satu dengan yang lain. Aku sangat suka dengan kebiasaan-kebiasaan Mao seperti tidur di atas tatami, menyenandungkan lagu The Beach Boys dengan gembira, dan lain-lain. Tingkah laku Mao yang menyenangkan itulah yang membuatnya menjadi karakter favoritku dari buku ini.

Secara keseluruhan, aku menikmati ceritanya yang ringan tetapi juga mampu membuat penasaran. Meskipun tidak ada terlalu banyak konflik di dalamnya dan juga terjemahannya terasa sedikit kaku, kisahnya membuatku penasaran dengan rahasia besar yang pelan-pelan terungkap. Penyelesaian ceritanya pun unik dan tidak terduga, seperti yang sudah aku sebutkan sebelumnya. Setelah membaca buku ini, aku berharap dapat membaca buku terjemahan Jepang lagi di lain kesempatan :) *Buku ini akan diangkat menjadi film, dan kabarnya akan rilis bulan Oktober 2013. Filmnya akan diperankan oleh Matsumoto Jun dan Ueno Juri :)

by.stefaniesugia♥ .

6 comments:

  1. Wah MatsuJun!! Jadi pengen nonton. Ehehe..

    ReplyDelete
  2. saya ga terlalu ngerti sama endingnya --"

    ReplyDelete
  3. Wah, dari dulu aku pengen baca novel terjemahan jepang tapi belum kesampaian -,-
    semoga bisa beli buku inii

    ReplyDelete
  4. Ueno Jurii, jadi pengen nontoon.. :) Sekaligus baca bukunya... Hehe.

    ReplyDelete
  5. Kak... novel ini udah ada di clearance sale belum? :3

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...