Tuesday, January 8, 2013

Book Review: Sungkyunkwan Scandal (Book 1) by Jung Eun Gwol

.
BOOK review
Started on: 21.December.2012
Finished on: 26.December.2012


Judul Buku : Sungkyunkwan Scandal 1
Penulis : Jung Eun Gwol
Penerbit : Noura Books
Tebal : 436 Halaman
Tahun Terbit: 2012
Harga: Rp 58,650  (http://www.pengenbuku.net/)

Rating: 4/5

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
"Di balik semua pakaian yang telah dilepasnya, dia mengikat dadanya kuat-kuat dengan heorigarigae. Heorigarigae itu digunakannya untuk menutupi bentuk tubuh aslinya. Meskipun begitu, di tengah-tengah suasana remang-remang dengan heorigarigae yang masih terpasang, tampak bahu yang agak bundar, garis punggung yang mengalir lembut, lekuk pinggang yang ramping, yang jelas-jelas milik wanita."
Kisah ini berlatar Korea pada abad ke-18, Dinasti Joseon; menceritakan tentang seorang perempuan bernama Kim Yoon-hee yang tinggal dengan Ibu dan adik laki-lakinya - Kim Yoon-shik - yang sakit-sakitan. Karena Ayah mereka telah meninggal, Yoon-hee terpaksa membantu keluarganya dengan bekerja kesana-kemari. Pada jaman itu, perempuan tidak diperbolehkan untuk mendapatkan pendidikan maupun bekerja. Yoon-hee yang pandai dan cerdas tertarik bekerja menjadi geobyeok - joki ujian; sebuah pekerjaan yang ilegal tetapi menghasilkan banyak uang. Akan tetapi untuk menjadi seorang geobyeok, ia harus lulus ujian negara; dengan nekat, akhirnya Kim Yoon-hee memutuskan untuk menyamar menjadi adik lelakinya: Kim Yoon-shik.

"Semua orang mengalami masa-masa sulit dalam hidupnya. Beratnya kesulitan itu hanya bisa dirasakan masing-masing orang. Belum tentu kita yang lebih muda menghadapi beban yang lebih ringan daripada mereka yang lebih tua. Oleh karena itu, tidak ada yang melarangmu untuk menangis."
Saat mengikuti ujian negara, ia bertemu dengan seorang pemuda bernama Lee Seon-joon: Putra Menteri Negara yang baik hati dan berwibawa. Yoon-hee banyak dibantu oleh Seon-joon dan sejak saat itulah mereka berteman. Meskipun Yoon-hee sama sekali tidak percaya diri dengan kemampuannya, pada akhirnya ia berhasil melewati serangkaian ujian dan bahkan mampu berkuliah di Sungkyunkwan. Demikian juga Seon-joon yang sangat berprestasi dan berhasil meraih hasil yang sempurna dalam setiap ujian; ia dipertemukan kembali dengan Yoon-hee saat mereka masuk Sungkyunkwan. Untungnya, Yoon-hee berhasil melewati segala macam kecurigaan bahwa ia sebenarnya adalah seorang wanita dan menjadi seorang mahasiswa Sungkyunkwan.

Segala sesuatunya menjadi semakin rumit saat Yoon-hee harus tinggal di asrama Sungkyunkwan - bahkan tidur sekamar dengan Seon-joon. Apalagi, ada satu lagi teman sekamar mereka yang lebih sering disebut Geol-oh, yang artinya kuda liar; seorang mahasiswa Sungkyunkwan yang suka mencari masalah dan ditakuti banyak orang. Ada pula Yong-ha, yang adalah seorang pecinta wanita - dan ia dapat merasakan bahwa sebenarnya Yoon-hee adalah wanita dan berniat untuk membuktikan kecurigaannya. Dengan demikian, dimulailah kehidupan mereka sebagai mahasiswa Sungkyunkwan; dan setiap hari Yoon-hee harus hidup dengan was-was karena takut identitasnya terungkap.
"Bukankah dia telah melakukan kecurangan karena dirinya seorang wanita, meminjam papan nama Yoon-shik, dan orang yang bersalah karena menjadi pemberi jawaban ujian untuk orang lain? Di samping itu, sebelumnya dia melakukan pelanggaran hukum karena pernah menjadi seorang sasu. Jika akhirnya Kaisar tahu secara sekilas bahwa dia seorang wanita, bukan hanya dirinya, melainkan juga adik dan ibunya akan menghadapi hukuman mati. Oleh karena itu, apa pun yang terjadi, dia harus bersembunyi."
Tanpa Yoon-hee sadari, perlahan-lahan ia menaruh hati pada Seon-joon yang selama ini telah bersikap sangat baik kepadanya. Akan tetapi ia tidak bisa mengungkapkan perasaannya saat ia sedang menjadi Kim Yoon-shik, yang adalah seorang lelaki. Bagaimanakah nasib Yoon-hee pada akhirnya, apakah identitasnya sebagai seorang wanita yang menyelundup masuk ke dalam Sungkyunkwan akan diketahui pada akhirnya?

Baca kisah selengkapnya di Sungkyunkwan Scandal.


Setelah beberapa kali membaca buku terjemahan Korea, kali ini aku memberanikan diri mencoba buku yang telah dibuat serial drama-nya - dengan harapan plotnya lebih bagus dibandingkan dengan yang tidak dijadikan serial. Sungkyunkwan Scandal adalah sebuah buku historical fiction dengan latar abad ke-18 dinasti Joseon - sehingga kebudayaan dan gaya hidupnya tentu saja masih jaman dulu; antara lain adalah bahwa perempuan tidak berpendidikan pada waktu itu. Untungnya, aku belum pernah menonton serial drama Sungkyunkwan Scandal ini; jadi aku sama sekali tidak ada bayangan ceritanya akan berjalan seperti apa. Meskipun begitu, aku menikmati Sungkyunkwan Scandal dengan cukup baik - walaupun butuh waktu lama bagiku untuk menyelesaikannya.

Fokus utama cerita ini adalah tentang Yoon-hee yang menyamar sebagai seorang lelaki untuk masuk ke Sungkyunkwan dan membantu keluarganya; dan tentu saja perasaan Yoon-hee terhadap Seon-joon yang telah banyak membantunya - tetapi tidak bisa ia ungkapkan karena ia sedang menyamar sebagai seorang lelaki. Sebenarnya alur cerita buku ini sedikit datar dan tidak terlalu banyak konflik yang muncul dalam kisahnya; hanya ada banyak karakter pendukung seperti Geol-oh dan Yong-ha yang membuat ceritanya menjadi lebih semarak dan menghibur. Masalah utama yang cukup sering muncul ke permukaan adalah ketakutan Yoon-hee bahwa identitasnya yang sebenarnya akan terungkap, dan juga permasalahan cintanya dengan Seon-joon yang tidak mengalami perkembangan berarti. Aku tidak bisa berkomentar banyak saat ini, karena aku tidak tahu apa yang akan terjadi dalam buku ke-2. Semoga di buku yang ke-2, konfliknya akan mulai memuncak dan ada banyak emosi yang muncul dalam setiap karakternya.

Song Joong-ki and Yoo Ah-in :))))))
Setiap karakter yang ada dalam cerita ini memberikan kesan mereka masing-masing. Yang paling berkesan untukku adalah Geol-oh (yang bernama asli Moon Jae-shin) dan Yong-ha (yang biasa disebut Yeorim). Yong-ha adalah tipe lelaki yang suka bermain-main dengan wanita, bisa disebut sebagai womanizer; sedangkan Geol-oh adalah lelaki yang suka mencari masalah - tetapi karakternya tidak terasa begitu menyeramkan, bahkan terkadang aku merasa Geol-oh sangat unyu saat digoda oleh Yong-ha. Dalam buku ini, aku merasa Geol-oh menaruh banyak perhatian (bahkan mungkin perasaan) pada karakter Yoon-hee. Aku sangat tidak sabar untuk mengetahui perkembangan ceritanya di buku selanjutnya xD

Salah satu hal yang menurutku harus dibahas adalah terjemahannya. Aku merasa cukup senang dengan adanya Glossary di bagian belakang buku yang menjelaskan arti beberapa kata-kata bahasa Korea yang digunakan dalam ceritanya. Aku lebih menyukai penggunaan glossary, daripada penerjemahnya memaksakan diri untuk menerjemahkan kata-kata sulit menjadi bahasa Indonesia. Hanya tentu saja terasa sedikit merepotkan karena sebentar-sebentar harus membalik ke halaman paling belakang demi melihat arti sebuah kata dalam bahasa Korea. Apalagi aku terlalu malas untuk mengingat arti, sehingga saat kata itu muncul untuk kedua kali aku masih harus tetap melihat ke belakang. Secara keseluruhan, terjemahannya bisa kumengerti dengan baik; meskipun memang masih terasa sedikit kaku - tetapi aku rasa ini adalah hasil terjemahan yang baik :) Hal lain yang perlu ditekankan adalah typo. Kesalahan ketik akan menjadi sangat fatal dalam buku terjemahan - karena pembaca tidak mengetahui tulisan aslinya. Aku sempat menemukan beberapa typo dalam buku ini, dan aku harap hal tersebut tidak akan terjadi lagi pada buku selanjutnya :)

Overall, cerita ini dapat kunikmati dengan baik - dan aku tidak sabar menantikan buku keduanya terbit. Membaca buku ini tentu saja membuatku ingin menonton serial dramanya - yang aku yakini akan terasa lebih menyenangkan dan menghibur; karena bisa melihat para aktor dan aktris memainkan ceritanya secara nyata (apalagi ada Song Joong-ki - salah satu aktor favoritku - yang berperan sebagai Yeorim). Memang dramanya sudah cukup lama - sekitar dua tahun yang lalu - tetapi aku akan tetap menontonnya setelah selesai membaca bukunya ^^


by.stefaniesugia♥ .

7 comments:

  1. Suka banget sama Geol Oh!!!!
    Paling suka scene ini: http://nootherreason.tumblr.com/image/9164911765

    Heee ini buku pertama? Kirain cuma 1 buku. Males baca jadinya kalo series. Aku malah udah nonton dramanya dan agak nggak ngerti kasusnya mungkin karena banyak intrik2 yang akan lebih jelas kalo baca di bukunya ya.. Kalo terjemahan kan suka meleset2 tuh dari makna aslinya.. Tapi Song Joong Ki sih menghiburrr bangeettt

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi xD
      di bagian blakang bukunya sih ada tulisan "nantikan Sungkyunkwan Scandal 2", berarti ad lanjutanny :D
      aku msh lg donlod dramany , pengen liat Song Joongkiii xDD

      Delete
  2. Huwaaa akhirnya kamu ngereview buku ini Stef! Yes.

    aku suka bgt sama dramanya, my fave of course SJK dong haha. Keren bgt dia maninnya. Yong-Ha dan Geol-oh chemistrynya dapat bgt dah. Walaupun mereka sama-sama cowok *ini komentar bias dan menjerumus*

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaaaaa jd gk sabar liat dramanyaaa xD dgr2 sih YongHa sm Geol-oh bromance-nya patut ditonton xDD hihihi

      Delete
  3. nah.... ini dia nih....
    aku juga belum nnton dramanya, padahal file-ny bahkan kasetnya ada di kamar...

    banyak yang bilang dramanya bagus, tapi kalo di jabarkan lewat tulisan biasanya bakalan lebih berkesan, bener gak stef? kadang bakal bisa membuat imajinasi pembaca semakin liar dan memetahkan karakter yang ada di drama... huwakakak :))

    satu hal, covernya manissss sekalih.... ><

    ReplyDelete
  4. i love the book,,, i love the drama,,,
    this is the only Korean NOvel i've ever read,, and the only K-drama I've Ever Seen :D

    geol-oh cool,,,hihih,, he is the only one Korean guy that i acknowledged,,hehehe...

    kamu belum nonton dramanya? awalnya agak bikin bosan sih,, mulai eps 5an aku baru mulai suka,,endingnya out of expectation malahan,,, :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...