Friday, November 16, 2012

Book Review: Hanami by Fenny Wong

.
BOOK review
Started on: 5.November.2012
Finished on: 12.November.2012

Judul Buku : Hanami
Penulis : Fenny Wong
Penerbit : GagasMedia
Tebal : 456 Halaman
Tahun Terbit: 2012
Harga : Rp 45,050 (http://www.pengenbuku.net/)

Rating: 3.5/5
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
"Aku begitu sedih kemarin ketika tahu mungkin Ayah telah membuangku... Namun, dalam pelukan Keigo tadi, aku sadar, pikir Sakura dalam hati, tersenyum pada foto yang dipegangnya, untuk apa mengejar-ngejar orang yang tidak menginginkanku... ketika yang begitu menyayangiku ada tepat di hadapanku?"
Nishikado Sakura, seorang gadis yang tidak pernah tahu tentang keluarganya. Satu-satunya orang yang ia kenal adalah Kawaguchi Keigo - lelaki yang tinggal bersamanya sejak kecil dan ia panggil Kakak, meskipun mereka tidak mempunyai hubungan darah dan mempunyai marga yang berbeda. Sakura selalu mempertanyakan tentang masa lalu dan orangtuanya kepada Keigo, tetapi ia tidak pernah memperoleh jawaban. Hingga suatu saat takdir menuntunnya, mempertemukan Sakura dengan jawaban yang selama ini ia cari-cari.

Semuanya bermula saat Sakura bertemu dengan seorang Nenek yang merasa Sakura mirip dengan seseorang yang dikenalnya dulu. Nenek yang tidak sengaja ia temui itu ternyata pernah mengenal baik Ibu Sakura yang sudah meninggal: Tsubaki. Lewat sebuah foto yang ditunjukkan Nenek itu, Sakura melihat foto Ibunya, bersama seorang pria dan anak laki-laki bernama Sakamura Jin. Rasa penasaran Sakura memicunya untuk mencari orang-orang yang ada dalam foto tersebut: yang ia duga adalah Ayah dan Kakak tirinya.
"Sejak dari pertama kali Sakura dilahirkan, Keigo-lah yang ditugaskan untuk menjaganya. Keigo ingat ayahnya berkata padanya, "Ia adikmu. Jaga dia.""
Keigo yang selalu menjaga Sakura tentu saja tidak setuju dengan keinginan gadis itu untuk mencari Sakamura Jin. Akan tetapi tekad Sakura yang begitu besar tidak bisa dibendung dan pada akhirnya ia menemukan lelaki yang ia percaya adalah Jin. Pertemuan pertama Sakura dengan Jin tidak begitu menyenangkan, karena lelaki itu begitu menutup dirinya bahkan terkesan membenci keberadaan Sakura. Meskipun begitu, sikap Sakura yang terus memaksa Jin dengan memanggilnya Kakak memicu amarah Jin; membuatnya teringat dengan masa lalu yang membuatnya terluka. Dalam hatinya, Jin membenci Ibu Sakura karena sudah membuatnya kehilangan seorang Ayah. Dan pertemuannya dengan Sakura, malah memancingnya untuk melakukan hal yang sama kepada gadis itu seperti yang telah dilakukan Tsubaki kepadanya.
"Mungkinkah ini adalah kesempatannya mendekati Sakura? Mendekatinya, perlahan-lahan, sebagai kakak tiri pada awalnya, tetapi menyakinkan Sakura bahwa itu adalah cinta seorang pria pada akhirnya. Segalanya akan membuat Jin keluar dari belenggu kesepian, tetapi juga pada saat yang bersamaan, mendapatkan kesempatan untuk membalas dendam."
Apa sebenarnya masa lalu Sakura yang terus berusaha Keigo tutupi? Bagaimana kelanjutan hubungan antara Sakura dan Sakamura Jin? Pada akhirnya, semua rahasia akan terungkap; dan sebuah pembalasan dendam dapat menjadi senjata yang memakan tuannya sendiri.

Baca kisah selengkapnya di Hanami.
image source: here. edited by me.
Ini adalah kedua kalinya aku membaca karya Fenny Wong, setelah sebelumnya pernah membaca Moonlight Waltz; dan aku jauh lebih menyukai Hanami :) Sejak awal melihat tebal bukunya yang tergolong cukup banyak, aku sudah mempersiapkan diri untuk membaca sebuah kisah dengan konflik yang rumit. Hal ini terbukti sejak halaman-halaman awal yang penuh dengan rahasia dan misteri, yang kemudian diungkap perlahan-lahan. Gaya penulisan Fenny Wong yang sendu membuat suasana ceritanya semakin terasa mellow.

Ringkasan plot yang aku tuliskan di atas hanya menceritakan sangat sedikit sekali, karena ceritanya masih panjang dan tentu saja untuk menghindari spoiler. Jujur saja, aku berharap banyak pada alur cerita dalam buku ini; karena dari awal cerita, hubungan Keigo dan Sakura yang bersaudara tetapi tidak sedarah dan tinggal serumah itu sangat memicu rasa penasaran. Konflik utama dalam buku ini tentu saja adalah misteri di balik masa lalu keluarga Sakura - tidak akan aku ceritakan juga dalam review ini, supaya tidak spoiler. Sebenarnya aku merasa konfliknya sangat bagus, sebuah kisah drama keluarga yang rumit; sayangnya aku merasa dibuat penasaran terlalu lama dan perkembangan cerita jarang terjadi. Sehingga pada beberapa bagian aku merasa ceritanya terus-menerus berputar di tempat, padahal aku sangat penasaran dengan pengungkapan masalahnya. Mungkin aku sedikit berharap ada konflik sampingan yang meningkatkan excitement sembari misteri utamanya diungkap secara perlahan-lahan. Meskipun begitu, pembawaan ceritanya yang baik membuatku bertahan membaca kisahnya hingga akhir; dan akhirnya mengetahui masa lalu kelam kedua orangtua Sakura. Aku sangat menyukai kisah masa lalu yang menjadi jawaban dari misteri cerita ini; aku yakin penulisnya telah memikirkan semuanya dengan sangat baik :)

*on a side note, bagian yang paling aku sukai adalah ending-nya; sebuah twist kisah cinta untuk Keigo yang membuatku tersenyum lega.

Overall, buku ini bagus dengan konflik drama keluarga yang menarik. Aku senang karena aku rasa Fenny Wong telah berkembang jauh lebih baik dibanding karyanya yang pernah aku baca sebelumnya. Semoga tetap terus berkarya, ditunggu buku selanjutnya :)))

by.stefaniesugia♥ .

1 comment:

  1. PENGEN BACAA!!!
    Tapi tau kapan mau belinya. Hux!!

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...