Tuesday, November 20, 2012

Book Review: Close to You by Clara Canceriana

.
BOOK review
Started on: 13.November.2012
Finished on: 16.November.2012

Judul Buku : Close to You
Penulis : Clara Canceriana
Penerbit : Penerbit Haru
Tebal : 264 Halaman
Tahun Terbit: 2012
Harga : Rp 36,125 (http://www.pengenbuku.net/)

Rating: 4/5
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
"Aku beri tahu. Penolakan itu sudah menjadi bagian dari perjalanan kita. Kalau kau takut, jangan pernah jatuh cinta!"
Kisah ini dimulai dengan memperkenalkan seorang lelaki bernama Bayu, yang sedang melakukan studi di Kwanghan University, Korea. Ia adalah tipe lelaki yang terkesan lemah, berbicara pun seringkali gagap, dan bisa dinilai sebagai pengecut. Ada pula seorang perempuan bernama Hara, gadis Korea yang terkenal dengan sikapnya yang galak. Saat keduanya bertemu, tentu saja terjadi keributan - karena Hara selalu tidak tahan dengan sikap Bayu yang lemah. Keduanya tidak pernah menyadari, bahwa mereka lebih dekat daripada yang mereka duga.

Bisa dibilang Bayu merasa gugup dan terintimidasi dengan keberadaan Hara yang galak itu. Tidak pernah ia bayangkan sebelumnya bahwa Hara akan menjadi partner barunya, yang akan membantu dan membimbing Bayu selama sisa waktunya di Seoul. Sudah jelas terbayang di pikiran Bayu bagaimana hari-harinya akan menjadi mengerikan bersama dengan Hara. Terlebih lagi mood Hara yang menjadi buruk setiap kali bertemu dengan mantan kekasihnya, Shin Kang - yang kembali berusaha mendekatinya setelah dulu pernah menduakannya. Alhasil, Bayu-lah yang seringkali menjadi sasaran Hara. Namun justru lewat beberapa kejadianlah, Bayu merasa semakin dekat dengan perempuan itu dan mulai melihat sisi lain dari Hara yang tidak diketahui orang lain.
"Takdir itu seperti permainan yang tak bisa dihindari. Dan, Hara sedang terjebak di dalamnya, di antara perasaan untuk dua orang, tapi ternyata hanya ada satu yang benar."
Sebagai seorang lelaki yang pemalu dan bahkan tidak pernah menjalin hubungan cinta, Bayu cukup dekat dengan seorang perempuan bernama Lee lewat Skype - dengan nama samaran Alex. Keduanya berhubungan cukup baik meskipun tidak pernah bertemu satu sama lain. Dengan Lee, Bayu dapat merasa nyaman dan menceritakan apa saja yang terjadi dalam hidupnya. Sudah sejak lama Bayu menyimpan perasaan khusus pada Lee. Akan tetapi bagaimana jika pada saat yang bersamaan dalam hatinya juga muncul perasaan istimewa terhadap Hara. Apakah mungkin seorang lelaki seperti Bayu dapat memperoleh cinta Hara? Apakah Shin Kang-lah yang berhasil meraih kembali hati mantan kekasihnya?

Baca kisah selengkapnya di Close to You.
image source: here. edited by me.
Ini adalah kali pertama aku membaca karya Clara Canceriana, dan aku juga sudah mempersiapkan diri jika buku ini menyuguhkan tipikal cerita Korea yang sudah cukup sering aku temui. Akan tetapi ternyata buku Close to You ini memberi kejutan yang berbeda kepadaku. Aku sangat menyukai bagaiamana penulisnya keluar dari tipikal karakter utama kisah Korea yang sempurna; dan memilih karakter Bayu yang sifatnya tertutup bahkan cenderung pengecut. Dan juga karakter Hara yang lebih kuat dan dominan dibandingkan dengan Bayu membuat cerita ini sudah menarik sejak awal. Terlebih lagu, background masa lalu yang membentuk sifat dan kepribadian mereka juga diceritakan. Dengan keunikan karakter itu sendiri, aku sudah mempunyai kesan yang baik terhadap buku ini.

Alur ceritanya sendiri tidak begitu istimewa; bahkan mungkin sudah pernah ada cerita yang seperti ini. Bagiku, jalannya cerita bahkan hingga ending-nya sudah dapat tertebak. Sebenarnya aku sedikit berharap Kang akan berperan lebih banyak dalam ceritanya dan memberi konflik yang lebih exciting pada cerita ini. Sayangnya, Kang hanya seperti peran sampingan yang tidak mendapat bagian apa-apa. Untungnya saja, pembawaan ceritanya yang cukup menyenangkan dan mudah dinikmati berhasil membuatku membaca kisahnya hingga akhir.

Secara keseluruhan, aku menyukai buku ini dan menikmatinya dengan baik. Meskipun plot-nya biasa, pilihan karakternya yang unik dan jarang kutemui-lah yang membuatku memutuskan untuk memberi rating yang cukup tinggi untuk buku ini. Setelah membaca buku ini, aku juga menantikan buku selanjutnya dari serial fiksi "Hi! Kwangdae" yang akan ditulis oleh penulis-penulis Penerbit Haru. Aku mempunyai keinginan tinggi untuk membaca kisah Junpei (sahabat baik Bayu) dan Rose di serial berikutnya :) Dan tentu saja aku  juga ingin membaca karya Clara Canceriana yang selanjutnya :)
by.stefaniesugia♥ .

3 comments:

  1. Aaah!! Salah satu wishlistku. Ehehe

    ReplyDelete
  2. udah bolak-balik ke gramedia ngeliat buku ini di deretan buku-buku dengan setting Korea. covernya bagus, kirain bakalan ada hubungannya dengan tokyo, ada gak sih? huehehe beli ah...

    ReplyDelete
  3. @Nana: hihihi ayo beliii ^-^
    @Ardhzakia F. Naim: nggak ada hubungannya sama Tokyo sih, tp sahabat karakter utamanya memang orang Jepang :)))

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...