Tuesday, March 20, 2012

Book Review: Now and Then by Ann Arnellis

.
BOOK review


Started on: 16.March.2012
Finished on: 19.March.2012 

Judul Buku : Now and Then
Penulis : Ann Arnellis
Penerbit : GagasMedia
Tebal : 310 Halaman
Tahun Terbit: 2012
Harga: Rp 43 000
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
 

"Apa yang salah dengan bermata sipit dan berkulit putih? Apa yang salah jika aku mengimani Tao? Lian tidak habis pikir. Kini, kemarahan itu bercampur dengan rasa rendah diri. Ia memang bukan Cina kaya seperti yang banyak bertaburan di Semarang. Tak pantas jika ia berdampingan dengan seorang lelaki Jawa kaya. Ora ilok."


Cerita ini bermula dari seorang perempuan bernama Sui Lian, atau lebih sering dipanggil sebagai Lian. Ia adalah seorang gadis keturunan Cina yang hanya tinggal berdua dengan Ayahnya yang berjualan Mi Ayam di pasar. Ia juga bekerja di sebuah toko buku karena keinginannya untuk terus belajar yang tidak tersampaikan. Pekerjaannya di toko buku itulah yang membawanya bertemu dengan seorang lelaki unik yang membuatnya penasaran.

Lelaki itu bernama Pras. Ia adalah lelaki Jawa yang sungguh menarik perhatian karena sifat anti-plastiknya yang kuat demi menjaga keselamatan lingkungan. Hari itu Lian memberikan senyuman pertama untuk Pras, namun tidak dibalas oleh lelaki itu. Akan tetapi pertemuan mereka tidak berhenti di situ, hubungan keduanya berlanjut dengan pertemuan-pertemuan selanjutnya yang tentu saja terasa berkesan bagi keduanya. Tanpa mereka sadari, sebuah perasaan yang istimewa sudah timbul dalam hati mereka masing-masing.


"Lian tidak tahu, jatuh cinta tidak membutuhkan syarat perkenalan yang dalam. Jatuh cinta datang begitu saja.... Tidak perlu alasan besar. Untuk Lian, mungkin ia jatuh cinta hanya karena Pras menolak plastik. Itu saja."


Seiring berjalannya waktu, hubungan mereka pun semakin dekat. Ayah Lian yang sudah merasa cukup berumur mulai berpikir bahwa mungkin sudah saatnya bagi anak perempuannya untuk menikah. Begitu pula halnya dengan keluarga Pras, yang selalu memikirkan anak bungsu mereka, anak laki-laki satu-satunya yang sudah mencapai usia 30 tahun namun belum juga menikah. Keluarga Pras memutuskan untuk membawa seorang gadis cantik dari Jakarta bernama Mita untuk diperkenalkan kepada Pras. Dan ketika Ibu Pras mengetahui hubungan anaknya dengan Lian, gadis keturunan Cina itu, responnya tentu saja tidak baik; seperti yang sudah diduga oleh Pras sebelumnya.


"Pras tersenyum sendiri. Baiklah, ia mengakui sekarang dengan yakin. Ia menyukai Lian... Pras hanya sedikit cemas kalau ia akan tersandung kesulitan dari luar."


Lalu bagaimana akhir kisah percintaan antara Lian dan Pras? Akankah mereka berhasil melampaui jarak suku dan kebudayaan di antara mereka, ataukah menyerah?

Baca kisah lengkapnya di Now and Then :)


Hal pertama yang harus aku katakan tentang buku ini adalah desain sampulnya yang luar biasa berkesan dan manis sekali! Ini pertama kalinya aku benar-benar tertarik untuk mencari tahu nama desainer sampul sebuah buku; meskipun GagasMedia sepertinya sudah terkenal dengan desain sampulnya yang selalu menawan. So I have to say, "you did a great job, Jeffry Fernando!" :)

Kembali pada isi buku ini sendiri, ini pertama kalinya aku membaca karya Ann Arnellis (yang awalnya aku kira adalah penulis luar, bukan penulis lokal). Dan sebenarnya tema yang diambil cukup menarik; yaitu tentang kisah cinta dua orang yang mempunyai perbedaan suku dan latar belakang. Cara penulisannya dan pembawaan ceritanya sudah cukup baik; hal yang aku sayangkan sepertinya hanya plot ceritanya. Awal cerita ini dimulai dengan pendekatan antara Lian dan Pras - namun bagian ini sepertinya terlalu panjang dan terasa sedikit datar; tanpa excitement atau perkembangan yang terlalu berarti. Oleh karena cerita tentang pendekatan yang terlalu panjang, inti cerita tentang perbedaan suku itu justru tidak terlalu terlihat. Hal itu juga membuat penyelesaian masalahnya terasa terlalu cepat dan apa adanya. Aku jadi sedikit kurang puas dengan endingnya :(

Meskipun begitu, dilihat dari cara penulisan yang cukup menarik, i'm looking forward to Ann Arnellis' next work :)

3/5 stars


by.stefaniesugia♥ 
.

2 comments:

  1. Aku juga tertarik sama ide cerita dan covernya nih Stef, tapi kok plotnya kayaknya kurang kuat ya.... Jadi ragu mau baca

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, plotnya agak kurang sih mnurutku..
      soalnya di awal terlalu lama ngomong soal pdkt.. hihi :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...