Monday, January 23, 2012

Book Review: Lullaby


BOOK review

Started on: 22.January.2012
Finished on: 23.January.2012

 oh wow. this book is PERFECT. the plot is absolutely unpredictable, and stunned me while i was reading in the middle of the night. this is my first time reading Rina Suryakusuma's book, but she's very likely to become one of my favorite authors :) i love everything about the book. the story feels realistic, and how the characters respond to the problems is what we see in real life. the plot itself is very unique and unlike any other books. it's been a great journey reading this book :) so here's the book review :

--------
Audy dan Rose adalah sepasang saudara kembar. Audy yang sejak kecil menderita kelainan jantung bernama Pulmonary Atresia, selalu mendapatkan perhatian lebih dari keluarganya. hal ini tentu saja membuat Rose tersisih, mendapatkan perhatian yang tersisa dari orangtua dan kedua kakaknya. Audy yang merasa sebagai penyebab terjadinya hal ini, menjadi sangat memperhatikan Rose. ia menyayangi saudari kembarnya itu, bahkan mungkin terlalu menyayanginya. sewaktu kecil, Rose selalu menemaninya saat Audy harus melalui masa-masa pengobatan di rumah sakit. Rose adalah orang yang setia menjaganya dan mengajaknya bermain. oleh karena itu, Audy semakin kesal pada orangtua dan kedua kakaknya karena tidak pernah memperhatikan Rose. 

saat ini, Audy dan Rose tinggal di Jakarta. Audy yang bekerja di sebuah kantor akuntan memiliki karir yang baik; sedangkan Rose membuka usaha Design-nya sendiri. keduanya tinggal di sebuah apartemen bersama dengan kakak-kakak mereka: Austin dan Karin. Audy adalah seorang wanita yang penuh semangat, sedangkan Rose adalah seorang yang pendiam dan tidak suka bergaul. Audy sehari-hari selalu mengkhawatirkan Rose yang mengurung dirinya dan tidak pernah bersosialisasi. Rose menarik diri dari pergaulan, dan menarik diri dari keluarga mereka. apakah semuanya karena ia merasa tersisih?

Audy kemudian mengenal seorang lelaki bernama Mardi, ia adalah manager di tempat Audy bekerja. seiring berjalannya waktu, keduanya saling menyukai satu sama lain. Mardi pun menyatakan perasaannya kepada Audy. akan tetapi Audy menolaknya. alasan yang selalu digunakannya adalah kelainan jantungnya yang bisa saja kambuh lagi, dan juga Rose. Audy merasa bahwa tidak mungkin ia meninggalkan saudari kembarnya itu sendirian, sedangkan ia merajut cinta dan berbahagia bersama Mardi. Audy sangat mencintai Mardi, dan Mardi teramat sangat mencintai Audy; sehingga lelaki itu tidak menyerah begitu saja. 

tiba saatnya mereka mengunjungi orangtua mereka di Bandung. di sana, lagi-lagi Rose tersisih, tak ada satupun yang memperhatikannya. Audy bahkan merasa tambah bersalah ketika Mardi diungkit-ungkit, membuat orangtuanya bersemangat. namun semuanya berubah ketika Rose berkenalan dengan Armant; seorang pemuda ramah dan baik hati yang tinggal di dekat mereka. Rose pun sepertinya amat senang mengenal Armant. hal ini membuat Audy terasa sedikit lega. Audy berharap, apakah kini ia bisa melepaskan saudari kembarnya dan berbahagia bersama Mardi?

akan tetapi apa yang akan Audy lakukan ketika sebuah rahasia yang ia tidak ketahui terungkap?
sebuah rahasia yang menjelaskan mengapa seluruh keluarganya tidak ada yang pernah menganggap keberadaan Rose. tidak pernah peduli pada Rose. 


sedikit sulit bagiku untuk menulis review ini sebenarnya, karena kisah ini penuh dengan rahasia-rahasia yang terungkap tiba-tiba (yang tentu saja tidak mau aku bongkar :X). buku ini berhasil membuatku tercengang di tengah malam, ketika tidak bisa berhenti membaca. rahasia yang diungkapkan benar-benar di luar dugaanku. and how i love surprises :)

aku sangat menyukai keseluruhan cerita Lullaby; mulai dari sikap Karin yang meledak karena sikap Audy yang terlalu mementingkan Rose, tanggapan Mardi ketika Audy terus-menerus menomor satukan saudari kembarnya, orangtuanya yang depresi - menurutku semuanya itu adalah reaksi yang sangat realistis pada situasi yang sedang dihadapi. aku rasa inilah salah satu hal yang paling aku sukai dari buku ini :) semua karakter berada dalam keadaan terjepit dan sulit untuk mengambil keputusan; dan semuanya itu dituliskan dengan sangat baik sekali. great work!

tanpa bisa aku sangkal, karakter favoritku dalam buku ini tentu saja jatuh kepada:
♥Mardinanto Albert Nolan♥
karakter Mardi yang digambarkan begitu gigih mengejar cinta Audy, sifatnya yang berpikir secara logis, smart, pantang menyerah, dan tentu saja sangat penyayang. saat membaca buku ini, semakin lama aku jadi semakin terpana dengan karakter Mardi. semua dukungannya, kesabarannya menunggu Audy, absolutely admirable. Mardi definitely masuk daftar Top Boyfriends in 2012. ;)

"Aku percaya jika saatnya tiba, kamu bisa melepaskannya, Sayang," bisik Mardi. "Sampai saat itu tiba, biarlah aku tetap mengalah."

will definitely read Rina's other works. 
5/5 stars
by.stefaniesugia♥

7 comments:

  1. saya juga suka buku ini!
    bener2 ga nyangka twistnya :)

    ReplyDelete
  2. @Sabrina: iya aku juga kaget wktu keungkap rahasianya :D

    ReplyDelete
  3. buku ini buat aku ingat ma konsep covernya If I Stay, tinggal tambahin salju dikit XD

    Taruh di wishlist ah XD

    ReplyDelete
  4. @mba ally: iyaa kyk ini versi musim gugur, klo If I Stay versi musim dinginny :P

    ReplyDelete
  5. eh, telat banget, baru lihat tag2an reviewnya di facebookku :) Maklum, jarang update lewat PC, biasanya pakai bb aja, dan gak ada notif di bbku untuk tag ini.
    thanks ya stephanie, so glad you like it :)

    ReplyDelete
  6. sama2 :D:D
    makasii buat commentny ;*

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...