Tuesday, March 3, 2015

Book Review: Endless Love by Wu Xiao Yue

.
BOOK review
Started on: 21.February.2015
Finished on: 22.February.2015

Judul Buku : Endless Love (愛無限)
Penulis : Wu Xiao Yue
Penerbit : Penerbit Haru
Tebal : 278 Halaman
Tahun Terbit: 2015
Harga: Rp 44,000 (http://www.pengenbuku.net)

Rating: 3/5
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- 
"Begitu besar keinginan Jing Hao untuk keluar dari tempat persembunyiannya dan memeluk Rui En, melepas semua kerinduannya selama tiga tahun ini.... Akan tetapi, ia merasa tidak memiliki hak untuk itu. Tuhan pun tidak mengizinkannya melakukan semua itu...."
Pertemuan pertama Liang Jing Hao dan Song Rui En memang tidak biasa. Jing Hao tinggal dengan Ayahnya yang punya masalah kejiwaan sejak Ibunya meninggal karena kecelakaan, oleh karena itu ia harus bekerja keras membiayai kehidupannya. Sewaktu ia sedang berjualan pakaian, gantungannya tersangkut pada rok Rui En yang kemudian secara tidak sengaja benangnya tertarik hingga rok tersebut tidak berbentuk lagi. Rui En yang terlahir dalam keluarga kaya menuntut ganti rugi dari Jing Hao. Sejak saat itulah, seutas benang merah mengaitkan takdir keduanya—akan tetapi mereka tidak menyangka semuanya akan jadi semakin rumit.

"Jing Hao berharap dewa mau mengabulkan permohonannya untuk menjadikan Rui En sebagai jodohnya. Berharap dewa membuatnya terikat benang merah dengan Rui En."
Beberapa tahun kemudian, situasi telah jauh berubah. Jing Hao baru saja kembali dari Jepang setelah pergi selama tiga tahun. Sedangkan Rui En masih dengan senantiasa menantikan kembalinya lelaki tersebut. Akan tetapi Jing Hao malah berusaha menjauhkan diri dari Rui En, bersikap dingin pada perempuan yang telah menjadi bagian penting dalam hidupnya beberapa tahun silam. Selain itu, dalam kehidupan Jing Hao kini ada Xin Jie, aktris populer yang ingin menikahi Jing Hao. Dan di sisi Rui En ada Min Shuo, lelaki yang dulu ia cintai. Apa yang sebenarnya terjadi antara Jing Hao dan Rui En?

image source: here. edited by me.
Sewaktu tahu kalau buku ini telah diadaptasi menjadi serial TV, tentu saja aku punya ekspektasi yang cukup tinggi—karena sebelum suka drama Korea, aku dulu juga sangat suka serial drama Taiwan. Sebenarnya alur cerita buku ini punya potensi untuk menjadi kisah yang sangat bagus, akan tetapi entah mengapa aku merasa ceritanya disampaikan dengan cara yang membuatku agak bingung. Alur ceritanya maju-mundur; diawali dengan yang sedang terjadi, kemudian menceritakan awal pertemuan Jing Hao-Rui En, lalu kembali lagi ke masa tiga tahun kemudian (yang juga sedikit banyak membahas kembali apa saja yang terjadi antara mereka di masa lalu). Hal yang membuatku penasaran saat membaca buku ini adalah alasan mengapa Jing Hao pergi dan berubah 180 derajat terhadap Rui En setelah ia kembali. Akan tetapi pengungkapan tentang hal ini hanya dijelaskan dengan sangat singkat seolah tidak penting. Oleh karena itu bagian yang seharusnya bisa jadi emosional ini malah terasa datar untukku :( Aku tidak tahu apakah hal ini terjadi karena terjemahannya (sehingga banyak hal yang lost in translation), atau memang cerita aslinya demikian. Sedangkan untuk ending-nya, aku merasa semuanya diselesaikan dengan terlalu mudah/terburu-buru, padahal konfliknya berhasil membuat Jing Hao pergi mengasingkan diri selama tiga tahun lamanya. Meskipun aku merasa ending-nya cukup manis, di sisi lain aku juga berharap lebih banyak.
"Jing Hao memikirkan semuanya dengan penuh kesedihan. Ia kesal mengapa ayahnya tidak bisa mengerti dan memahami kesulitan dan kesedihan yang dialaminya. Akan tetapi, bagaimanapun juga ia lebih kesal kepada dirinya sendiri, mengapa begitu tidak berdaya menghadapi semuanya."
Aku bisa membayangkan kisah ini menjadi drama/TV serial yang menarik, karena sebenarnya konfliknya cukup bagus. Akan tetapi ada beberapa bagian ketika disampaikan secara tertulis, tidak bisa memiliki dampak yang serupa. Salah satu contohnya adalah adegan Jing Hao menggendong Rui En yang beberapa kali terjadi dalam ceritanya. Sebagai salah satu penonton setia serial drama, aku sangat bisa membayangkan adegan itu terkesan heroik / romantis. Sayangnya di buku ini adegan tersebut terasa agak klise, apalagi karena terjadi lebih dari sekali. Karakternya pun aku rasa bisa digali lebih jauh, sehingga aku bisa bersimpati dengan mereka dan ingin agar Jing Hao dan Rui En bisa bersatu kembali.

Dan ngomong-ngomong soal adaptasi dramanya, aku sangat tertarik untuk menonton serial ini karena salah satu aktornya adalah Wilber Pan! Drama Endless Love (爱∞无限) ini tayang pada tahun 2012 dan cukup banyak penggemarnya. Aku sendiri dari dulu suka Wilber Pan dari lagu-lagunya, dan di drama ini Wilber Pan juga menyanyikan opening song-nya. Bagi yang tertarik, bisa lihat videonya di bawah :D Lewat MV opening song-nya, aku juga jadi bisa lihat cuplikan adegan-adegan drama-nya—yang sepertinya memodifikasi cerita aslinya jadi lebih dramatis.


 
Overall, meskipun aku merasa bahwa ada beberapa bagian ceritanya yang bisa dibuat lebih baik lagi, aku cukup menikmati buku ini. Terjemahannya cukup bagus dan mudah dimengerti, dan konfliknya juga menarik. Apakah di antara kalian sudah ada yang baca buku ini? Atau mungkin malah lebih dulu menonton serial TV-nya? :D
 
by.stefaniesugia♥ .
 

2 comments:

  1. Dari alurnya, berasa agak klise ya. Sulit rasanya membuat alur yang baik dan tidak terkesan loncat untuk mengaitkan pertama bertemu hingga setelah 3 tahun berpisah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya alurnya memang agak klise, tp secara keseluruhan msh cukup bagus utk dinikmati :D

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...