Wednesday, March 6, 2013

Book Review: Bi! by Fei

.

BOOK review
Started on: 1.March.2013
Finished on: 2.March.2013

Bi! by Fei

Judul Buku : Bi!
Penulis : Fei
Penerbit : Penerbit Haru
Tebal : 280 Halaman
Tahun Terbit: 2013
Harga: Rp 38,250 (http://www.pengenbuku.net/)

Rating: 4.5/5
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
"Pikirannya sudah cukup ruwet dengan banyak pertanyaan yang belum bisa ia jawab. Kenapa Bi bisa bebas dari kurungannya di dalam bel angin itu padahal Min Jeong tidak melakukan apa-apa? Kenapa Jeong yakin benar ia tidak punya kemampuan khusus seperti itu sebelumnya? Apa sebenarnya yang membuat Bi sampai terkurung di sana? Yang terutama..., kenapa Min Jeong merasa - walau ia benar-benar ingin mengingkarinya - kalau ia cukup familiar dengan dokkaebi itu?"
Min Jeong adalah seorang gadis pekerja keras yang berusaha menghidupi dirinya sendiri - karena Ayahnya yang pemabuk dan suka berjudi tidak bisa diharapkan. Sejak Ibu-nya meninggal dunia, ia hanya mempunyai dua orang sahabatnya: Hyuk (yang sudah bersahabat dengannya sejak kecil) dan Ae Ri. Suatu kali, saat pergi bekerja, Min Jeong mendapat sebuah bel angin yang tidak terpakai dari Bibi Song. Tanpa memiliki prasangka terhadap bel angin tersebut, Min Jeong sama sekali tidak tahu petualangan dan takdir yang akan dihadapinya kemudian.

Setibanya di rumah, Min Jeong hendak memasang bel angin tersebut di rumahnya, tetapi malah melukai dirinya sendiri dan menjatuhkan bel tersebut. Min Jeong yang terhuyung hampir terluka parah jika tidak ditolong oleh sosok yang tiba-tiba saja muncul dari bel angin tersebut - sosok itu adalah dokkaebi - makhluk gaib semacam goblin dalam cerita legenda Korea. Sang dokkaebi yang bernama Bi itu merasa aneh dengan sekelilingnya dan juga cara berpakaian Min Jeong yang dianggapnya aneh. Tentu saja, karena ia sudah terkurung di dalam bel angin itu selama 400 tahun, dan umurnya sudah mencapai 600 tahun. Min Jeong kemudian baru mengetahui, bahwa Bi mempunyai dendam yang amat besar kepada seorang lelaki bernama Gyeon - yang wajahnya begitu mirip dengan sahabat Min Jeong, Hyuk.
"Hal ini dirasanya benar-benar tidak masuk akal. Kenapa ia harus terlibat dengan hal aneh seperti ini? Memang apa yang sebenarnya sedang terjadi? Apakah ini sebenarnya hanya sebuah mimpi yang sangat panjang? Andai saja demikian, mimpi ini terasa begitu nyata."
Mengetahui Bi yang dendam kepada Hyuk karena lelaki itu mirip dengan Gyeon - lelaki yang membuat Bi terkurung dalam bel angin selama 600 tahun, Min Jeong merasa sangat khawatir dengan keselamatan sahabatnya. Min Jeong kemudian mengancam Bi dengan kacang merah (benda yang ditakuti oleh dokkaebi) dan membuat makhluk itu berjanji untuk menunda balas dendamnya selagi Min Jeong menyelidiki masalahnya. Hal tersebut membuat Bi terpaksa tinggal di rumah Min Jeong dan berpura-pura menjadi pegawainya. Bi dengan bersemangat mencoba banyak hal-hal baru pada jaman yang modern itu; mencoba clubbing, main online game, dan berpakaian gaul seperti anak muda kebanyakan. Tanpa disadari, seiring dengan waktu Min Jeong sepertinya mulai terbiasa dengan keberadaan Bi di sisinya, dan mengenal dokkaebi itu lebih baik.

Bi yang merasa sudah akrab dengan Min Jeong kemudian menceritakan masa lalunya - dan bagaimana ia bisa terkurung di dalam bel angin. Setelah itu, banyak hal aneh terjadi kepada Min Jeong, karena gadis itu melihat kilasan masa lalu yang terasa begitu nyata. Apa sebenarnya hubungan antara Min Jeong dengan Bi? Mengapa ia merasa mengenal sosok dokkaebi yang tidak pernah ia lihat sebelumnya? Dan apakah Bi akan dapat membalaskan dendamnya selama 400 tahun?
"Oh ya, ngomong-ngomong, kalian punya jodoh yang cukup unik ya. Kalau kau mau mendengarku, tidak perlu menolaknya, Agassi. Karena semakin kau menolak, sama saja dengan kau mengingkari dirimu sendiri. Dia berasal darimu, maka bisa dikatakan dia adalah bagian darimu."
Baca kisah selengkapnya di Bi!.
image source: here. edited by me.
Ini adalah pertama kalinya aku membaca karya Fei, dan buku ini juga adalah solo debutnya - setelah sebelumnya pernah menerbitkan buku-buku yang ia tulis bersama dengan seorang partner. Aku cukup senang dengan buku ini, terlebih karena ide cerita dan karakter yang sangat unik - yang sepertinya belum pernah ditulis sebelumnya. Bi! mempunyai alur cerita yang sebenarnya cukup sederhana, karakter-karakter yang juga tidak terlalu banyak, tetapi semuanya saling mendukung satu sama lain. Gaya penulisan Fei pun juga manis dan baik sekali, sepertinya ia juga sudah mengetahui (atau mencari tahu) banyak hal sehubungan dengan dokkaebi; sehingga aku yang awalnya tidak tahu apa-apa tentang makhluk tersebut, sedikit banyak mengerti lewat ceritanya.

Setelah selesai membaca buku ini, aku baru mencari tahu lebih lanjut tentang dokkaebi (도깨비), karena jika mencari saat sedang membaca aku takut terpengaruh secara visual. Tentu saja sebagai makhluk gaib, dokkaebi tidak mempunyai fisik yang menarik. - dan di bukunya sendiri juga menggambarkan fisik dokkaebi yang bahkan disebut sebagai monster. Jika kalian mencari di internet tentang makhluk ini, akan muncul banyak sekali interpretasi yang berbeda-beda; ada yang menyeramkan sekali, tetapi juga ada yang menjadikan kisah dokkaebi sebagai dongeng atau cerita ilustrasi yang cukup unyu. Akan tetapi untuk buku ini, Bi yang lebih sering menyamar menjadi cowok ulzzang, tidak bisa menghentikan imajinasiku untuk membayangkan aktor Korea di bawah ini.


Alur cerita dan permasalahan yang ada dalam buku ini, selain tentang kehadiran Bi dan juga dendamnya terhadap Hyuk, ada juga permasalahan keluarga dan persahabatan. Tambahan konflik tersebut adalah salah satu poin yang membuat cerita ini semakin menarik karena setiap karakternya menjadi terbentuk dan ikut mengembangkan kisah secara keseluruhan. Bagian yang aku sukai adalah titik di mana cerita ini menjelaskan korelasi keseluruhan ceritanya; dimulai dari epilog yang terjadi tahun 1400-an, saat Bi terkurung dalam bel angin, dan mengapa Min Jeong dapat membebaskan Bi. Aku rasa keseluruhan cerita ini ditutup dan disimpulkan dengan baik; mungkin aku hanya merasa konflik yang ada di dalamnya terselesaikan dengan mudah.

Karakter favoritku dalam buku ini, tidak diragukan lagi adalah Bi! Selain karakter dan pembawaannya yang selalu ceria dan juga ramah, aku juga dapat merasakan bahwa makhluk ini sebenarnya sangat baik dan berhati lembut. Gaya Bi yang terkadang juga malu-malu sangat menggemaskan bagiku, bahkan sempat membuatku tersenyum-senyum sendiri saat membacanya. A very fun character :)) Awalnya aku juga cukup tertarik kepada karakter Hyuk karena perhatian dan rasa sayangnya kepada Min Jeong - tetapi melihat apa yang terjadi padanya (yang kemungkinan besar adalah 'karma' - no spoiler), karakternya menjadi nomor dua untukku.

Overall, Bi! adalah karya yang sangat memuaskan dan menurutku buku ini adalah permulaan yang sangat baik untuk Fei. Semoga Fei dapat terus berkarya dan menghasilkan kisah-kisah unik lainnya; aku tunggu buku selanjutnya :))

by.stefaniesugia♥ .

4 comments:

  1. ahhhh suka banget novel ini!! bener bgt kak <3 aku suka bgt sama Bi!

    ReplyDelete
  2. Sepertinya buku ini bakal masuk daftar "Buku yang harus dibeli"..

    ReplyDelete
  3. Keren tau buku ini. Langsung suka sama bi! Wkwk. Udah bayangin kalau di jadiin drama.

    ReplyDelete
  4. Covernya bagus. Boleh juga nih jadi light reading sambil ngabuburit.
    Tapi bagian ini jadi ganjalan, haha --> "aku hanya merasa konflik yang ada di dalamnya terselesaikan dengan mudah."

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...