Wednesday, April 18, 2012

Book Review: Dream Catcher by Alanda Kariza

.
BOOK review
Started on: 16.April.2012
Finished on: 18.April.2012



Judul Buku : Dream Catcher
Penulis : Alanda Kariza
Penerbit : GagasMedia
Tebal : 232 Halaman
Tahun Terbit: 2012
Harga: Rp 50,000,- (bookoopedia.com
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------



"When it comes to dreams, the sky is the limit... Tapi selain bermimpi tinggi, kita juga harus punya dasar yang kuat. Apa alasan kita punya mimpi itu? Apa yang harus dilakukan selanjutnya? Biar mimpi yang kita punya nggak sekadar jadi mimpi, tapi bisa terealisasi... Percayalah apa pun bisa terwujud asal dilakukan dengan sepenuh hati."
  
DreamCatcher adalah kombinasi dari sebuah cerita serta panduan bagi kita untuk merancang dan meraih mimpi kita. Buku ini terbagi menjadi 5 Bab utama yang dimulai dari Inventing Your Dream (proses menciptakan mimpi), Takedowns (faktor-faktor yang biasanya menjadi penghalang), Designing the Blueprint (merencanakan mimpi), Making Them Come True (proses realisasi mimpi, dan apa saja hal penting dalam proses tersebut), dan yang terakhir adalah Living It (bagaimana kita harus bertindak setelah mimpi kita tercapai).

---------------------------------// INVENTING YOUR DREAM //---------------------------------

"Ia memiliki mimpi yang besar dan mungkin terdengar aneh bagi lingkungannya. Namun, ia berhasil membuktikan bahwa semustahil apa pun suatu cita-cita kedengarannya, kita bisa meraihnya apabila memiliki kemauan kuat dan kepercayaan atas kemampuan diri."
"Semua orang bebas bermimpi dan bebas berkarya. Buktikan kepada dunia bahwa kita bisa melakukannya. Saya juga selalu ingat quote dari Alanda: the best revenge is massive success."

Pada bab pertama, Alanda Kariza menceritakan kisahnya dalam menciptakan mimpinya sendiri, dan juga beberapa kisah tentang mimpi-mimpi orang lain yang bisa menjadi inspirasi dan motivasi. Bahkan ada kisah tentang orang-orang yang memimpikan sesuatu yang sepertinya mustahil, akan tetapi dengan kemauan yang kuat serta ketekunan, mimpi itu toh akhirnya tercapai juga. Dalam bab ini juga terdapat panduan tentang bagaimana caranya kita menciptakan impian kita sendiri (disertai dengan beberapa lembar aktivitas yang membantu dalam proses tersebut).

-------------------------------------------// TAKEDOWNS //-------------------------------------------
"Steve Jobs mengatakan, "I'm pretty sure none of this would have happened if I hadn't been fired from Apple. It was awful-tasting medicine but I guess the patient needed it."
"Steve Jobs berhasil menciptakan kesempatan justru ketika ia mengalami kegagalan.... Bagi Steve Jobs, kegagalan memicunya untuk belajar dan menjadi lebih baik di kemudian hari. Jika ia tidak pernah dipecat, Apple tidak akan menjadi sebesar sekarang, dan tidak akan ada perusahaan animasi bernama Pixar.

Dalam proses meraih mimpi yang sudah kita miliki, hal yang tak dapat dihindari adalah hambatan dan kesulitan. Pada bagian ini, dibahas tentang faktor-faktor yang paling seringkali membatasi kita dalam mencapai impian yang kita inginkan. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah: keterbatasan fisik, gender, umur, keterbatasan secara finansial, dan kegagalan. Saat membahas setiap faktor tersebut, dituliskan juga beberapa contoh konkret orang-orang yang mengalami hambatan tersebut dan berhasil melaluinya dengan baik. Bahkan contoh-contoh seperti Steve Jobs dan J.K Rowling yang mengalami banyak kegagalan, malah bisa menjadi orang-orang luar biasa. Lewat bagian inilah, kita bisa mengetahui bahwa hambatan/keterbasan yang ini, tidak harus menghentikan impian kita.

---------------------------------// MAKING THEM COME TRUE //--------------------------------

"Kesempatan tidak melulu harus dicari, tetapi juga bisa diciptakan. Bruce Lee pernah mengatakan kalimat yang resonansinya begitu besar di dalam hidup saya, "To hell with circumstances, I create opportunities."

Membuat impian menjadi kenyataan bukanlah hal yang mudah, dan kita pasti akan menemui banyak kesulitan. Dalam Bab "Making Them Come True", disebutkan apa-apa saja yang perlu dan bisa kita lakukan untuk mencapai impian kita. Penjelasan-penjelasannya mencakup pentingnya kegigihan serta ketekunan, harus fokus pada apa yang kita inginkan, mampu membuat pilihan yang terbaik untuk diri kita sendiri, dan masih banyak yang lain. Pada setiap bagian juga disisipkan wawancara dengan beberapa orang yang berhasil meraih impian mereka, sehingga kita dapat termotivasi untuk melakukan hal yang sama.

"Ketika kita memiliki mimpi yang sangat besar, bersyukurlah. Yang Maha Berkehendak dan Maha Pengasih tidak mungkin mengizinkan kita memiliki mimpi sedemikian besar tanpa memberikan kesempatan untuk meraihnya."

--------------------------------------------// LIVING IT //-------------------------------------------

Dan setelah impian kita tercapai, apakah semuanya berhenti sampai di sana? Tidak. Pada bab ini dibahas apa-apa saja yang penting dan perlu kita ingat setelah impian kita tercapai. Hal-hal yang dibahas termasuk: Do you have the qualities? - kualitas-kualitas yang harus kita miliki; antara lain bersikap profesional yang bertanggung jawab. Sharing for success - dengan berbagi kepada orang lain, kita bisa mendapatkan lebih banyak. Dan masih banyak hal lain yang juga dibahas dalam bab penutup ini.

"Kita seringkali merasa sedih, mengeluh ketika menjalani sesuatu, bahkan ketika menghadapi masalah berat, menjalani ujian yang kita rasa tidak ada habis-habisnya. Padahal, ketika kita menjalani kehidupan dengan ikhlas, menerima apa yang terjadi, namun tetap berusaha semaksimal mungkin untuk meraih cita-cita, kita bisa benar-benar merasa bahagia. Completed."

Tertarik untuk membaca keseluruhan isi tentang meraih impian?
Baca DreamCatcher :)


Jujur saja, awalnya aku membeli buku ini sama sekali tidak menyangka akan membaca buku non-fiksi/pengembangan diri seperti ini. Aku membaca karya Alanda Kariza yang pertama, Mint Chocolate Chips, pada waktu aku masih SMP, dan pada waktu itu aku sangat menyukai tulisannya. Dan meskipun aku sebenarnya jarang sekali membaca buku non-fiksi/pengembangan diri, tulisan Alanda Kariza ini sama sekali tidak mengecewakan.

Buku ini adalah buku motivasi/pengembangan diri yang mendorong setiap oranguntuk meraih impian mereka. Namun yang terpenting menurutku adalah, ia tidak hanya menjelaskan semuanya berdasarkan teori saja. Aku sangat menyukai bagaimana ia menceritakan kehidupannya, perjalanannya dalam meraih impiannya sendiri, dan juga beberapa contoh konkret orang-orang yang berhasil dalam mencapai impiannya; sehingga aku dapat merasa: "Kalau mereka bisa, aku juga pasti bisa." Setiap bagian juga dijelaskan dengan baik dan realistis, sama sekali bukan sesuatu yang muluk-muluk. Sehingga setiap orang akan termotivasi dan juga merasa dapat meraih impian mereka.

Tentu saja, penulisan Alanda Kariza tidak perlu diragukan lagi, sangat nyaman untuk dibaca dan sama sekali tidak membosankan. Apalagi dengan adanya banyak quote inspiratif yang sangat mendukung isi buku ini, aku jadi semakin menyukai buku ini. Dan satu lagi yang tidak akan terlupakan olehku, pujian patut diberikan kepada desainer sampul & ilustrator buku DreamCatcher ini: Asyera Bella :) Desain sampul dan ilustrasi yang manis membuat buku ini semakin istimewa :)

Tanpa memperpanjang review ini, aku akan menyimpulkan bahwa buku ini bagiku sangat inspiring dan motivational! Sosok Alanda Kariza yang masih muda dan kehidupannya yang penuh dengan perjuangan pastinya dapat menjadi inspirasi bagi setiap orang - terutama anak-anak muda jaman sekarang. Usianya yang hanya lebih tua satu tahun dariku dapat membuatku kagum dengan apa-apa saja yang telah berhasil ia lakukan dan juga impian-impiannya. Setelah membaca buku ini, I really want to catch my own dream :)





5/5 stars
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- 
 
// Lomba Estafet Review Buku //
Buku ini dapat kamu peroleh di Toko Buku Online Bookoopedia.com | FB bookoopedia | Twitter @bookoopedia
http://www.bookoopedia.com/id/book/id-60682/dream-catcher.html
So, selanjutnya aku menyerahkan tongkat estafet ini kepada temanku, di blognya:
Ayo tulis review di blogmu, siapa tau ntar kamu yang menang lho! http://www.bookoopedia.com/id/berita/id-88/lomba-estafet-review-buku.html
by.stefaniesugia♥ .

10 comments:

  1. Wah, ternyata cerita nonfiksi aku pikir cerita2 bergenre romance, dan isi nya kayaknya bgus buat memotivasi anak2 muda jaman skrg untuk lebih antusias lg mggapai mimpi mereka. Jd Pengen belii :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iy ak awalnya jg mikir gtu :D tapi setelah hbs baca bukunya ngga nyesel koq ;))

      Delete
  2. I also read this book ! :D

    http://japobsganbare.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. PERCAYA PADA MIMPIMU...
    MIMPI ITU PASTI AKAN MENDATANGIMU...
    USAHA TAWAKKAL DAN DOA KUNCINYA..

    ReplyDelete
  4. PERCAYA PADA MIMPIMU...
    MIMPI ITU PASTI AKAN MENDATANGIMU...
    USAHA TAWAKKAL DAN DOA KUNCINYA..

    ReplyDelete
  5. Aku sudah baca buku ini. Memang patut diacungi jempol apalagi yang desain sampul dan ilustrasi. Manis banget! :3

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...