Monday, December 28, 2015

Book Review: F.A.K! (Frequently Asked Kuestions) by Devlin Putra

.
BOOK review
Started on: 1.December.2015
Finished on: 2.December.2015

Judul Buku : F.A.K! (Frequently Asked Kuestions)
Penulis : Devlin Putra
Penerbit : Bukune
Tebal : 136 Halaman
Tahun Terbit: 2015
Harga: Rp 52,700 (http://www.pengenbuku.net/)

Rating: 3.5/5
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

F.A.K! (Frequently Asked Kuestions) adalah buku ilustrasi yang menceritakan tentang kehidupan Devlin—seorang mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi—bersama dengan dua keponakan fiktifnya yang bernama Tomi dan Lili. Cerita ini diawali dengan latar belakang terciptanya karakter Tomi dan Lili yang dibuat sebagai bahan tugas akhir. Hingga kemudian Devlin menerima banyak pertanyaan melalui ask.fm dan ia lebih sering menjawabnya dengan ilustrasi. Dan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itulah yang disuguhkan dalam buku ini. Seperti biasa, aku akan mencantumkan gambar-gambar serta beberapa bagian yang menurutku menarik dari bukunya untuk memberi sedikit bayangan tentang isi bukunya :)

Buku ini terbagi atas 8 chapter yang menjawab beberapa kategori pertanyaan. Sesuai judulnya, bab pertama yang berjudul Tomi lebih banyak menjawab pertanyaan dengan menggunakan karakter Tomi. Dengan adanya banyak pertanyaan aneh, jawaban yang diberikan oleh Tomi juga tidak kalah nyeleneh.


Bab selanjutnya memperkenalkan adik kembar Tomi yang bernama Lili. Seperti bab sebelumnya, di bagian ini Lili bertugas menjawab sebagian pertanyaan yang ada. Selain itu, pembaca juga bisa lebih banyak melihat interaksi antara si kembar Tomi dan Lili dengan pencipta mereka, Devlin—yang lebih sering tidak akur XD

Berikutnya, ada pula bab yang berjudul Kehidupan; yang membahas kehidupan sehari-hari Devlin lewat format tanya-jawab seperti dalam bab-bab sebelumnya. Terkadang ada beberapa jawaban yang agak menyedihkan, seperti sering ke gym hanya kalau mau isi ulang sabun dan shampoo aja, nebeng makan siang di rumah teman, pakai pewangi ruangan sebagai parfum, dan lain sebagainya XD Semoga tidak semua jawabannya dibuat berdasarkan pengalaman sesungguhnya ya.

Bagian keempat, Sekolah, menjawab berbagai macam pertanyaan yang berhubungan dengan masa sekolahh. Salah satu yang paling berkesan untukku adalah saat muncul pertanyaan dari guru: "Kerjanya cuma gambar aja, mau jadi apa kamu?!", dan jawaban Devlin untuk pertanyaan itu adalah "Mau jadi pinter nggambar, bu." yang menurutku adalah jawaban yang brilian XD. Dan yang berhasil membuatku tertawa adalah saat ditanya soal cita-cita, Devlin yang kelas 2 SD menjawab ia ingin jadi tukang bangunan yang bisa bikin rumah untuk keluarga. Lalu ada ilustrasi gambar The Sims 4 untuk menggambarkan masa sekarang (karena dalam game tersebut kita bisa membangun rumah untuk keluarga yang kita ciptakan) XD.

Masih sehubungan dengan dunia pendidikan, bab berikutnya membahas pertanyaan-pertanyaan seputar masa Kuliah. Ada pertanyaan tentang suka-duka kuliah desain, diminta tolong oleh teman untuk membuat gambar, titip absen, dan lain-lain. Karena Devlin adalah teman sekelasku di kampus, aku sangat bisa relate dengan beberapa kejadian dalam bagian ini. Tetapi aku rasa mahasiswa yang kuliah jurusan lain pun pastinya juga merasakan hal-hal serupa.



Tiga bab terakhir berjudul: Romance, Filosofi, dan Random. Aku tidak akan menceritakan isinya satu-persatu karena sepertinya aku sudah cukup banyak memberikan spoiler untuk buku ini. Yang jelas jawaban yang diberikan Devlin untuk setiap kategori pertanyaan tidak kalah nyeleneh dari bab-bab sebelumnya. Dan di bagian Filosofi, Devlin akan memberikan beberapa petuah kehidupan yang sedikit lebih normal daripada jawaban-jawabannya yang lain. Spoiler terakhir: ilustrasi favoritku dari bab Random adalah saat ada pertanyaan tentang film Divergent, dan Devlin menggambarkan film itu di-dubbing bahasa Jawa XD.


Pada akhirnya, meskipun bukunya sangat tipis, aku merasa terhibur dengan bacaan yang ringan ini. Seperti yang aku sebutkan sebelumnya, penulis buku ini adalah teman sekelasku di masa kuliah, jadi tentu saja aku membeli buku ini sebagai bentuk dukunganku untuknya :) Rasanya bangga sekali saat bisa melihat nama teman atau kenalan kita terpampang di sebuah sampul buku. Aku juga selalu suka dengan jawaban-jawaban Devlin yang witty dan selalu berhasil membuatku tertawa di ask.fm. Semoga ini bukan karya terakhir Devlin karena aku selalu suka dengan gaya ilustrasinya yang sederhana tetapi berkualitas :)

by.stefaniesugia♥ .

5 comments:

  1. Ah, aku pernah liat beberapa komik stripnya di instagram. Tomi dan Lili emang gemesin banget. Jadi kepingin beli bukunya soalnya di instagram devlin nya sendiri cuma ada sedikit :(

    ReplyDelete
  2. Boleh saran kan? Untuk review2nya bisa kali ditambah dengan genre buku yg direview. Thx. Maju terus :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...