Friday, October 23, 2015

Book Review: The Dead Returns by Akiyoshi Rikako

.
BOOK review
Started on: 16.October.2015
Finished on: 19.October.2015

Judul Buku : The Dead Returns
Penulis : Akiyoshi Rikako
Penerbit : Penerbit Haru
Tebal : 252 Halaman
Tahun Terbit: 2015
Harga: Rp 46,750 (http://www.pengenbuku.net/)

Rating: 5/5
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- 
"Aku tidak ingin mereka merasakan adanya hubungan antara 'aku yang dulu' dengan 'aku yang sekarang', Takahashi Shinji.
Karena. . .
Sekali lagi aku mencuri pandang ke arah bunga bakung.
. . . Aku dibunuh oleh salah satu murid kelas ini."
Kembali ke sekolah lagi setelah waktu yang lama adalah suatu hal yang sulit. Dua bulan sudah berlalu sejak kematian Koyama Nobuo, dan kini ia harus kembali ke sekolahnya dalam tubuh seorang pemuda bernama Takahashi Shinji. Ia sama sekali tidak tahu bagaimana ia bisa berada di posisi yang demikian, yang jelas ia tahu bahwa seseorang mendorongnya hingga jatuh dari tebing dua bulan silam. Kini ia menganggap kehidupannya menjadi Takahashi Shinji sebagai sebuah kesempatan untuk mencari orang yang telah membunuhnya. Dan tersangkanya adalah salah satu dari 35 orang murid di kelasnya.

"Bukankah ini adalah sebuah kesempatan, jika memang aku bisa menjadi orang lain?
Orang yang berusaha membunuhku tidak mungkin berpikir bahwa jiwaku bangkit lagi dan hidup di dalam tubuh orang lain.
Artinya. . . aku bisa mencari pembunuhku tanpa dicurigai oleh orang itu."
Hidup sebagai orang lain tidaklah mudah, terutama karena Takahashi Shinji dan Koyama Nobuo adalah dua orang yang benar-benar bertolak belakang. Koyama Nobuo dikenal sebagai siswa yang suram, otaku kereta api, dan tidak mencolok. Tidak pernah ada yang memberinya perhatian, dan satu-satunya teman yang ia miliki adalah Tanaka Yoshio. Sedangkan Takahashi Shinji adalah sosok yang keren dan selalu baik di mata semua orang. Meskipun yang berada di dalam tubuh Takahashi Shinji adalah Koyama Nobuo, semua orang memperlakukannya dengan baik karena penampilan luarnya. Ia sama sekali tidak mau menyia-nyiakan kesempatan yang didapatnya dengan hidup kembali sebagai Takahashi Shinji dan akan menggunakannya untuk mengungkap misteri kematiannya. Akan tetapi semakin ia menyelidiki, ia mendapati bahwa tidak ada seorang pun yang dapat ia percayai—bahkan dirinya sendiri.
"Sebenarnya, siapa Orang yang Tahu Kebenaran ini? Mengapa dia mengirim E-mail padaku?
Aku sudah tidak tahu lagi.
Aku tidak bisa memercayai siapa pun lagi.
Tidak juga... diriku sendiri."
image source: here. edited by me.
Tahun lalu aku membaca karya Akiyoshi Rikako yang berjudul Girls in the Dark dan sangat menyukainya, oleh karena itu aku memiliki ekspektasi yang cukup tinggi terhadap buku ini. Kisah The Dead Returns berhasil membuatku tertarik sejak prolog-nya yang sudah terkesan misterius—terlebih lagi karena aku mulai membaca buku ini tanpa membaca sinopsisnya terlebih dahulu, karena aku merasa aku akan jauh lebih menikmati buku misteri/thriller dengan cara demikian. Ditulis dari sudut pandang pertama karakter utamanya, Koyama Nobuo dalam tubuh Takahashi Shinji, pembaca akan mengikuti misteri yang diungkap secara perlahan-lahan dalam ceritanya. Satu persatu karakter yang ada diperkenalkan dan semakin lama semua karakter jadi terasa mencurigakan; dan hal tersebut benar-benar berhasil membuatku penasaran serta mendorongku untuk terus membaca hingga akhir. Menjelang akhir saat sebagian dari misteri terungkap, aku merasa ada plot hole yang aneh dalam ceritanya. Namun kemudian aku dikejutkan dengan plot twist yang amat sangat tidak aku duga dan sempat membuatku menganga saat membacanya di tengah malam. I love a good plot twist that can really got me. Dan aku rasa mungkin plot twist itu adalah salah satu alasanku memberi rating 5 untuk buku ini. Penyelesaian masalahnya mungkin cukup sederhana, tetapi ketegangan yang diberikan oleh cerita ini telah berhasil membuatku terpukau :)
"Rasanya aku juga harus meminta maaf, termasuk pada Sasaki-kun dan Arai-kun, karena aku menghakimi sifat mereka hanya dari penampilannya, bahkan sebelum aku berbincang dan mengenal mereka dengan baik."
Untuk buku ini, aku tidak akan terlalu membahas karakternya secara spesifik tetapi lebih ke arah tema yang ada di dalam ceritanya. Karakter utamanya menekankan betapa berbedanya kehidupan yang ia jalani dulu sebagai Koyama Nobuo—yang dianggap suram, otaku, dan tidak mencolok—dibandingkan dengan kehidupannya sebagai Takahashi Shinji yang seketika disukai oleh semua orang padahal ia tetaplah orang yang sama. Hal ini membuatku berpikir tentang bagaimana semua orang selalu menghakimi atau menilai orang lain dari penampilan luarnya. Dan aku rasa ini berlaku untuk semua orang karena bahkan Koyama Nobuo pun pernah menghakimi golongan populer di kelasnya—hingga kemudian ia menyadari bahwa ternyata mereka adalah orang-orang yang baik setelah bergaul dengan golongan populer sebagai Takahashi Shinji. Bagian yang paling aku suka adalah bagian ending-nya yang menunjukkan perubahan karakter Koyama Nobuo setelah apa yang terjadi (tentu saja aku tidak akan memberikan spoiler tentang ending-nya). Aku rasa dalam hal ini, yang terpenting adalah menjadi versi terbaik dari diri kita sendiri serta tetap percaya diri. Dan pesan yang aku tangkap dari kisah ini adalah jangan menghakimi orang lain tanpa mengenal mereka dengan baik terlebih dahulu.

Overall, aku sangat menikmati buku ini dari awal hingga akhir. Misterinya benar-benar berhasil membuatku penasaran dan keseluruhan ceritanya terasa menegangkan. Aku selalu suka dengan buku misteri/thriller yang berhasil mengejutkan pembaca dengan plot twist yang tidak terduga (setidaknya bagiku; mungkin ada pembaca lain yang sudah bisa menebaknya). Dan seperti yang sudah aku sebutkan sebelumnya, bagiku buku ini juga memiliki pesan yang berhasil membuatku berpikir. Tidak lupa juga aku ingin berterima kasih pada Penerbit Haru yang sudah mengirimkan buku ini untuk aku review. Pastinya aku akan membaca karya Akiyoshi Rikako yang selanjutnya apabila bukunya diterjemahkan :D
 
by.stefaniesugia♥ .

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...