Wednesday, August 20, 2014

Book Review: Tuti & Friends by R.M. Fajar

.
BOOK review
Started on: 14.August.2014
Finished on: 17.August.2014

Tuti & Friends by R.M. Fajar

Judul Buku : Tuti & Friends
Penulis : R.M. Fajar
Penerbit : Bukune
Tebal : 140 Halaman
Tahun Terbit: 2014
Harga: Rp 40,000

Rating: 3.5/5
*Semua gambar di review ini adalah hasil scan dari komik Tuti & Friends.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- 


Tuti & Friends merupakan sebuah komik yang berawal dari Facebook, seperti komik Grey & Jingga yang aku review beberapa bulan yang lalu. Tetapi berbeda dengan Grey & Jingga yang mengangkat tema romance, komik Tuti & Friends ini menceritakan tentang persahabatan dan petualangan yang dilalui oleh sekumpulan karakter unyu dengan Tuti sebagai karakter utamanya. Selain itu, komik Tuti & Friends ini menyuguhkan comic strip yang belum pernah diterbitkan melalui Facebook sebelumnya. Jadi bagi para penggemar Tuti yang cadel ini, komik ini wajib dibeli dan dibaca ' 3 ' )


Komik pertama Tuti & Friends ini terdiri atas 7 Bab yang menceritakan enam episode yang dilalui oleh Tuti dan teman-temannya. Bab 0: Prolog memperkenalkan karakter Tuti yang tinggal bersama Neneknya - dan ia mendapat kiriman sikat gigi raksasa dari 'Super D' yang misterius. Bab 1: Tuti dan Teman-Temannya yang Aneh memperkenalkan pembaca kepada karakter lain yang akan muncul di episode-episode berikutnya melalui comic strip 4 panel yang unyu dan menghibur. Teman-teman Tuti antara lain adalah Mami, Nini, dan Noni - yang masing-masing memiliki kepribadian yang berbeda. Bab 2: Tuti Memungut Kucing dan Mencari Topeng yang Hilang mengisahkan tentang pertemuan Tuti dengan kucing yang akan jadi peliharaannya: Justin. Setelah itu, ia pun membantu Arimbi mencari topengnya yang hilang.  

Bab 3: Petualangan di Pulau Terpencil, Bertemu Suku Bolo-Bolo dan Dinosaurus (Bag. 1) adalah tentang Tuti beserta teman-temannya yang tiba-tiba terdampar di pulau asing. Banyak hal yang terjadi dalam usaha mereka untuk bertahan hidup, bahkan mereka ditangkap oleh Suku Bolo-Bolo yang berkulit hitam. Kisah ini berlanjut hingga Bab 4 dan Bab 5, sewaktu Tuti menemukan teman baru yang ia beri nama Dini. Dan yang terakhir, Bab 6: Gawat! Ada Kunti di Rumah Tuti! adalah pertemuan Tuti dengan gadis hantu yang takut gelap.

http://1.bp.blogspot.com/-p5HHyiVjA3c/U_IIQbrjmyI/AAAAAAAAL74/TWxiLL6eJ9E/s1600/Scan_Pic0011.jpg http://3.bp.blogspot.com/-9-UqsgBluHM/U_IIQZiQ3yI/AAAAAAAAL70/XbwZuINoTvY/s1600/Scan_Pic0012.jpg

Sebelum membeli komik ini, aku sudah menjadi salah satu penggemar Tuti & Friends di Facebook dan selalu terhibur dengan comic strip-nya yang unyu. Karena itulah, saat aku tahu Tuti & Friends menerbitkan komik, aku membelinya sebagai bentuk dukungan - meskipun harganya tergolong mahal untuk sebuah komik yang tipis. Harga yang mahal mungkin disebabkan oleh semua halaman yang dicetak dengan full colour - jadi aku cukup bisa menerima.

Sejak membaca di Facebook, aku sudah jatuh cinta pada karakter Tuti yang polos, cadel, dan juga mulutnya yang selalu monyong. Dan aku semakin suka dengan karakter Tuti setelah membaca komik ini, karena terkadang tanggapan yang dia berikan sangat tidak terduga xD. Aku juga senang karena penulisnya tidak hanya menyuguhkan karya yang sudah pernah ditampilkan di Facebook, tetapi membuat episode-episode baru yang melibatkan Tuti dan kawan-kawannya. Meskipun komik ini masih dibuat dalam bentuk 4-panel, tetapi satu comic strip dan yang berikutnya berkelanjutan hingga akhir bab. Gaya ilustrasi komik ini cukup sederhana dan tentu saja sangat unyu, dan dialognya yang tidak kalah menghibur juga mendukung jalannya cerita Tuti & Friends.


Karakter favoritku hingga saat ini masih Tuti, karena dia adalah karakter yang paling menghibur untukku. Dengan rambut pink, helm, dan bibir monyong, Tuti kadang-kadang bisa sangat lemot sampai membuat teman-temannya pusing; tetapi Tuti juga terkadang suka mengucapkan kalimat-kalimat keren yang membuat temannya terharu. Apapun yang dilakukan oleh Tuti semuanya jadi terlihat unyu; dan aku tidak sabar untuk membaca petualangan Tuti yang selanjutnya. (Aku doakan semoga komik Tuti & Friends bisa lanjut hingga buku kedua, karena penulisnya sendiri belum yakin apakah akan ada buku kedua)

Secara keseluruhan, komik Tuti & Friends ini adalah bacaan ringan yang menghibur. Dan aku sangat menikmati membaca komik ini dari awal hingga akhir meskipun aku sedikit kurang puas dengan alur ceritanya. Aku berharap untuk ke depannya Tuti & Friends bisa mengembangkan cerita lebih jauh lagi; agar semakin banyak yang mengenal keunyuan Tuti ' 3 ' )/

Sebagai penutup, berikut adalah komik Tuti & Friends dari Facebook page-nya ;)

by.stefaniesugia♥ .

1 comment:

  1. nice post sob..
    article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
    maju terus dan sukses selalu...salam kenal yach...
    kunjungi blog saya ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
    agen poker online terpercaya...poker uang asli..
    http://chaniaj.blogspot.com/ dan situs kesayangan kami http://oliviaclub.com
    serta sites.google kebanggaan kami https://sites.google.com/site/pokeronlineterpopuler/
    di oliviaclub.com poker online uang asli terbaik di indonesia dengan teknologi teraman dan tercanggih.
    main dan ajak teman anda bergabung dan dapatkan 20% referral fee dari house commision untuk turnover teman ajakan anda...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...