Saturday, July 20, 2013

Book Review: Sweet Melody (Book 1) by Baek Myo

.
BOOK review
Started on: 13.July.2013
Finished on: 16.July.2013

Judul Buku : Sweet Melody
Penulis : Baek Myo
Penerbit : Penerbit Haru
Tebal : 336 Halaman
Tahun Terbit: 2013
Harga: Rp  (http://www.pengenbuku.net/)

Rating: 4.5/5
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
"Mengamati situasi penuh emosi akan kekuatan persahabatan itu, Jin Woo menatap dengan air mata menggenang, dia berteriak sambil mengangkat kedua tangannya.
"Waah! Sekarang terbentuklah band beranggotakan lima pria!"
Mendengar seruan gembira Jin Woo itu, Hwan berpikir, tunggu. Aku, aku kan wanita!"
Semenjak kabur dari rumah, Lee Hwan hidup dengan tidak menentu dan tinggal di sebuah motel. Suatu ketika ia dikejar oleh sekelompok preman, sehingga Hwan terpaksa melarikan diri dan masuk ke dalam sebuah gereja. Di dalam gereja itu terdapat 4 lelaki dengan alat musik mereka masing-masing. Nyawa Hwan terselamatkan berkat bantuan mereka dengan bersembunyi di dalam drum. Dan setelah adegan menegangkan itu, tiba-tiba saja mereka meminta Hwan untuk bergabung dalam band sebagai anggota kelima. Lebih parahnya lagi, mereka tidak tahu bahwa Hwan adalah seorang perempuan karena penampilannya.

Hwan yang sama sekali tidak mempunyai minat untuk masuk ke dalam band mereka - bahkan ia tidak punya kemampuan apapun di bidang musik. Akan tetapi salah satu dari keempat lelaki itu, Chang Ryong, bersikeras menginginkan Hwan sebagai vokalis grup mereka. Chang Ryong bahkan juga mengajak Hwan untuk masuk bersama ke Baekjaego - sebuah SMA yang sulit untuk dimasuki dan hanya anak-anak berbakat yang bisa bersekolah di sana. Hwan yang selama ini selalu dibandingkan dengan orang-orang yang lebih berprestasi darinya merasa tertantang. Ia merasa perlu untuk membuktikan diri kepada orangtuanya. Hwan pun akhirnya memutuskan untuk menjadi anggota kelima band yang kemudian diberi nama Sweet Melody itu.
"Permasalahan ini selesai kalau mereka membuangku. Padalah mereka tidak tahu aku bisa menyanyi dengan bagus atau tidak, bodoh.
Persahabatan yang tidak bisa Hwan temukan bahkan dari teman-teman yang sudah lama dikenalnya, bisa dia rasakan dari mereka yang belum lama dikenalnya. Di saat sulit, teman-teman lamanya mengabaikannya."
Untuk bisa diterima di Baekjaego, mereka harus memenangkan sebuah kontes musik bergengsi bernama Green Music Festival - dan tentu saja hal itu tidak mudah untuk dilakukan. Ada banyak kesulitan yang menghalangi mereka, tetapi itu membuat Hwan semakin merasa dekat dengan Ju Ho, dan si kembar Jin Woo-JinSeong. Mereka bahkan harus menerima tawaran menjadi model iklan untuk memperoleh tempat latihan. Band Sweet Melody juga harus bertemu dengan grup idola yang sangat terkenal - H2O - dan berakhir saling membenci satu sama lain.

Hwan juga bukannya tidak pernah berusaha menjelaskan kepada teman-temannya bahwa ia adalah seorang perempuan. Tetapi keempat anggota yang lain selalu menganggap itu sebagai lelucon - melihat tingkah laku Hwan yang 'jantan' dan kemampuannya memalak orang. Dan hal itu membuat kehidupan Hwan menjadi sangat rumit - begitu juga untuk Chang Ryong yang perlahan-lahan tertarik dengan pesona Hwan. Belum lagi, band mereka kedatangan seorang gadis cantik dan berbakat bernama Cha Hyeon Joo - dan ia pun terpesona pada Hwan yang perhatian padanya.
"Saya tidak pernah berpikir untuk bermain musik. Saya juga tidak peduli kalau harus membiayai hidup saya dengan memalak. Tapi, saat saya bertemu mereka, mereka bilang kalau mereka membutuhkan saya. Saya tidak pernah mendengar kata-kata itu, bahkan oleh keluarga saya sendiri. Kata-kata kalau mereka membutuhkan saya, tidak bisa kalau bukan saya. Maka dari itu, saya ingin bermusik bersama mereka."
"Tapi, kata 'suka' untuk Hwan. Dia merasa kata itu tidak pas untuk mengekspresikan perasaannya terhadap Hwan. Kalau ada makanan dia selalu ingin memberikannya pada Hwan. Kalau Hwan akrab dengan pria lain dia merasa cemburu.... Tidak! Dia dan aku sama-sama pria! Sesama pria tidak boleh seperti itu! Apalagi dia lebih jantan daripada pria mana pun!"
Di balik setiap permasalahan yang mereka hadapi, masing-masing anggota mempunyai latar belakang kehidupan yang berbeda. Hwan, Chang Ryong, Ju Ho, bahkan Hyeon Joo, harus melewati masa remaja yang sulit. Keberadaan Ju Ho membuat Hwan berani menceritakan alasannya kabur dari rumah; dan lewat Ju Ho pula, Hwan mengetahui bahwa Chang Ryong yang ceria mempunyai kehidupan yang menyedihkan. Akan tetapi untuk saat ini, mereka akan bersama-sama berjuang untuk masuk ke Baekjaego dan meraih apa yang mereka inginkan.

Baca kisah selengkapnya di Sweet Melody 1.
image source: here. edited by me.
I love this book! Ini adalah pertama kalinya aku membaca karya Baek Myo - dan memastikan aku akan membaca juga karya-karyanya yang lain :) Jalannya cerita ini sebenarnya cukup tipikal - terutama bagi yang sudah pernah menonton serial atau film yang ceweknya menyamar jadi cowok. Tapi dalam kasus Hwan, sebenarnya ia tidak ingin dianggap sebagai cowok (dan fakta itu membuat semuanya menjadi lebih konyol). Alur ceritanya cukup sederhana, tetapi yang paling aku suka adalah karakter-karakter yang sangat menyenangkan! Penulisan dan penerjemahannya pun mudah untuk dinikmati - membuatku merasa seperti sedang menonton sebuah drama :)

Konflik utama ceritanya adalah bagaimana Sweet Melody berjuang untuk masuk ke Baekjaego - tetapi konflik sampingannya terasa jauh lebih menarik: yaitu love-line antar karakternya. Jika di cerita-cerita ada yang menyebutkan cinta segitiga, atau cinta segiempat, dalam cerita ini seginya jauh lebih banyak - mungkin bisa disebut love-web. Aku sering tertawa-tawa dalam hati karena Hwan amat disukai oleh semua orang (baik laki-laki maupun perempuan), dan seolah memperebutkannya. Mengetahui fakta tentang apa yang dirasakan oleh Hwan, dan menilik kondisi di sekitarnya, aku selalu merasa geregetan sepanjang membaca buku ini - tentu saja geregetan yang menyenangkan. :) Selain konflik love-line, aku juga sangat puas dengan kedalaman setiap karakternya: dimulai dari Hwan yang kabur dari rumah, tentang Chang Ryong, kehidupan keluarga Ju Ho, dan lain sebagainya. Mengetahui latar belakang mereka membuatku terasa dekat dengan setiap karakternya. Salah satu bagian favoritku ada di akhir, saat Hwan menyadari kebodohan/kelabilannya (karena masih remaja) dan harus dihadapkan dengan penyesalan (no spoiler). Untungnya, ending buku ini tidak terlalu menggantung atau semacamnya. Sehingga meskipun aku amat tidak sabar untuk membaca buku selanjutnya, aku tidak perlu dihantui rasa penasaran :)
"Jadi anak kedua di rumah itu adalah takdirnya sejak lahir. Masa depannya sudah ditentukan. Yaitu sebagai pendukung anak sulung. Tidak ada yang menanyakan pendapatnya. Pendapatnya itu bahkan tidak bisa dibandingkan dengan kotoran anjing sekalipun."
Seperti yang sudah aku katakan sebelumnya, karakter-nya lah yang membuatku sangat menikmati buku ini. Hwan, adalah seorang perempuan yang kehidupannya sudah ditempa dengan banyak kesusahan dan kekerasan dunia (?). Sehingga ia mempunyai personality yang kuat dan seperti 'tahan banting'. Hal ini sangat terlihat saat Sweet Melody harus berhadapan dengan H2O yang selalu menghina mereka - dan Hwan selalu berhasil membuat personil H2O (yang sangat menjengkelkan) itu bungkam. Chang Ryong, dengan segala kepedeannya dan sikap yang amat ceria, sebenarnya adalah sosok yang sangat kesepian. Berkali-kali aku dibuat tertawa oleh karakter ini, karena ia kebingungan dengan perasaannya terhadap Hwan (sampai ia bertingkah laku kurang waras di depan Ju Ho - sahabatnya). Ju Ho, sahabat terbaik Chang Ryong, adalah orang pertama yang berhasil membuat Hwan membuka diri. Ternyata Ju Ho juga mempunyai kehidupan keluarga yang sama suramnya dengan Hwan - sehingga mereka dapat cepat akrab. Aku rasa Ju Ho juga menyimpan perasaan terhadap Hwan, tetapi ia berada dalam fase 'in-denial' dan berusaha menghapus perasaan itu. Karakter Ju Ho adalah seorang teman yang baik dan perhatian :). Jika harus memilih, meskipun aku suka sebagian besar karakter yang ada, favoritku adalah Chang Ryong :))

Overall, aku sangat terhibur dengan buku ini dan menikmatinya dengan baik dari awal hingga akhirnya. Meskipun aku bingung di beberapa bagian, karena pada dialog jarang disebutkan siapa yang sedang berbicara - sehingga waktu baca harus benar-benar fokus. Aku amat menantikan terbitnya buku kedua, dan semoga alur ceritanya berjalan lebih cepat dibandingkan buku yang pertama :) Thumbs up for Baek Myo!

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

***Terinspirasi dari blog ini, aku pun memutuskan untuk mencari gambar-gambar orang yang menurutku cocok dengan karakter yang ada dalam Sweet Melody. Karena jujur saja, ilustrasi yang ada di sampul bukunya kurang begitu pas (menurutku) (atau aku hanya ingin memasukkan gambar cowok-cowok unyu di post ini) :p Aku juga hanya memilih beberapa karakter penting yang ada dalam Sweet Melody :)


Lee Hwan
Tentunya aku memilih sosok cowok yang mempunyai sosok 'manis' - yang jika ia jadi perempuan pun akan jadi seseorang yang cantik. Tipe yang seperti ini biasanya disebut 얼짱 (ulzzang) atau pretty boy. Meskipun tidak tahu siapa cowok di atas, aku rasa foto ini cukup pas menggambarkan karakter Hwan (apalagi dengan eye-smile nya ^^).


Kim Chang Ryong
Entah karena aku sedang sangat menyukai aktor ini atau apa, aku merasa ia sangat cocok dengan karakter Chang Ryong. Chang Ryong adalah karakter yang amat ceria dan tingkat narsisnya luar biasa - tetapi ia juga menyimpan luka yang amat dalam. Dan playfulness yang terlihat di gambar ini menurutku sangat cocok dengan Chang Ryong.



Choi Ju Ho
Selain nama mereka yang mirip, aku rasa gambar di atas cukup bisa menggambarkan sosok Ju Ho yang baik. Karakternya tidak terlalu playful, tetapi perhatian pada sahabat-sahabatnya :))



Cha Hyeon Joo
Ia adalah seorang pianis cantik yang terkenal; tentu saja aku harus mencari sosok yang manis untuk Hyeon Joo yang menyukai Hwan ini.

**
semoga review ini tidak terasa terlalu panjang ^^;;

by.stefaniesugia♥ .

2 comments:

  1. Waaaah Suho! <3
    Kayaknya bukunya menarik... Aku udah baca karya Baek Myo yg lain (Cinderella & 4 Ksatria, GPU) itu juga bagus kak, meskipun emang ceritanya ala ala drama korea banget ^^

    Tirta @ I Prefer Reading

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap bukunya menarik kok :D aku jg lagi mau baca yg itu hihihi ;)))

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...