Friday, September 21, 2012

Book Review: Seoul Cinderella by Lia Indra Andriana

.
BOOK review
Started on: 16.September.2012
Finished on: 17.September.2012

Judul Buku : Seoul Cinderella
Penulis : Lia Indra Andriana
Penerbit : Penerbit Haru
Tebal : 224 Halaman
Tahun Terbit: 2012
Harga: Rp 27,200 (http://www.pengenbuku.net)

Rating: 4.5/5
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
"Jam sudah berdentang 12 kali. Putri Cinderella harus melepaskan semua cerita indahnya dan kembali menjadi Cinderella si pembantu rumah tangga."
Kisah ini adalah tentang Nia, seorang pembantu rumah tangga asal Indonesia yang bekerja untuk sebuah keluarga di Korea. Saat ia menerima telepon yang datang dari Indonesia, Nia merasakan amarah yang begitu besar muncul dari hatinya. Hal tersebut membuatnya pergi ke sebuah kedai untuk mabuk-mabukan - suatu kebiasaan yang cukup sering dilakukan orang Korea. Tindakannya tersebut malah mempertemukannya dengan Lee Hyun Jun; yang mengira Nia masih di bawah umur dan mengantarkannya pulang ke rumah saat mabuk. Tidak pernah Nia sangka sebelumnya bahwa Hyun Jun adalah adik majikannya.

Hyun Jun selalu bermasalah dengan kakaknya, yang selalu memintanya segera mencari pasangan dan menikah. Kakaknya selalu khawatir karena Hyun Jun pernah jatuh sakit karena terlalu sibuk bekerja; oleh karena itu Hyun Jun diminta untuk tinggal di rumahnya. Akan tetapi karena Hyun Jun berkeras hati menolak permintaan kakaknya, sebuah ide muncul: Nia diminta bekerja untuk Hyun Jun dan merawat lelaki itu di apartemennya. Namun bagi Nia, menjadi pembantu di apartemen Hyun Jun seorang diri bukanlah hal yang mudah; karena majikannya tidak tahu bahwa ia sama sekali tidak bisa memasak!
"Hyun Jun ssi, Anda tidak tahu istilah harga diri? Saya memang seorang pembantu. Saya bawahan Anda, tapi saya juga manusia. Saya merasa terhina. Sekadar maaf saja tidak cukup."
"Aku memang menyayangimu, Nia, seperti anakku sendiri. Tapi... kau bukan, ya kan? Manusia itu egois, Nia. Aku egois. Jadi, aku lebih sayang pada diriku sendiri. Itulah sebabnya."
Kejadian demi kejadian terjadi antara keduanya. Dimulai dari Nia yang berbohong bahwa ia bisa memasak padahal ia membeli makanan dari restoran; hingga kebohongan Hyun Jun yang membuat Nia berada dalam situasi yang tertuduh. Kebohongan keduanya tanpa sadar malah membuat mereka lebih mengenal satu sama lain. Hyun Jun pun akhirnya tahu kisah kehidupan Nia yang seperti Cinderella - yang dibohongi dan diinjak-injak oleh Ibu tiri dan Kakak tirinya sendiri. Mengetahui hal tersebut, Hyun Jun berusaha keras membantu Nia meraih kembali apa yang seharusnya menjadi miliknya. Nia sebenarnya bingung mengapa Hyun Jun berusaha demikian keras menolongnya; namun akhirnya ia mengetahui masa lalu Hyun Jun yang tidak kalah gelap dari dirinya.
"Nia pasti tidak baik-baik saja. Dibuang itu menyakitkan. Menerima kenyataan bahwa tak ada yang menyayngi, itu lebih menyakitkan. Ia pernah mengalaminya. Dan tidak enak rasanya mengalami hal itu sendirian."
Bagaimanakah nasib sang Cinderella yang malang?
Baca kisah selengkapnya di Seoul Cinderella.
image source: here. edited by me.
Setelah sebelumnya pernah mencicipi karya Lia Indra Andriana yang berjudul Seoulmate (review) dan Seoulmate is You (review), aku cukup yakin dengan tulisannya yang bertema Korea. Kali ini, dari judulnya pun kita sudah bisa menebak bahwa ceritanya pun bertempat di Korea. Dibandingkan dengan Seoulmate dan Seoulmate is You yang pernah aku baca sebelumnya, entah mengapa aku terasa lebih menyukai alur cerita di Seoul Cinderella ini. Ceritanya mengambil tema kisah Cinderella - beserta dengan Ibu dan saudara tiri yang jahat; dan cerita tersebut dimodifikasi sedemikian rupa menjadi kisah Seoul Cinderella ini.

Jujur saja, aku amat sangat menikmati cerita Seoul Cinderella ini, dan aku cukup banyak tertawa karena adegan-adegan konyol yang terjadi antara Nia dan Hyun Jun. Alur ceritanya sendiri tidak begitu rumit, karena sebagian besar terfokus pada perkembangan hubungan Nia-Hyun Jun dan hanya sedikit menceritakan masalah utamanya. Sebenarnya cukup disayangkan, karena aku berharap akan terjadi lebih banyak konflik yang rumit dan penuh intrik dalam cerita ini. Kisah antara Nia dan Ibu-Kakak Tirinya aku rasa kurang begitu diceritakan; padahal aku rasa akan timbul banyak emosi yang menggebu-gebu jika diperdalam. Demikian juga halnya dengan masa lalu Hyun Jun yang tidak diceritakan secara detail dan hanya dibahas sedikit saja menjelang akhir cerita; bahkan sampai cerita ini habis, masih ada satu pertanyaan tentang Hyun Jun yang menggantung di kepalaku. Meskipun begitu, cerita yang tergolong cukup ringan ini telah berhasil menghiburku; dan membaca buku ini adalah suatu hal yang menyenangkan.

Walaupun tidak ada ciri khusus yang membuat karakter utamanya (Nia dan Hyun Jun) istimewa, cerita ini membangun chemistry antara keduanya dengan sangat baik. Bisa dibilang adegan-adegan yang ada dalam buku ini adalah adegan yang biasa ditemui dalam drama romantic comedy ala Korea: konyol dan bikin ketawa, tapi romantis juga pada saat yang bersamaan. Meskipun karakter Hyun Jun disebut ambisius, perfeksionis, arogan, egois, seenaknya sendiri, dan pintar menipu orang oleh Nia, aku tidak bisa tidak jatuh cinta pada karakternya. (///^^///)

Overall, aku sangat menyukai cerita Seoul Cinderella ini - yang meskipun ringan dan alurnya sederhana, tetap sangat menghibur untukku. Dan walaupun sebenarnya aku berharap akan ada lebih banyak konfrontasi yang terjadi antara Nia dan Kakak tirinya (Eria) seperti yang sudah aku sebutkan sebelumnya, cerita ini tetap mengalir dengan sangat baik; terlebih karena gaya penulisan Lia Indra Andriana yang memang mudah dinikmati. Aku akan selalu menunggu karya terbaru Lia yang memuaskan kegemaranku membaca cerita dengan setting Korea :)
by.stefaniesugia♥ .

4 comments:

  1. Loh stef baru baca buku ini, kupikir udah baca dari dulu.. tapi cover barunya lebih bagus.

    Btw, aku suka sama wedding shoesnya, stef *salah fokus*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, ini terbitan baru yg d revisi kayaknya :D
      malah baru tau kalo ada edisi lamanya xD
      hahahha kq malah wedding shoesny yg dibahas xDD

      Delete
  2. kreatif ya pengarangnya Mbak.. Cinderella + setting an Korea yg lg marak" nya.. *jd pengen beli..hehehe..

    Salam kenal,
    Ertalin

    ReplyDelete
  3. Masuk list bacaku ini novel,. kayaknya seru :D

    salam kenal, Siro

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...