Saturday, March 3, 2012

Book Review: Jejak Kenangan by Rina Suryakusuma


 
BOOK review
Started on: 2.March.2012
Finished on: 3.March.2012


Judul Buku : Jejak Kenangan
Penulis : Rina Suryakusuma
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tebal :  264 Halaman
Tahun Terbit: 2011

 --------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

"Ally pantas menyimpan dendam dan amarah sebesar itu karena akhirnya Mama meninggal tanpa mendapatkan perawatan yang layak. Ketika berlutut di makam Mama yang tanahnya masih basah, Ally mengatupkan jemari erat-erat, memejamkan mata, dan sekali lagi meneguhkan sumpah dalam hati.


Suatu saat nanti, gadis brengsek itu akan menangis setiap malam, persis seperti yang Ally lakukan dalam kehampaan kamarnya..."


Allysa Gumulya, seorang perempuan berusia 20-an yang bekerja sebagai associate designer (perancang kartu) di Amsoft. Karir Ally di Amsoft terbilang sukses, karena kemampuannya yang dianggap sangat baik. Akan tetapi, tidak banyak orang mengetahui masa lalu Ally yang gelap dan pahit. Sejak kecil, Ally hanya tinggal berdua dengan mamanya; tanpa mengenal adanya seorang Ayah dalam kehidupannya. Ya, hal itu membuatnya disebut sebagai anak haram. Namun Ally tidak peduli, selama ia masih punya Mama sebagai tempatnya berpegang.

Hati Ally ketakutan ketika ia mendapati Mamanya menderita kanker yang sudah mencapai stadium empat. Ally tentu saja tidak menyerah dan ingin melakukan segala cara agar Mamanya bisa tetap hidup. Akan tetapi, Mamanya melarang Ally yang amat ia sayangi itu memohon-mohon minta pertolongan kepada sanak saudara mereka; karena ia tahu, Ally pasti hanya akan dihina. Menyanggupi permintaan Mamanya, Ally tidak meminta bantuan kepada keluarganya, tapi kepada orang lain. Parahnya, tindakan yang ia lakukan hanya membuatnya lebih menderita. Mamanya meninggal dunia, dan kehidupan sehari-harinya di sekolah terasa seperti neraka; dimana ia selalu diolok-olok dan disebut sebagai anak haram
 
"Ya, bersama perjalanan waktu, Ally akan memastikan gadis kejam itu menuai perbuatan yang ditaburnya. Ya, Ally bersumpah!"
 
 Kembali ke tempat kerja Ally, ia baru saja mendapatkan job besar yang diberikan oleh atasannya, Bu Fara. Pekerjaan tersebut menyangkut pembuatan kartu pernikahan orang penting; sampai-sampai semua tugas Ally yang lain dialihkan. Lewat pekerjaan inilah, Ally bertemu dengan sosok Ivan Sapoetra Adidjaja; sosok lelaki yang membuat hatinya tidak karuan semenjak pertemuan pertama, yang kemudian ia ketahui adalah tunangan dari putri Joseph Wibrata - yang kartu pernikahannya akan ia rancangkan. 

Pertemuan tersebut kemudian berlanjut menjadi pertemuan berikutnya; ketika Ally hampir saja diperas oleh preman-preman di sebuah kafe. Ivan yang tidak kebetulan berada di sana menyelamatkannya; dan pada saat itu, keduanya mengenal satu sama lain lebih dalam. Dan pada saat yang sama pula, ada suatu perasaan yang mulai tumbuh dalam hati keduanya. Namun Ally harus terus mengingat, bahwa Ivan sudah bertunangan dengan orang lain; meski hatinya tidak rela. Ally kemudian memutuskan untuk melupakan Ivan, dan melepaskan perasaannya.


"Gue nggak akan men-judge elo macam-macam. Gue kenal elo. Gue percaya sama elo. Tapi please, jangan main api ya?... Bagaimanapun lo harus ingat, dia udah punya tunangan..."


Tapi Ally pun tahu, Dianna benar. Ia memang bermain dengan sesuatu yang berbahaya. Dan yang akhirnya akan terluka adalah... perasaannya sendiri.


Segala sesuatunya menjadi amat sangat rumit, ketika Ally mendapati tunangan Ivan adalah gadis yang ambil andil dalam kepahitan masa lalunya; bahkan bisa dikatakan ia adalah penyebab kematian Mama Ally. Seketika, dendam yang begitu gelap yang ada dalam hati Ally selama bertahun-tahun, muncul kembali ke permukaan; semakin mendidih ketika kenangan pahit masa lalunya semakin membayangi. Saat itulah, Ally memutuskan untuk meraih Ivan yang ia cintai kembali, sekaligus membalaskan dendamnya yang terpendam.

"Ya, dunia berputar, esok akan datang, matahari akan bersinar kembali. Dan kesempatan untuk membalas semua perlakuan Nadia akan tiba..."

Lalu apa yang akan terjadi ketika Ivan mengetahui bahwa Ally mendekatinya kembali karena dendam?
Apakah Ally akan puas ketika berhasil membalaskan dendamnya,
tetapi kehilangan cinta sejatinya?


"Karena kekeraskepalaannya, karena dendam, karena tetap kukuh dan tidak mau mendengarkan nasihat orang lain, karena tidak mau berterus terang, Ally harus kehilangan cinta yang berharga."

Baca selengkapnya di Jejak Kenangan :) 



amazing amazing story! Sebenarnya plotnya simple; terlebih lagi sinopsis di balik buku ini sudah seperti menceritakan semua plotnya dengan jelas. Tapi aku suka sekali cara penulisnya membawakan cerita ini. Ini buku kedua Rina Suryakusuma yang aku baca setelah Lullaby, and i can proudly say, she's one my favorite authors now :) Aku sangat menyukai bagaimana ia menciptakan emosi yang begitu dalam pada karakter-karakternya; dan cerita ini sungguh terasa romantis dengan adanya pasangan Ally & Ivan :)  Dan meskipun sedikit-banyak endingnya bisa tertebak, aku tetap menyukai bagaimana cerita ini ditutup dengan manis. 

Aku punya beberapa karakter favorit dalam buku ini; yang pertama tentu saja:
♥ ♥ ♥  Ivan Sapoetra Adidjaja ♥ ♥ ♥ 
How can you not love this guy? He's the perfect husband-to-be. Seorang laki-laki yang capable dalam bekerja, sabar, penyayang, pengertian, namun tetap tegas dan berpendirian. Caranya mencintai Ally terasa begitu manis dan tulus sekali. Dan aku sama sekali tidak menyalahkan Ivan yang (bisa dibilang) selingkuh di balik tunangannya; karena Nadia memang menurutku teramat sangat keterlaluan. Dan apa yang dilakukan Ivan sangat bisa dimaklumi, apalagi ketika ia menemukan sosok Ally yang seperti langit dan bumi dengan Nadia. 
Lagi-lagi, another nominee for Top Boyfriends in 2012... ♥ 


"Ivan juga manusia. Sekali, ia masih bisa sabar. Dua kali pun bisa. Tetapi hampir setengah tahun? Hoho, dia bukan malaikat."
"Pepatah itu ternyata betul adanya: There's always something money can't buy. Untuk Ivan sekarang, hal itu bernama kebahagiaan, cinta, serta pengertian.


Karakter lain yang aku sukai dalam buku ini adalah Dianna dan Bu Fara; orang-orang yang mengeluarkan kata-kata bijak yang bisa jadi pelajaran hidup dalam buku ini. Lewat kehidupan yang dijalani Ally, banyak hal yang bisa dipelajari; salah satunya adalah tentang the power of forgiveness. Membalaskan dendam tidak akan membuat semuanya menjadi lebih baik, tetapi dengan membuka pintu maaf lebar-lebar. Something i need to remind myself. :)
 
Overall, of course a wonderful love story! ♥  :)
"Bersama Ally, Ivan jadi tahu bahwa cinta bisa punya banyak warna. Cinta tidak harus mengorbankan diri menjadi pihak yang lebih rendah. Cinta tidak harus selalu menang atau selalu mengalah. Cinta berarti kompromi. Cinta berarti meleburkan dua hati tanpa mematikan jati diri masing-masing. Cinta berarti komitmen untuk mempraktikkan makna sesungguhnya dari "memberi dan menerima" dalam kehidupan ini."

5/5 stars
by.stefaniesugia♥ 
ლ( ◕◡ ◕ ლ) 

3 comments:

  1. Nyaaa, tadi pegang-pegang buku ini di Gramed. Betapa nyarisnya buku ini terbeli..

    ReplyDelete
  2. betah banget liat-liat review di sini diiringi musik wkwkkw aku paling puas liat review ya ke sini. Kalo belum ke sini belum afdol :D kenapa kakak ga jadi penulis aja? *penasaran

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...