Monday, February 20, 2012

Book Review: Beautiful Mistakes by Sefryana Khairil & Prisca Primasari


BOOK review
Started on: 18.February.2012
Finished on: 19.February.2012

Judul Buku : Beautiful Mistakes
Penulis : Sefryana Khairil & Prisca Primasari
Penerbit : GagasMedia
Tebal :  260 Halaman
Tahun Terbit: 2012
 --------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Beautiful Mistake berisi tentang 2 kisah yang berbeda: Dreamland dan Chokoreto. Dreamland ditulis oleh Sefryana Khairil; sedangkan Chokoreto ditulis oleh Prisca Primasari. Meskipun kedua cerita ini sungguh bertolak-belakang dan memiliki feel yang berbeda, namun inti dari keduanya sedikit-banyak berhubungan satu dengan yang lainnya. Kembali pada judul buku ini, yaitu Beautiful Mistakes.

Karakter-karakter yang ada dalam buku ini masing-masing dalam perjalanan meraih impian mereka, menggapai sesuatu yang mereka harapkan. Meskipun dalam perjalanan tersebut seringkali mereka mengalami keraguan, merasa tidak mampu, dan hendak menyerah; semuanya adalah beautiful mistakes, kesalahan-kesalahan yang indah, yang membawa mereka pada keberhasilan.

Berikut adalah review singkat dari dua kisah yang terdapat dalam buku ini:


// D R E A M L A N D //
by Sefryana Khairil

Dimulai dari kisah seorang perempuan bernama Nadine. Hatinya sedang dalam keadaan yang tidak baik. Ia baru saja mendapati bahwa lelaki yang cintanya ia tunggu bertahun-tahun lamanya, memutuskan untuk menikah dengan wanita lain. Untuk mengobati luka hatinya, ia pergi ke sebuah bar di Bali bersama sahabat-sahabatnya. Ternyata tempat itulah yang membawanya bertemu dengan seseorang; orang yang akan mengubah hidupnya.

Orang itu adalah seorang bartender bernama Fajar. Semenjak pertemuan pertama mereka, Nadine merasa ada ketertarikan yang tidak bisa ia kendalikan. Pertemuan demi pertemuan membuat hubungan Nadine dan Fajar lebih dekat. Fajar yang dingin dan ketus entah bagaimana sepertinya tertarik secara tak sadar pada Nadine yang ceria dan periang. Namun ada sebuah rahasia tentang Fajar yang tidak Nadine ketahui awalnya; bahwa Fajar pernah mempunyai istri yang begitu ia cintai, bernama Mia. Kematian Mia beberapa tahun silam telah membuat Fajar menjadi orang yang berbeda. Dengan masa lalu yang terus membayangi Fajar, lelaki itu merasa ia tidak akan pernah bisa mencintai siapapun lagi; bahkan Nadine sekalipun.

"Mata Fajar terpejam erat.... berusaha mengenyahkan perasaannya. Selama ini, ia bertekad tidak memulai hubungan dengan perempuan mana pun, dan berhasil pada semua perempuan yang ditemuinya. Tetapi, kenapa tidak kepada Nadine? Kenapa setiap kali berada di dekatnya ia selalu lupa pada tekadnya?
Namun, ia tidak ingin jatuh cinta. Tidak ingin...lagi."

Akankah Fajar mampu lepas dari masa lalunya dan meraih masa depan yang lebih baik?
Nadine begitu mencintainya, akan tetapi ia dirundung dilema yang begitu berat di pundaknya.
Apakah Fajar akan membuat keputusan yang tepat ataukah mengambil langkah yang salah?

"Life is funny, isnt' it?
Saat ketemu kamu kali pertama, aku melarang diriku sendiri untuk jatuh cinta. Tapi jatuh cinta bukan hal mudah untuk dihindari. Saat itu, aku pikir, aku bisa bermimpi lagi. Bersama kamu. Tapi kenyataannya, nggak semudah itu."

Baca selengkapnya di Dreamland ;)

// C H O K O R E T O //
by Prisca Primasari

Kisah Chokoreto adalah sebuah kisah manis tentang perjuangan, persahabatan, dan bahkan cinta. Mungkin terasa manis seperti segelas coklat yang dihidangkan di kafe Chokoreto :)

Akai, atau lebih sering dipanggil Kai, adalah anak pemilik kafe coklat Chokoreto. Cerita ini dimulai dengan menceritakan kecerobohannya yang selalu memecahkan cangkir yang disayangi Ayahnya. Kemudian suatu hari Kai mendengar permainan piano tetangganya, Yuki Akihara, yang membuatnya penasaran dan mengingatkan pada masa lalunya yang pahit.

Yuki Akihara adalah seorang yang bermimpi untuk menjadi penulis; dan saat itu ia sedang menulis cerita tentang seorang pianis. Itulah alasannya mengapa ia giat belajar piano; untuk menghayati karakter yang ia ciptakan. Namun, beberapa hal menghalangi impiannya tersebut. Membuatnya ragu untuk melangkah maju. Dan tak lama kemudian, Yuki mendapati kenyataan bahwa Kai adalah seorang pianis yang luar biasa hebat. Akan tetapi lelaki itu menyerah dan membuang jauh-jauh impiannya menjadi seorang pianis hebat; karena Ayahnya yang menderita penyakit kanker paru-paru. Kai sudah kehilangan Ibunya ketika ia masih kecil; ia tentu akan melakukan apa pun agar ia tidak kehilangan Ayahnya - meskipun itu berarti ia harus kehilangan mimpinya.

Kai berjuang keras membantu Yuki mewujudkan impiannya menjadi penulis. Namun apakah Yuki bisa melakukan hal yang sama terhadap Kai?

"Karena kami berbeda. Aku mengorbankan cita-cita demi ayahku. Sementara Yuki-san, kupikir masalahnya tidak terlalu berat-"
"Dari sudut pandangmu," Ravel-sensei menyelesaikan, "karena kau tak pernah mengalaminya sendiri."

Baca selengkapnya di Chokoreto ;)
 --------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Awalnya aku pikir buku ini akan berisi satu cerita utuh yang ditulis oleh dua orang; sedikit tidak menyangka kalau ternyata setiap penulis membuat cerita yang berbeda :)

Dreamland dan Chokoreto keduanya memiliki ciri tersendiri; cerita Dreamland lebih fokus kepada kisah percintaan; yang mana karakter utamanya, Nadine, seolah benar-benar dibutakan oleh cinta dan melakukan segalanya demi Fajar yang ia cintai. Jujur saja aku tidak bisa mengerti perasaan sejenis itu; tentu saja alasannya karena aku belum pernah mengalami hal serupa. Sedangkan Chokoreto lebih cenderung membicarakan tentang perjalanan mengejar sebuah mimpi. Setiap orang yang mengejar mimpi mereka, pastinya akan menemukan kesulitan yang menghalangi mereka; dan kisah ini tepat menceritakan hal tersebut.

Overall, a nice book :) meskipun masih banyak kesalahan ketik yang sedikit mengganggu, but still a great one :) Hal yang sangat aku kagumi dari buku ini adalah layout cover buku ini yang sangat unik. Meskipun membuatku bingung karena tidak tahu bagaimana menyampulnya, tetapi covernya jadi sangat manis & unik. That's all for the long review ;)  
thank you for reading :)

*pictures are not mine. i just edited them :)*
4/5 stars
by.stefaniesugia♥
(。・‿ ​・。)

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...