Wednesday, October 5, 2011

Book Review: Dongeng Semusim

 BOOK review

Started on:  3.October.2011
Finished on: 4.October.2011

i just finished reading Dongeng Semusim by Sefryana Khairil;  and i have to begin this review with: unfortunately. because the book is not what i expected it to be. after i read Coming Home, i am very excited to read Sefryana's other books. but this one disappoints me a little. here's the review of the book in indonesian ✿◕ ‿ ◕✿

----
hmmm :| setelah selesai membaca novel ini, sedikit sulit untuk menentukan apakah buku ini buku yang bagus atau tidak. mungkin menurutku novel Dongeng Semusim ini terletak di antaranya: biasa-biasa saja. karena secara pribadi aku merasa ada beberapa bagian yang bagus, tetapi ada juga yang kurang.

novel ini berkisah tentang Sarah dan Nabil; yang pada awalnya diceritakan bahwa mereka akan menikah. Nabil adalah seorang lelaki dengan sifat yang keras, tidak menyukai aturan, dan hanya ingin menikmati hidupnya dengan fun. sedangkan Sarah adalah seorang wanita yang lembut. Sarah tidak pernah tidak memaafkan Nabil yang sering cuek dengan urusan pernikahan mereka dan seringkali seenaknya sendiri.
setelah menikah, Nabil berpikir bahwa semuanya akan tetap sama. namun perlahan-lahan begitu banyak perubahan yang muncul dalam pernikahan mereka. ketika Sarah hamil, Nabil juga tidak memberikan reaksi yang baik karena merasa bahwa mempunyai anak hanya akan merepotkan mereka; padahal yang ia inginkan hanyalah bersenang-senang. semenjak saat itu, banyak hal yang menyebabkan pertengkaran antara keduanya. dan karena begitu banyaknya masalah yang timbul, lama-kelamaan hubungan Nabil dan Sarah pun semakin renggang. Nabil pun frustrasi karena terlalu banyak perubahan yang terjadi dalam hidupnya; padahal selama ini segala sesuatu selalu berada dalam kendalinya. ia pun sempat berpikir untuk lari dan meninggalkan Sarah.

-akhir ceritanya? silahkan dibeli dan dibaca sendiri bukunya ;)

seperti yang sudah aku bilang tadi, novel ini mempunyai bagian yang bagus, tetapi juga ada bagian yang kurang (menurutku). yang aku suka dari novel ini adalah gaya penulisan Sefryana Khairil yang enak untuk dibaca. sedangkan bagian yang kurang menurutku adalah plot ceritanya yang sepertinya hanya berputar disitu saja. mungkin pertengkaran yang terus-menerus itu termasuk pengembangan plot, tetapi rasanya sedikit bosan kalau setiap kali yang dibaca hanya tentang Nabil dan Sarah yang bertengkar. hal kedua yang kurang aku sukai adalah karakter Nabil. secara penulisan, menurutku karakter dan sifat-sifat Nabil dituliskan dengan baik sekali; tetapi bagiku kelakuan Nabil terlalu menyebalkan dan seenaknya sendiri. jadi (maaf sekali) secara otomatis langsung nggak suka sama karakter Nabil.

tetapi overall, permasalahannya diselesaikan dengan baik; ceritanya cukup lumayan meskipun kurang seru :) 
i still like Coming Home much better than this one ;)


  3/5 stars
by.stefaniesugia♥

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...