Wednesday, April 9, 2014

Book Review: The After-Dinner Mysteries by Higashigawa Tokuya

.
BOOK review
Started on: 4.April.2014
Finished on: 7.April.2014

Judul Buku : The After-Dinner Mysteries
Penulis : Higashigawa Tokuya
Penerbit : Penerbit Haru
Tebal : 291 Halaman
Tahun Terbit: 2014
Harga: Rp 50,150 (http://www.pengenbuku.net/)

Rating: 4/5
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- 

Hosho Reiko adalah seorang polisi detektif yang bertugas di kantor Kepolisian Kunitachi dan bekerja di bawah Komandan Kazamatsuri - yang kemampuan menyelidikinya patut dipertanyakan. Komandan Kazamatsuri adalah putra dari pemilik perusahaan pembuat mobil terkenal, Kazamatsuri Motors; ia selalu membawa mobil Jaguar silver-nya ke TKP dan selalu membuat analisa yang sebenarnya tidak perlu dipertanyakan lagi kebenarannya. Sedangkan Hosho Reiko sendiri adalah putri tunggal pemilik Grup Perusahaan Hosho yang kaya raya, namun ia menutupi identitasnya tersebut selama ia bekerja sebagai polisi detektif. Tak jarang ia mengalami kesulitan saat berhadapan dengan kasus yang rumit. Hosho Reiko selalu menceritakan kasus-kasus tersebut kepada pelayannya, Kageyama - dan tanpa ia ketahui, Kageyama ternyata memiliki kemampuan analisa yang luar biasa.

Buku ini terdiri atas 7 kasus yang ditemui oleh Hosho Reiko dan Komandan Kazamatsuri selama bertugas, dan hampir semuanya adalah kasus yang aneh dan misterius. Kasus yang pertama berjudul 'Silahkan Lepas Sepatu Anda di TKP Pembunuhan', yang adalah kasus pembunuhan terhadap seorang perempuan bernama Yoshimoto Hitomi. Jasad korban menunjukkan bahwa ia tewas setelah dicekik, namun kejanggalannya terletak pada barang yang dikenakan oleh korban. Yoshimoto Hitomi mengenakan rok mini berbahan denim dan kemeja, menyandang tas ransel kecil, dan ia juga mengenakan sepatu bot di dalam rumah. Petunjuk yang diperoleh Reiko dan Komandan Kazamatsuri juga membuat mereka semakin bingung; hingga akhirnya Kageyama-lah yang berhasil mengungkap kebenaran kasus tersebut pada Reiko.
"Pria yang bernama Kageyama ini adalah pelayan sekaligus sopir yang bekerja untuk keluarga Hosho. Bagi Reiko, dia adalah pelayan yang setia... Dengan status sosialnya sebagai pelayan, dia memiliki satu sisi yang bermasalah. Pria ini terkadang membuat Reiko pusing tujuh keliling dengan tindakannya yang kurang menyenangkan serta kata-katanya yang bikin emosi. Walaupun begitu, alasa Reiko tidak bisa memecatnya adalah kemampuan tidak biasa yang dimiliki Kageyama..."
Kasus yang kedua, 'Maukan Anda Mencoba Anggur Kematian', adalah kasus yang meliputi keluarga Wakabayashi - pemilik sebuah klinik hewan. Kematian Wakabayashi Tatsuo yang berusia 62 tahun ini penuh dengan misteri, karena dapat terlihat sebagai kasus bunuh diri. Berdasarkan petunjuk yang ada, korban tewas setelah meminum anggur yang diketahui mengandung racun. Korban meninggal setelah berdebat dengan anggota keluarganya karena hendak menikahi pembantu rumah tangga mereka. Walaupun kasus ini mungkin adalah kasus bunuh diri, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa anggota keluarganya sendiri yang telah melakukan pembunuhan terhadap Wakabayashi Tatsuo.

Masih ada lima kasus lain yang tidak kalah menarik dan misterius; antara lain adalah korban yang jasadnya dibaringkan di atas bunga mawar, kasus tentang lelaki yang suka berselingkuh, kematian seseorang yang meninggalkan pesan, dan lain sebagainya. Dalam setiap kasus, tentunya Kageyama selalu berhasil memberikan jawaban yang tepat sasaran hanya dengan mendengarkan penjelasan dari Reiko. Selain kasus yang membuat penasaran, interaksi antar karakter yang kocak juga akan sangat menghibur pembaca.
"Mendengar itu, saya jadi lega. Sebenarnya saya diam-diam sudah khawatir. Sejak saya mulai ikut campur dalam kasus-kasus Tuan Putri, saya berkali-kali memecahkan kasus-kasus yang sulit sendirian. Hasilnya, perlahan-lahan Tuan Putri mulai menjadi sosok yang tidak berguna..."
Baca kisah selengkapnya di The After-Dinner Mysteries.
image source: here. edited by me.
Saat akan mulai membaca buku ini, aku cukup bersemangat karena buku ini bertema misteri - tetapi ternyata selain misteri, The After-Dinner Mysteries juga mengusung unsur komedi dalam ceritanya. Oleh karena itulah karakter utama yang seharusnya pandai dalam melakukan analisa sebagai seorang polisi detektif, malah seringkali tidak mampu mencari kebenaran dalam sebuah kasus. The After-Dinner Mysteries terdiri atas 7 (tujuh) kasus terpisah, dan bisa juga dibaca secara terpisah tanpa harus mengikuti urutan dalam bukunya. Dalam setiap kasus, ceritanya terus mengulangi fakta bahwa Hosho Reiko adalah putri dari keluarga kaya raya dan juga Komandan Kazamatsuri yang adalah putra pemilik perusahaan Kazamatsuri Motors. Dapat diktakan, sebagian besar kasus yang ada di dalam buku ini menggunakan formula penulisan yang serupa: dimulai dari penjelasan kasus bagaimana terjadinya pembunuhan/tindak kejahatan, Hosho Reiko dan Komandan Kazamatsuri melakukan penyelidikan awal tanpa hasil, dan diakhiri dengan Hosho Reiko yang mencari jawaban pada pelayannya Kageyama - hanya untuk 'dihina' karena ketidakmampuannya. Meskipun demikian, aku sangat menikmati penjabaran setiap kasusnya, dan sering tertawa sendiri melihat tingkah laku Komandan Kazamatsuri yang terlalu percaya diri dan suka pamer.

Tidak ada banyak karakter dalam buku ini; karakter yang selalu muncul adalah Hosho Reiko, Komandan Kazamatsuri, dan tentunya Kageyama. Karakter favoritku dalam buku ini tentu saja adalah Kageyama; satu-satunya karakter yang cerdas dalam buku ini. Aku selalu tidak bisa menahan tawa setiap Kageyama secara blak-blakan menuding kebodohan Tuan Putri-nya. Dan setiap kali Reiko meledak-ledak marah karena perkataan Kageyama, ia dengan tenang meminta maaf dan bertubi-tubi memberi pujian pada Tuan Putri (yang tentunya terdengar tidak begitu tulus). Selain itu, Reiko juga adalah karaker yang menyenangkan; dan harga dirinya sebagai Tuan Putri membuatnya tidak rela dikatai oleh pelayannya sendiri.
"Ooh, Tuan Putri..." Kageyama menggeleng-gelengkan kepala menunjukkan kekecewaan yang mendalam, menatap Reiko dengan pandangan menyedihkan. "Tuan Putri seharusnya adalah seorang detektif yang aktif di divisi investigasi di kantor Kepolisian Kunitachi. Tolong sedikit saja Tuan Putri pikirkan sendiri. Karena itulah makanya Tuan Putri dibilang dengan sebutan 'sosok yang tidak berguna'."

The After-Dinner Mysteries yang berasal dari Jepang ini telah menerbitkan tiga buku dalam serialnya, dan aku sangat berharap Penerbit Haru juga akan menerjemahkan kelanjutannya. Aku sangat penasaran apakah akan ada perkembangan karakter di buku kelanjutannya - apakah mungkin Reiko akan menjadi sedikit lebih pandai? Atau mungkin akan ada sesuatu yang 'lebih' terjadi antara Reiko dan Kageyama? Selain itu, The After-Dinner Mysteries juga telah diadaptasi menjadi serial TV di Jepang, diperankan oleh Sho Sakurai (sebagai Kageyama) dan Keiko Kitagawa (sebagai Reiko). Menurutku dua orang ini sangat cocok memerankan karakter yang ada dalam buku ini :)) The After-Dinner Mysteries juga diangkat ke layar lebar pada tahun 2013, diperankan oleh aktor dan aktris yang sama.

Pada akhirnya, aku sangat menikmati kisah The After-Dinner Mysteries; buku ini juga adalah salah satu buku Jepang terjemahan yang aku sukai :) Penerjemahan dalam buku ini sangat luwes dan mudah dimengerti - kesan komedi dalam ceritanya pun tersampaikan dengan baik. Semoga kelanjutan buku dalam serial The After-Dinner Mysteries ini akan dapat terus menghibur pembaca dengan kasus-kasus yang ringan namun misterius.

 
by.stefaniesugia♥ .

4 comments:

  1. Kelihatannya Kageyama yang suka nyindir2-gimana sama tuannya kayak Sebastian di Black Butler ya =)) cuma, emmang kalau di situ majikannya memang pinter sih xD
    Duh, jadi makin mupeng baca buku ini karena kasus-kasusnya kayaknya menarik (#...). dan pengin nyoba misteri yang ada unsur komedinya xD Semoga saya bisa kesampaian baca dan punya buku ini :''')

    Terima kasih untuk reviewnya kak^^

    Khairisa R. P
    http://krprimawestri.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup kasus2nya menarik kok, meskipun ada unsur komedi, misterinya tetep dapet ;))
      Sama2 ;*

      Delete
  2. Kak, judul yg ke3- ke7 apa kak? Pengen tau, supaya jadi belinya nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3. Ada Zat Mematikan pada Mawar yang Indah
      4. Mempelai Wanita Berada dalam Ruangan Terkunci
      5. Hati-hati Jika Berselingkuh
      6. Inilah Pesan dari Orang Mati
      7. Cinta Berlebihan dalam Keluarga Hosho

      Happy reading! ;)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...