Tuesday, April 2, 2013

Periplus Online Bookshop Review

.
 
Beberapa waktu yang lalu - sekitar awal bulan Maret - aku menerima sebuah email dari Periplus yang berisi sebuah voucher sejumlah IDR 100,000,- untuk berbelanja di Periplus Online Bookshop. Setahuku, website Periplus tidak begitu berfungsi sebagai online shopping - tetapi voucher yang hanya berlaku selama 2 minggu itu berhasil merayuku untuk menggali website-nya untuk mencari buku yang aku inginkan. Bagi yang belum pernah berbelanja di toko buku online ini, berikut adalah review singkatku dari pengalaman belanja pertama di Periplus Online Bookshop. *Ini adalah review pertamaku untuk toko buku online; jika ada hal lain yang ingin kalian ketahui atau ada bagian yang kurang jelas, silahkan tulis di komentar :))

WEBSITE: Periplus Online Bookshop membagi buku yang tersedia ke dalam berbagai macam kategori untuk memudahkan pencarian. Dimulai dari buku Arts & Photography, Biographies, Business, Design, Literature & Novels, dan lain sebagainya. Dalam setiap kategori juga dibagi menjadi bagian Bestsellers, New This Week, dan Most Viewed - untuk memberitahu pengunjung buku apa saja yang terkenal, baru, dan juga banyak dilihat oleh pengunjung yang lain.

ORDER: Aku melakukan checkout pada tanggal 6 Maret 2013, dan kemudian menerima email konfirmasi yang berisi buku pesanan dan instruksi pembayaran. Metode pembayaran di Periplus Online Bookshop antara lain transfer via Bank, Mandiri Clickpay, CIMB Clicks, Visa/Mastercard. Aku hanya familiar dengan transfer dan pembayaran melalui Visa/Mastercard; tetapi karena Periplus adalah toko online lokal aku lebih memilih membayar melalui transfer. Terdapat pilihan untuk shipping juga, melalui RPX atau JNE - terdapat perbedaan harga antara keduanya. Setelah melakukan proses pembayaran (dalam kasusku transfer bank), harus dilakukan konfirmasi melalui website di bagian account: Payment Confirmation. Data yang perlu diisi dapat dilihat pada gambar di bawah, dan setelah itu Periplus akan mengirim email yang menyatakan bahwa pembayaran sudah diterima. Perkiraan barang sampai adalah 4-15 business day (tidak termasuk Sabtu, Minggu, dan hari libur).


PACKAGE: Paket barang tiba tanggal 29 Maret 2013; yang agak meleset dari perkiraan waktunya - membuatku sedikit tegang apakah barangnya tersesat atau tidak. Akan tetapi aku bersabar menunggu dan akhirnya paket buku besar ini datang (karena buku pesananku ukurannya cukup besar). Buku dibungkus dengan amplop kardus 'raksasa' yang dilekatkan dengan lem tembak sehingga keamanannya terjaga. Akan tetapi proses pembukaannya juga jadi sedikit sulit dan butuh banyak tenaga (for me, at least). Meskipun begitu, paket yang luar biasa aman membuat kondisi buku yang ada di dalam sangat terjaga dan mulus.


OVERVIEW: Secara keseluruhan, aku cukup puas dengan pengalaman belanjaku yang pertama di Periplus Online Bookshop. Meskipun harganya cukup mahal, buku yang tersedia cukup lengkap dan banyak pilihannya. Proses pembayarannya pun aku rasa cukup standard dibandingkan dengan online bookshops yang lain. Dan setelah order pertama, Periplus mengirimkan voucher kedua kepadaku senilai IDR 52,000 (mungkin bergantung pada nominal pembelanjaan yang pertama)...... Apakah ini berarti aku harus berbelanja lagi.......? :1

*Dalam paket juga terdapat bonus kalender dalam bentuk sarung bantal - yang juga akan didapatkan jika berbelanja di toko buku Periplus. Gambar di bawah adalah buku hasil belanjaanku yang pertama di Periplus Online Bookshop. Aku cukup senang dapat menemukan buku design yang jarang aku lihat di toko buku Periplus sendiri.


Jika ada informasi yang kurang lengkap atau ada yang ingin kalian ketahui lebih lanjut, silahkan tuliskan komentar di bawah agar review bookshop-ku yang berikutnya dapat ditulis lebih baik lagi :) Semoga informasi ini berguna ^^

by.stefaniesugia♥ .

6 comments:

  1. Whiii aku udah lama pengen coba Periplus online sebenernya. Tapi waktu aku mau pesen tiba-tiba website-nya entah down atau bagaimana jadi aku gak jadi pesen deh. Tau-tau pas websitenya berfungsi lagi, aku lupa username sama passwordku. Ahahahaha...
    Aku lagi nyari alternatif toko buku online buat novel import sih, soalnya agak ga puas dengan service TBD belakangan ini. Ini mungkin bisa kucoba. Packagingnya mirip Opentrolley, pake kardus. Lebih aman ya jadinya.
    Ongkir pake tarif apa ya Stef? Aku kok ga nemu di websitenya info soal ini? ehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi knapa servicenya TBD? :O
      ongkirnya ada dua pilihan, pake RPX atau JNE. JNE lebih mahal dikit sih harganya :D aku tauny pas wktu checkout baru ada pilihanny gtu ^^

      Delete
    2. 3 buku pesananku yang terakhir di sana pas nyampe kondisinya udah nggak oke, kayak buku yang lama didisplay di toko buku tanpa plastik. Nggak tau kenapa, karena ternyata nanya ke orang-orang yang suka pesan di TBD gak pernah ada yang ngalamin kasus kayak aku. Paling kasusnya paket nggak sampe. Emang sih direfund waktu buku pertama sampe, tapi nerima buku kayak gitu 3 kali berturut-turut aku males juga minta refund terus, kesannya kok nyari gratisan. Jadi aku complain aja tapi bilang ga mau minta refund dan untuk sementara ngga mau belanja di situ dulu.

      Oh murahan RPX ya? Kalo opentrolley pake RPX, malah lebih mahal dari JNE ke Jakarta.

      Delete
    3. ooohhh :OO
      untung ak belom pernah kena yg kyk bgitu sih :(
      iya RPX lebih murah dikit :D
      aku jg brusan coba blanja d opentrolley, lg tunggu barang dtg ^^

      Delete
  2. hai kak stef *mampir lagi* hihi, periplus ada stiker(nama perusahaan importir kayaknya) yang biasa nempel seperti buku import di gramedia ngga kak?
    pengen coba beli di periplus karna harganya udah mulai bersaing tipisss sama TBD, currency kills these days D:

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai juga! ;) setauku sih ngga ada stikernya :\
      iya coba aja, utk buku2 populer Periplus lumayan lengkap kok ;D

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...