Saturday, February 25, 2012

Book Review: Jatuh Cinta by Jevo Jett


BOOK review 
Started on: 23.February.2012
Finished on: 24.February.2012

Jatuh Cinta by Jevo Jett

Judul Buku : Jatuh Cinta
Penulis : Jevo Jett
Penerbit : GagasMedia
Tebal : 302 Halaman
Tahun Terbit: 2012
 --------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

"Hidup memang penuh kejutan, dan Tuhan selalu punya cara untuk mempertemukan dua anak manusia."

Buku ini mengisahkan tentang kehidupan sekumpulan remaja yang mengalami berbagai pengalaman jatuh cinta. Cerita ini berawal dengan seorang lelaki bernama Veryd, yang lebih sering disebut Ryd dalam buku ini. Ia adalah seorang ilustrator komik yang berbakat. Sebelum mulai masuk sekolah, Ryd menghabiskan sisa liburannya dengan pergi sendirian ke Jogja; dan takdir membawanya bertemu kembali dengan sahabat lamanya waktu SD yang bernama Sasa. Keduanya pun mengenang kembali persahabatan mereka, dan sepertinya Ryd merasakan ada sesuatu yang berbeda dalam hatinya.

Ketika Ryd masuk sekolah; ia berkumpul kembali dengan sahabat-sahabat terdekatnya: Jessie, Teby, Bino, dan Jimi. Bersama-sama, mereka menjalani kehidupan layaknya anak SMA pada umumnya. Kisah ini menceritakan persahabatan mereka dan apa saja yang telah mereka lalui bersama. Salah satu sahabat Ryd, Jessie, mendorong Ryd untuk kembali dengan mantan pacarnya yang bernama Elvera. Setelah tidak bertemu untuk waktu yang lama, Ryd dan Elvera mempunyai hubungan yang cukup baik.

Lalu apakah yang akan menjadi pilihan Ryd? Apakah ia akan memutuskan untuk menjalin hubungan kembali dengan mantan pacarnya? Atau Ryd akan meraih Sasa meskipun jarak antara mereka jauh?

"Memang, laki-laki yang mengejar dan perempuanlah yang pada akhirnya menentukan bagaimana relationshipnya. Yang satu menanti pengumuman, yang satu menanti waktu kunjungan berikutnya. Ibaratnya, posisi mereka seperti duduk manis di ruang tunggu. Dan yang namanya menunggu, di mana pun pasti tidak enak."

Baca selengkapnya di Jatuh Cinta


Novel ini menceritakan tentang kehidupan anak remaja yang dalam perjalanan merasakan perasaan yang bernama jatuh cinta. Akan tetapi sayang sekali, karena menurutku buku ini tidak menggambarkan pengalaman tersebut dengan cukup baik. Selain alur cerita yang sedikit membingungkan - karena tidak fokus, aku merasa sulit sekali untuk menyukai karakter-karakter yang ada dalam buku ini.

Karakter Ryd dalam buku ini digambarkan sebagai laki-laki (yang menurutkupenggombal sekali. Ia adalah tipe lelaki yang hobi menggoda perempuan dan selalu mengucapkan rayuan gombal. Oleh karena itu, perasaan cinta yang seharusnya ia rasakan jadi tidak tergambarkan dengan baik. Membuatku merasa bahwa perasaan cinta yang dirasakan Ryd mungkin hanya main-main saja. 

Demikian juga halnya dengan sahabat-sahabat Ryd; tidak ada satupun yang berhasil menarik perhatianku untuk menyukainya. Sahabat lelaki Ryd digambarkan sebagai cowok-cowok mata keranjang yang selalu memperhatikan lekuk tubuh perempuan. Selain itu, banyak sekali makian yang kasar yang diucapkan oleh mereka (meskipun di buku ini kata tersebut disensor, tapi aku tetap bisa mengetahui apa kata yang dimaksud).

Semua unsur-unsur tersebut membuat buku ini jadi terasa datar dan tidak ada sesuatu yang istimewa bagiku. Overall, sayang sekali buku ini gagal untuk menghiburku :( Mudah-mudahan penulisnya akan berkembang lebih baik lagi untuk yang berikutnya :)
 
 2/5 stars
by.stefaniesugia♥ 
ლ( ◕◡ ◕ ლ)

6 comments:

  1. Ini novel baru terbit kan ya~
    Jevo Jett pengarang baru mungkin

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya masih agak baruu :)
      emg buku perdana nih penulisnya ky :D

      Delete
  2. Uwaah baru tahu ada buku ini, covernya unyu banget!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa covernya cantik bngt!
      *tertipu cover* kkk

      Delete
  3. aku suka dengan quote: "in real life, bad guys is actually really, really cute" hihihi

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...