Monday, August 10, 2015

Review Toko Buku Online Belbuk.com

.
(Artikel ini disponsori oleh Belbuk.com. Semua opini yang tertulis dalam artikel ini adalah opini saya pribadi.)
 
Website | Facebook | Twitter
 
Selama ini aku hanya pernah menulis review toko buku online yang mayoritas menjual buku-buku impor. Dan di kesempatan kali ini aku akan me-review sebuah toko buku online yang dapat memenuhi kebutuhan buku-buku lokal, yaitu Belbuk.com. Saat ini ada cukup banyak toko buku online, tetapi salah satu kekhawatiran konsumen adalah apakah toko buku online tersebut bisa dipercaya atau tidak. Bagi yang memiliki pemikiran tersebut, Belbuk.com mungkin bisa jadi pilihan :) Dalam review ini aku akan menjelaskan proses pembelanjaanku melalui Belbuk.com dari awal hingga akhir dan juga opini pribadiku mengenai toko buku online ini.


WEBSITE: Halaman depan Belbuk.com menampilkan pilihan buku-buku terbaru dan juga yang akan segera terbit. Pada bagian sebelah kiri website juga terdapat berbagai macam kategori buku yang dapat memudahkan pencarian jika konsumen mencari jenis buku tertentu. Ada kategori Novel & Sastra, Biografi & Memoar, Masakan, Psikologi & Pengembangan Diri, dan lain sebagainya. Setiap kategori kemudian dibagi menjadi sub-kategori yang lebih spesifik jika dibutuhkan. Buku-buku dalam setiap kategori dapat diurutkan berdasarkan Terbaru, Jumlah Tinjauan, dan Terlaris. Apabila konsumen sudah mengetahui judul/nama penulis yang dicari, terdapat juga search bar yang dapat digunakan.

Bagi yang baru pertama kali mengunjungi website ini, terdapat instruksi Cara Pembelian pada bagian pojok kanan atas. Dijelaskan bagaimana cara mendaftar, membeli buku, mengisi alamat pengiriman, metode pembayaran, hingga konfirmasi pembayaran. Jika sudah memiliki akun, konsumen dapat melihat halaman Akun Saya, yang berisi detail Riwayat Pesanan, Daftar Produk yang Dipesan, halaman Konfirmasi Transfer, dan Buku Alamat yang berisi alamat pengiriman. Bagian Riwayat Pesanan memudahkan konsumen untuk melihat status pesanan secara detail; dimulai dari Menunggu Pembayaran > Konfirmasi Transfer > Pembayaran Diterima > Dibungkus > hingga Dikirim.
ORDER: Pemesanan aku lakukan pada tanggal 4 Agustus 2015; dan dalam proses pemesanan, konsumen bisa memilih Metode Pengiriman yang diinginkan (menggunakan JNE atau TIKI). Dan berikutnya, konsumen juga bisa memilih Metode Pembayaran; melalui Transfer Rekening BCA, Rekening Mandiri, Rekening BNI, Rekening BRI, ataupun melalui Paypal dengan kurs USD. Banyaknya pilihan metode pembayaran akan mempermudah konsumen yang tidak memiliki rekening tertentu sehingga tidak perlu dikenai biaya tambahan. Aku melakukan pembayaran dan konfirmasi transfer pada hari yang sama.

EMAIL: Setelah melakukan konfirmasi pembayaran, aku menerima e-mail yang menyatakan status bahwa Pembayaran Diterima. Dan hari berikutnya, tanggal 5 Agustus 2015, aku menerima e-mail kedua yang berisi pemberitahuan bahwa pesanan telah Dikirim beserta No. Resi pengiriman yang bisa di-track melalui website TIKI/JNE. Status pesanan juga bisa diperiksa pada bagian Akun Saya di website Belbuk.com seperti yang sudah aku sebutkan sebelumnya.


PACKAGE: Paket buku sampai tanggal 7 Agustus 2015, sesuai dengan perkiraan lama pengiriman 2 s/d 3 hari kerja. Paket bukunya terbungkus dengan baik menggunakan kertas coklat yang kuat dan tidak gampang sobek. Selain itu, paket masih dimasukkan ke dalam kantong plastik TIKI/JNE yang menjaga paket agar tidak basah. Buku yang ada di dalam paket masih tersegel dan terbungkus plastik, sehingga dapat menghindari buku yang terlipat atau sobek.


OVERVIEW: Secara keseluruhan, aku puas dengan pengalaman berbelanjaku di Belbuk.com. Proses belanja cukup mudah dan tidak sulit untuk dimengerti, respon yang diberikan serta proses pengiriman paket buku juga cepat. Salah satu faktor yang aku suka dari toko buku online ini adalah status pembelanjaan yang bisa dilihat sendiri oleh konsumen untuk memastikan apakah paket sudah dikirim atau belum. Harga yang ditawarkan oleh Belbuk.com juga cukup bersaing dengan toko buku online lain yang menawarkan produk serupa. Semoga untuk ke depannya Belbuk.com akan semakin memperbanyak koleksi / pilihan buku yang bisa dibeli dan dapat memenuhi kebutuhan membaca masyarakat Indonesia :))
 


Semoga review ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari toko buku online terpercaya untuk melakukan pembelanjaan. Jika ada informasi yang kurang, silahkan tuliskan di bagian komentar dan aku akan berusaha untuk menjawab sesuai dengan apa yang aku ketahui. Akhir kata, aku mengucapkan terima kasih untuk Belbuk.com yang sudah memberiku kesempatan untuk berbelanja dan me-review toko buku online ini :)

Check out my other online bookstore reviews:
 
by.stefaniesugia♥ .
 

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...