Thursday, April 11, 2013

Opentrolley Online Bookstore Review

.

Kali ini aku akan menuliskan review-ku yang kedua untuk sebuah toko buku online, yaitu Opentrolley. Bermula dari sebuah email yang (lagi-lagi) mengirimkan sebuah voucher berbelanja untuk kugunakan di online bookstore tersebut, sejumlah IDR 50,000. Sejujurnya, aku mendengar dan mengenal nama Opentrolley baru-baru ini, saat beberapa member BBI menceritakannya di blog mereka. Dan tentu saja, aku merasa ini adalah sebuah kesempatan yang baik untuk mencoba berbelanja di sini. Perlu diketahui, Opentrolley adalah online bookstore yang berasal dari Singapura dan menjual jutaan judul buku impor. Jadi, bagi yang suka berbelanja buku impor, mungkin Opentrolley bisa menjadi alternatif tempat belanja kalian :) Berikut adalah review singkatku dari pengalaman belanja pertama di Opentrolley Bookstore.

WEBSITE: Opentrolley Bookstore mempunyai lebih dari puluhan kategori yang bisa kita telusuri, dan juga memudahkan pengunjung dengan adanya kategori Top 1000 Books/Fictions/Non-Fictions, dsb. Terdapat juga kategori yang membagi buku berdasarkan kisaran harganya, bahasa, tahun terbit, jenis binding, dan juga status stock-nya. Status stock terdiri atas In Stock, Low Stock, Preorder, Restocking, dan Special Order. Selain itu tentu saja ada bagian Bestsellers dan New Release, untuk mempermudah pengunjung yang mungkin bingung ingin membeli buku apa. Selain menjual buku, Opentrolley juga mempunyai bagian yang menjual barang-barang Non-Book Items. Website ini memberikan banyak kemudahan, dan juga mempunyai detail yang jelas tentang setiap buku yang ada.

ORDER: Aku melakukan checkout pada tanggal 27 Maret 2013, dan kemudian menerima email konfirmasi yang berisi kode transaksi, buku pesanan, dan instruksi pembayaran. Dalam email tersebut tercantum rekening Opentrolley, dan pembayaran harus dilakukan dalam jangka waktu 3 hari. Metode pembayaran di Opentrolley Bookstore adalah pembayaran dengan Visa/Mastercard (credit card) atau pembayaran melalui transfer bank. Jika memilih untuk membayar melalui transfer bank sepertiku, setelah melakukan transfer kita diminta untuk mengirimkan email konfirmasi yang berisi sebagai berikut:
Setelah melakukan transfer, mohon kirimkan email ke customers@opentrolley.co.id (Subject: Bank Transfer OK) dengan informasi sebagai berikut:
- Nomor transaksi
- Nama pembayar
- Jumlah uang yang ditransfer: ???
- Tanggal transfer: ???
- Kode referensi transfer: ???
  • Jika anda melakukan transfer dari Bank BCA, kami akan menerima pembayaran langsung pada hari yang sama.
  • Jika anda melakukan transfer dari Bank lain, kami akan menerima pembayaran dalam waktu 1 – 2 hari kerja.
  • Jika anda memiliki rekening di BCA, disarankan supaya anda melakukan transfer dari rekening tersebut sehingga kami dapat langsung menerimanya dan akan lebih cepat memproses serta melakukan pengiriman pesanan, karena proses dilaksanakan ketika dana sudah diterima dan bukan berdasarkan tanggal anda melakukan transfer.
Aku melakukan transfer dan konfirmasi pada hari yang sama, kemudian mendapatkan email balasan besoknya yang menyatakan bahwa pembayaran telah diterima. Perkiraan tanggal pengiriman adalah 4 April - 16 April 2013.

PACKAGE: Tanggal 4 April 2013, aku menerima e-mail yang mengabarkan bahwa paket barang sudah diambil oleh kurir dan akan diterima dalam 2 hari kerja. Paket sampai tanggal 9 April 2013; sedikit meleset dari perkiraan tetapi belum sempat membuatku kebingungan tentang keberadaan paketnya. Dikirim oleh RPX, paketnya terbungkus dengan amplop plastik yang direkatkan dengan kuat. Di dalamnya terdapat kardus yang dilipat untuk melindungi buku dan diamankan dengan lakban/isolasi coklat. Bukunya sendiri masih dibungkus dengan menggunakan bubble wrap untuk memastikan keamanannya.


OVERVIEW: Secara keseluruhan, pengalaman pertamaku berbelanja di Opentrolley Bookstore dapat dikatakan memuaskan. Buku yang tersedia sangat banyak dan lengkap (aku bahkan sempat berpikir mungkin buku ini tidak tersedia, tetapi ternyata ada), hanya sayangnya harganya sangat mahal sekali. Untuk buku-buku paperback rata-rata aku lihat harganya diatas IDR 150,000, apalagi hardcover yang bisa mencapai harga di atas IDR 300,000. Proses pembayarannya cukup umum dan tidak ada yang istimewa dibandingkan dengan online bookstore yang lain. Akan tetapi satu hal yang aku sukai dari Opentrolley adalah ketepatan waktunya dalam pengiriman; karena masalah waktu cukup sering menjadi keluhan bagi para pelanggan online bookstore yang lain. Semoga di lain kesempatan saat aku membutuhkan buku impor dalam waktu yang singkat, aku dapat berbelanja lagi di Opentrolley :)

Dan ini adalah buku hasil belanja pertamaku di Opentrolley Bookstore: The Happiness Project by Gretchen Rubin :)


Jika ada informasi yang kurang lengkap atau ada yang ingin kalian ketahui lebih lanjut, silahkan tuliskan komentar di bawah agar review bookshop-ku yang berikutnya dapat ditulis lebih baik lagi :) Semoga informasi ini berguna ^^
 
by.stefaniesugia♥ .

8 comments:

  1. Iya, aku juga merasa harganya terlalu mahal kalau dibanding TBD misalnya. Padahal kalau kita order biasa, akan kena ongkir lagi. Dan ongkir ke Sby kalo gak salah 18.000 lhoo :(, emang flat sih untuk beberapa buku, tp kan berarti harus belanja banyak?

    Selain ketepatan waktu, juga packingnya safe banget ya? Sampe berlapir-lapis. TBD kalah nih, beberapa kali ujung sampul buku agak gak mulus karena pengiriman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju soal buku TBD.. Ternyata packagingnya kurang safe ya. Tapi aku juga ngerasa Opentrolley packagingnya terlalu boros bahan dan nggak ramah lingkungan (Plastik, kardus, bubble wrap). Tapi kalo ditanya sebaiknya packaging yang baik kayak apa aku juga bingung. Ehehehe...

      Soal harga Opentrolley juga aku setuju. Masalahnya, dibanding Periplus online aja Opentrolley masih lebih mahal. Padahal kirimnya sama-sama pakai RPX.

      Delete
    2. Ongkir ke Yogyakarta kayaknya 20.000 *mahal*
      Kayaknya aku bakal ke OT kalo emang lagi ngebet bgt sama suatu buku. Selain itu mending ke TBD ajah deh :P

      Delete
    3. Iya kalo masalah harga aku masih ttp milih TBD sih :) berkunjung ke OT lagi klo lagi urgent butuh bukunya aj xD

      Delete
  2. ongkir nya di total pas beli bukunya ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk pembelian yg ini aku dapat free-ongkir karena promo ^^

      Delete
    2. hi all salam kenal. aku bantu jawab ya (meski uda tlat bgt hehe). berdasarkan info dari cust carenya ongkirnya ga bertambah meski jumlah pembelian buku bertambah. jadi mending beli skaligus banyak.

      Delete
  3. Hi Stefanie, salam kenal.

    Makasih reviewnya:)
    Aku belum pernah belanja di Opentrolley sih, tapi aku langganan Periplus. Aku pernah ngebandingin harga keduanya, kebanyakan mmg lebih mahal di Opentrolley. tapi ada juga yg harganya sama atau malah lebih murah.

    -dina-

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...