photo wishlist_zps2544b6d7.png

Friday, July 28, 2023

Book Review: The Underling Purpose by Aranindy

.
BOOK review
Started on: 14 May 2023
Finished on: 29 May 2023
 
 
Title: The Underling Purpose
Author: Aranindy
Publisher: Penerbit Clover M&C Kompas Gramedia
Pages: 440 pages
Year of Publication: 2023
Price: Rp 88,000 (www.gramedia.com)

Rating: 3/5
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
"Sederhananya, MMT adalah gabungan antara speed dating, working relationship, dan survival show. 6 orang pria dan 6 orang wanita akan dikurung di lantai teratas gedung bertingkat yang dinamakan Mishmash Tower."
Soma TV, stasiun swasta yang terkenal di Indonesia, akan menayangkan sebuah reality show baru bernama Mishmash Tower (MMT). Acara ini mengumpulkan 12 pemain terpilih dan mengurung mereka di lantai teratas sebuah gedung misterius. Mereka kemudian harus bekerja berpasangan dalam menyelesaikan tantangan-tantangan yang ada untuk mencapai lantai dasar. Demi menjadi pemenang dari kompetisi ini, mereka rela mencoba berbagai macam strategi, taktik, dan bahkan mengkhianati pasangan mereka. Siapakah yang akan berhasil menjadi sang juara?
 
 
Selama ini aku sudah cukup sering melihat nama Aranindy dan tahu bahwa ia menulis sebuah seri populer yang menceritakan tentang berbagai macam acara televisi. Oleh karena itulah saat aku melihat pengumuman terbitnya novel ini, aku memutuskan untuk memuaskan rasa penasaranku tentang tulisan Aranindy. Walaupun buku ini adalah buku kelima dalam seri Broadcasting Series, ceritanya sama sekali tidak berhubungan dengan novel-novel sebelumnya sehingga bisa dibaca secara terpisah. Sewaktu memulai buku ini aku sama sekali tidak punya bayangan gaya penulisannya akan seperti apa. Meski demikian, aku punya ekspektasi yang cukup tinggi karena sinopsis ceritanya terdengar sangat menarik dan bikin penasaran. Namun sayangnya, ada beberapa bagian dari buku ini yang kurang memuaskan untukku sehingga akhirnya aku hanya bisa memberikan rating 3 dari 5.
"Spekulasi yang terlalu jauh dan berbagai analisis dari setiap pemain, entah benar atau salah—itu yang bikin program kita semakin seru!"
Ditulis dari sudut pandang orang ketiga, The Underling Purpose dibuka dengan kru kreatif Soma TV yang sedang mendiskusikan program terbaru mereka, Mishmash Tower, atau disingkat MMT. MMT adalah gabungan antara speed dating, working relationship, dan survival show yang melibatkan 6 orang pria dan 6 orang pria yang akan dikurung bersama di lantai teratas sebuah gedung bertingkat. Peserta kemudian akan terbentuk menjadi enam pasang tim yang harus bersaing dalam menyelesaikan berbagai macam misi di setiap lantai. Hingga akhirnya hanya satu pasangan yang akan tersisa di lantai terbawah gedung tersebut dan dinobatkan sebagai pemenang MMT. Bagian awal buku ini menghabiskan cukup banyak waktu mengenalkan peserta yang terlibat dalam program MMT. Jujur saja, aku sedikit kesulitan mengingat semua karakternya karena dibombardir dengan banyak informasi di awal. Seiring berjalannya cerita, perlahan mulai terlihat ceritanya terfokus pada dua karakter utama: Keygan dan Keyandra. Meskipun keduanya mempunyai porsi yang lebih banyak dalam buku ini, aku merasa karakterisasinya kurang dalam dan tidak meninggalkan kesan yang berarti. Selain itu, unsur romance dalam kisahnya pun terasa tanggung dan tidak membuatku ingin melihat mereka berakhir bersama 😅. Menurutku, semua karakter dalam buku ini terasa flat dan mudah untuk dilupakan dalam waktu singkat.

Sebagian besar buku ini membawa pembaca mengikuti para peserta menghadapi berbagai macam misi yang telah disiapkan. Setiap pasangan memiliki cara yang berbeda-beda dalam menyelesaikan misi dan kerjasama tiap tim sangat berperan penting. Bagiku, melihat para peserta menjalani misi-misi tersebut jauh lebih menarik dan aku rasa itulah yang membuatku bertahan membaca hingga akhir. Di samping itu, aku juga penasaran siapa yang berperan sebagai bug di antara mereka—peserta yang bisa berkhianat kapan saja dan dapat merugikan pasangan mereka. Akan jauh lebih seru seandainya penulis memberikan sedikit petunjuk yang mengizinkan pembaca untuk bisa ikut menebak siapa sebenarnya yang terpilih sebagai bug. Sehingga pembaca bisa lebih terlibat dalam ceritanya daripada hanya menjadi penonton yang pasif. Ada sedikit kejutan yang tidak terduga di bagian akhir ceritanya, tapi ending-nya pun terasa kurang memuaskan untukku.
"Di antara kalian, ada Bug yang sedang mengintai... Bug adalah parasit yang bisa melompat ke mana saja. Berbeda dari pemain biasa, Bug tidak harus setia pada partnernya."
"Itulah kunci utamanya. Setiap pemain memiliki pandangan yang masuk akal. Namun, siapakah di antara mereka yang bersembunyi di belakang kalimat-kalimat cerdas demi terhindar dari kecurigaan?"
Secara keseluruhan, gaya penulisan Aranindy sebetulnya cukup mudah untuk dinikmati, akan tetapi alur cerita buku ini tidak begitu cocok dengan seleraku. Karakter yang berkesan dan digali dengan dalam adalah salah satu faktor penting bagiku dalam sebuah cerita. Oleh karena itu, jika aku tidak peduli dengan karakternya, akan sulit bagiku untuk bisa menikmati kisah tersebut. Walaupun buku ini tidak berhasil memenuhi ekspektasiku yang cukup tinggi, setidaknya aku sudah memuaskan rasa penasaranku terhadap novel yang ditulis oleh Aranindy.
"Baru disadarinya sekarang, selain memperebutkan posisi pemenang, MMT juga menjadi wadah untuk menguji tekad para pemainnya dalam menentukan apa sebenarnya prioritas mereka. There's no win without sacrifice."
by.stefaniesugia♥ .
 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...