Friday, November 7, 2014

Book Review: Bonus Track by Osamu Koshigaya

.
BOOK review
Started on: 2.November.2014
Finished on: 5.November.2014

Judul Buku : Bonus Track
Penulis : Osamu Koshigaya
Penerbit : Penerbit Haru
Tebal : 380 Halaman
Tahun Terbit: 2014
Harga: Rp 55,250 (http://www.pengenbuku.net/)

Rating: 3.5/5
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- 
"Pada hari ini, tanggal 9 Juni pukul 2 lewat 20 menit dini hari. Kekhawatiranku tentang masa depan pun lenyap.
Kenapa?
Karena aku mati.
Oh, tidak. Akhirnya, klimaks nasib sialku ada di sini. Ternyata memang benar, keluar tengah malam saat hujan deras itu salah."
Kusano Tetsuya adalah seorang pegawai restoran hamburger dengan kehidupan yang dipenuhi dengan kerja keras. Dan kehidupannya yang monoton itu secara tiba-tiba berubah saat ia menjadi saksi sebuah tabrak lari pada suatu malam. Di tengah hujan yang deras, Kusano berusaha keras untuk memberikan pertolongan pertama pada pemuda yang menjadi korban, bahkan memberikan nafas buatan untuknya. Namun kemudian ia sadari bahwa pemuda itu sudah meninggal. Yokoi Ryota, korban tabrak lari tersebut, melihat kejadian itu dalam wujud hantu. Dan Ryota merasa bahwa perlahan-lahan Kusano dapat mendengarkan suaranya.

"Sambil mengiyakan sekenanya, sebuah pertanyaan muncul di dalam hati Kusano. Kalau orang ini hanya halusinasinya saja, kenapa dia bisa tahu apa yang bahkan tidak ada di dalam ingatannya?"
Kusano yang sakit demam akibat terkena hujan merasa ia telah berhalusinasi saat melihat sosok Ryota di hadapannya. Meskipun Ryota menekankan berkali-kali bahwa ia adalah hantu, tetapi Kusano masih berpegang pada keyakinan bahwa Ryota sekadar halusinasinya saja. Ryota yang merasa amat kesepian karena tidak ada orang lain yang bisa melihat ataupun mendengarnya terus menempel pada Kusano. Hingga akhirnya rekan kerja Kusano, Minami Hiroto, yang memiliki kemampuan melihat hantu menyadari keberadaannya. Saat itulah Kusano akhirnya percaya bahwa Ryota memang adalah hantu.
"Dia adalah sosok yang ditabrak mobil berkecepatan tinggi. Ditendang keluar dari lingkup kehidupan manusia. Dia tidak bisa mengusap air mata kakak sepupunya, dia juga tidak bisa memberikan kepedulian pada kedua orangtuanya. Dia adalah pemuda yang tidak bisa mengungkapkan rasa sukanya pada gadis yang dia sukai. Jangankan itu, dia tidak bisa menunjukkan bahwa dirinya ada di dekat gadis itu."
Dengan keberadaan Ryota, kehidupan Kusano yang sepi dan membosankan mulai berubah. Dan Ryota yang selama ini merasa ia adalah orang yang selalu sial, mulai melihat bahwa ternyata hidupnya tidaklah seburuk yang ia bayangkan. Satu hal yang masih menggajal dalam hati Ryota, ia tidak akan puas sebelum ia bisa menemukan orang yang telah menabraknya. Bersama-sama dengan Kusano dan Minami, ketiganya menjalani banyak hal bersamadan mencari cara untuk mengantar pergi roh Ryota yang masih tertinggal.
"Dunia ini ternyata bukan tempat sampah. Meskipun di dunia ini ada orang-orang keji yang melakukan tabrak lari, tapi ada juga orang yang meletakkan bunga di tempat tabrak lari itu. Memang sih, bukan orang baik saja yang ada di dunia ini, tapi bukan juga hanya orang jahat. Akhirnya aku mengerti hal yang sederhana itu."
Baca kisah selengkapnya di Bonus Track.
image source: here. edited by me.
Sebelum mulai membaca buku ini, aku cukup tertarik dengan sampulnya yang menggambarkan sosok hantu di samping seorang lelaki. Dengan gaya penulisan yang mirip dengan buku Osamu Koshigaya yang lain, Her Sunny Side, buku ini menyuguhkan kisah yang ringan tetapi juga manis dan berkesan. Bonus Track bukanlah kisah tentang cinta, tetapi lebih mengarah pada kisah persahabatan antara manusia dan hantu.

Cerita ini ditulis dengan dua sudut pandang, yaitu sudut pandang Kusano dan Ryota. Alur ceritanya memang tidak menyuguhkan banyak konflik, dan terkadang bisa terasa sedikit lambat karena tidak adanya perkembangan berarti. Tetapi kisahnya dipenuhi dengan interaksi antara Kusano dan Ryota, yang sebenarnya sederhana tetapi menurutku sangat manis. Karena pada awalnya Kusano sama sekali tidak menggubris Ryota, namun lama-kelamaan Kusano mulai terbiasa. Bahkan aku rasa Kusano mulai nyaman dengan adanya Ryota yang selalu di sisinya, walaupun dalam wujud hantu. Apalagi kehidupan Kusano berubah semenjak nasehat Ryota agar ia mengubah gaya hidupnya yang monoton dan bekerja terlalu keras. Salah satu adegan favoritku adalah saat Ryota mendatangi pemakamannya. Selama hidupnya, ia selalu merasa dirinya sial; tetapi saat ia melihat begitu banyak orang yang datang ke pemakamannya, ia baru sadar bahwa hidupnya ternyata cukup berarti bagi orang lain. Aku rasa hal ini sebenarnya adalah sesuatu yang seharusnya disadari ketika seseorang masih hidup; sehingga rasanya cukup ironis sewaktu akuk membacanya.
"Padahal kukira aku hidup sederhana seperti hewan kecil di tengah lingkungan yang rusak. Aku tidak menyangka ada begitu banyak orang yang peduli denganku selama ini. Aku jadi berpikir mungkin mereka telah kehilangan orang yang berarti bagi mereka, yaitu aku."
Aku juga sangat menyukai beberapa adegan antara Kusano dan Ryota yang menikmati kegiatan sederhana seperti main game atau makan malam. Dalam adegan-adegan seperti ini, Kusano memperlakukan Ryota seperti anggota keluarganya sendiri, bukan sebagai sesosok hantu. Dan bagian yang menjadi favoritku adalah arti di balik judul Bonus Track itu sendiri, yang membuatku cukup terharu saat membacanya :')) Ryota mengumpamakan kehidupannya seperti album debut sebuah punk band yang selesai dengan cepat, karena ia meninggal pada usia muda. Akan tetapi dalam kehidupannya itu terdapat bonus track, kehidupannya setelah ia meninggal; dan ia merasa bonus track itu jauh lebih baik dibandingkan seluruh hidupnya :')) Ending-nya pun memuaskan, sehingga aku dapat menutup buku ini dengan lega.
"Iya. Kadang bonus track itu sendiri malah lebih baik dibandingkan keseluruhan album."
Secara keseluruhan, aku rasa buku ini adalah bacaan yang cukup ringan karena tidak ada banyak konflik di dalamnya. Meskipun tidak sepenuhnya puas dengan alur ceritanya, Bonus Track tetaplah sebuah kisah yang manis dan menghangatkan hati. Dan walaupun cerita ini melibatkan hantu, hantunya sama sekali tidak menyeramkan dan malah membuat ceritanya jadi lebih meriah. ;))
 
by.stefaniesugia♥ .
 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...