photo wishlist_zps2544b6d7.png

Tuesday, September 21, 2021

Book Review: You Do You: Discovering Live Through Experiments and Self-Awareness by Fellexandro Ruby

.
BOOK review
Started on: 6 September 2021
Finished on: 11 September 2021
 
 
Title: You Do You: Discovering Live Through Experiments and Self-Awareness
Author: Fellexandro Ruby
Publisher: Gramedia Pustaka Utama
Pages: 252 pages
Year of Publication: 2020
Price: Rp 102,400 (https://www.gramedia.com/)

Rating: 5/5
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
"Dengan melihat ke dalamlah, kita mengurai kompleksnya hidup. Menyambung titik-titik yang tadinya terlihat acak. Ketika itulah bahagia hadir. Ketika identitas kita selaras dengan apa yang kita kerjakan."
Melalui buku ini, Fellexandro Ruby menanggapi banyak keresahan dan kegalauan yang mungkin dialami oleh banyak anak muda hari-hari ini. Satu dekade pertama perjalanan kariernya pun ia habiskan untuk bereksperimen dengan berbagai macam role yang berbeda hingga akhirnya ia menemukan ikigai. Menariknya, semua kegalauan dan pencarian itu mulai terjawab dengan sendirinya saat ia bisa menjawab pertanyaan: "Who are you?". Buku You Do You  ini tidak memberikan jawaban langsung, tapi membantu serta mengajak pembaca untuk belajar merefleksikan diri, melihat ke dalam, mengurai situasi, agar bisa menemukan sendiri jawaban yang diperlukan ketika berada di sebuah persimpangan.
"Your life (career, business, relationship, finance) should be an extension of who you are."

Sebelum membaca buku ini, aku belum pernah mendengar nama Fellexandro Ruby sebelumnya. Sejak buku ini terbit, aku melihat banyak orang mulai membacanya dan bahkan beberapa teman juga merekomendasikan buku ini kepadaku. Setelah akhirnya memutuskan untuk membeli dan membacanya, aku mendapati diriku seketika menyukai cara penulisan Fellexandro Ruby yang lugas, straightforward, dan informatif. Gaya penulisannya yang santai membuatku merasa seolah sedang duduk bersama dengan penulis dan mendengarkannya berbicara kepadaku secara personal. Sesuai dengan anjuran penulis di bagian awal buku ini, aku tidak terburu-buru saat membaca buku ini dan berusaha meresapi setiap pesan yang ingin ia sampaikan dalam setiap bab. Aku bahkan merangkum serta mencatat bagian-bagian yang berkesan untukku—sesuatu yang jarang aku lakukan sebelumnya, tapi sepertinya aku akan mulai menerapkan kebiasaan ini ketika aku membaca buku non-fiksi agar memudahkanku untuk mengingat kembali apa yang sudah aku pelajari dari buku tersebut.
"The things you value the most in life will be your North star in making decisions... Use your values as your first and foremost counsel."
You Do You terbagi atas 5 bab utama: Bertemu dengan Diri Sendiri, Bertemu dengan Ikigai, Designing Your Life, Building Your New Net Worth, dan Principles; masing-masing terdiri dari sub bab yang membahas lebih mendalam tentang setiap topik. Bab pertama bisa jadi adalah bab favoritku dalam buku ini, karena seperti yang dikatakan oleh Fellexandro Ruby, mengenal diri kita sendiri dengan baik adalah kunci utama dalam pilihan hidup yang kita ambil. Sebagai seseorang yang sangat suka menggali tentang self-awareness, bab ini menyuguhkan beberapa hal yang baru untukku. Salah satunya adalah tentang pentingnya mengetahui chronotype kita—yaitu jam biologis yang memengaruhi energi, kreativitas, dan produktivitas kita sehari-hari. Ternyata, produktivitas tidak hanya sebatas mengerjakan sesuatu dengan efektif, tapi juga soal kapan kita mengerjakannya.
 

Dalam buku ini, penulis juga membahas serta mempertanyakan beberapa hal yang mungkin diyakini oleh orang-orang. Salah satunya adalah miskonsepsi adalah tentang kemampuan seseorang menjadi seorang ahli dengan latihan 10.000 jam. Aku sangat suka cara berpikir Fellexandro Ruby yang menekankan bahwa menjadi seorang ahli itu ada spektrumnya, dan terkadang kita justru terhambat secara mental sebelum mulai mencoba saat membayangkan harus berlatih 10.000 jam. Selain itu, apa yang kita lakukan dalam jam-jam tersebut juga berperan besar—apakah kita terus mengulang kesalahan yang sama, atau menjadikan kegagalan sebuah pembelajaran untuk terus menjadi lebih baik. Aku rasa itu adalah sebuah reminder yang penting bagi siapapun yang sedang ingin mempelajari sebuah skill yang baru.
"Self-awareness, ibarat otot, bisa dilatih, bisa digedein, tapi berlatihlah dengan trainer (circle of trust) yang tepat. Niscaya, perkembangan lo akan lebih cepat, dan mencegah terjadinya cedera yang tidak perlu. ;)"
Satu hal lagi yang tidak kalah penting adalah mengetahui prioritas atau value yang kita pegang dalam hidup—karena, seperti yang ditekankan oleh Fellexandro Ruby dalam buku ini, setiap orang punya prioritas yang berbeda. Mungkin ada orang yang cenderung memprioritaskan economic value, atau mungkin juga ada yang lebih mementingkan individualisme, atau menjunjung tinggi pentingnya menolong orang lain. Kenapa menurutku poin ini penting untuk diketahui dalam self-awareness? Karena saat kita yakin dengan nilai yang kita pegang, kita tidak akan lagi sibuk membandingkan pencapaian kita dengan orang lain yang memprioritaskan hal yang berbeda. Aku rasa banyak orang yang mengalami kegalauan atau sulit mengambil keputusan karena masih tidak yakin dengan nilai-nilai yang mau mereka pegang.

"Your life (business, career, and relationship) will only grow as much as you grow personally."
Selain poin-poin yang aku sebutkan di atas, masih banyak lagi hal-hal menarik yang dibagikan oleh penulis dalam buku ini: tentang dunia pekerjaan, pilihan karier, tips untuk networking, melakukan perencanaan keuangan, mengubah mindset, dan lain-lain. Selama membaca, aku terus-menerus menilik kehidupanku dan memikirkan bagian yang aku pelajari serta eksperimen yang mau aku coba lakukan. Aku juga sangat menghargai penulis yang tidak pelit membagikan pengalaman hidupnya dan apa yang ia pelajari selama bertahun-tahun. Menurutku, setiap ceritanya pasti dapat menginspirasi serta memberi semangat bagi para pembaca. Kalau Fellexandro Ruby memutuskan untuk menulis buku lagi, aku pasti tidak akan ragu untuk membeli dan membacanya 😊.
 
by.stefaniesugia♥ .
 

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...