Monday, November 2, 2015

Book Review: Operation: Break the Casanova's Heart by Aly Almario

.
BOOK review
Started on: 28.October.2015
Finished on: 29.October.2015

Judul Buku : Operation: Break the Casanova's Heart
Penulis : Aly Almario
Penerbit : Penerbit Haru
Tebal : 224 Halaman
Tahun Terbit: 2015
Harga: Rp 48,450 (http://www.pengenbuku.net)

Rating: 4/5
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- 
"Aku menandatangani surat kontrak itu dengan penuh semangat.
Akan kutunjukkan padanya!
Aku akan menghancurkan hati Casanova itu!
Aku tersenyum menyeringai.
Mari kita mulai permainan ini."
Stephen Cruz terkenal sebagai lelaki yang seringkali menghancurkan hati banyak perempuan dan suka gonta-ganti pacar. Naomi, yang sudah mengenal Stephen sejak SMA sangat membenci lelaki itu. Kebenciannya terhadap Stephen Cruz menjadi berkali lipat saat lelaki itu mematahkan hati sahabat terbaik Naomi, Kryzel. Tak lama kemudian, Naomi direkrut oleh KPSC (Koalisi Pembenci Stephen Cruz) dalam misi mereka untuk mematahkan hati Stephen Cruz, sang Casanova. Meskipun awalnya Naomi tidak setuju, rasa sebalnya terhadap Stephen yang selalu berlaku seenaknya sendiri mendorongnya untuk menandatangani kontrak tersebut. Naomi harus menjalankan misi 10 langkah yang bertujuan untuk membuat Stephen jatuh cinta padanya, lalu kemudian menghancurkan hati lelaki itu. Satu hal yang harus Naomi ingat, ia tidak boleh jatuh cinta pada lelaki itu—sesuatu yang awalnya Naomi anggap sebagai langkah paling mudah dari misi ini.

"Aku berjanji pada diriku sendiri bahwa aku tidak akan pernah terluka seperti Dad.
Aku tidak akan pernah membiarkan seorang wanita punya kekuatan sebesar itu terhadap diriku."
Demi menjalankan misi tersebut, Naomi mengubah penampilannya dengan bantuan anggota KPSC yang lain. Dengan penampilan barunya, Naomi seketika berhasil membuat Stephen menyadari kehadirannya—yang berarti langkah pertama berhasil dilakukan. Selanjutnya, Naomi pun melancarkan serangan dengan melakukan hal-hal yang tidak pernah dilakukan oleh perempuan lain sebelumnya untuk Stephen. Saat Stephen bermesraan dengan perempuan lain, Naomi akan mengklaim Stephen sebagai kekasihnya di depan umum. Namun misi ini mempersulit hidup Naomi saat lelaki yang ia sukai, Drew, mulai mendekatinya—sedangkan Naomi harus tetap berpura-pura mencintai Stephen. Semakin lama situasi berubah menjadi rumit dan Naomi tidak lagi yakin dengan perasaannya lagi.
"Aku tahu aku tidak boleh memercayainya, tapi janjinya membuat perasaanku lebih baik dan lebih buruk pada saat bersamaan. Dia berjanji untuk tidak pernah lagi menyakitiku, tapi aku tahu pasti bahwa aku akan menyakitinya. Bahwa itulah rencanaku sejak awal."
image source: here. edited by me.
Ini adalah pertama kalinya aku membaca novel terjemahan Filipina dan aku sangat puas dengan terjemahannya yang bagus dan sama sekali tidak terasa kaku. Two thumbs up untuk penerjemahnya! Aku juga sangat suka karena penerjemahnya menyelipkan beberapa istilah bahasa Tagalog yang disertai dengan footnote untuk memperkenalkan pembaca pada bahasa Filipina ini. Lewat buku ini aku bisa sedikit lebih mengenal dan mengerti istilah bahasa Tagalog yang tidak pernah aku ketahui sebelumnya :)

Cerita yang awalnya ditulis di Wattpad ini sebenarnya menyuguhkan cerita yang sangat klise dan sederhana, tetapi entah mengapa aku benar-benar menikmatinya dari awal hingga akhir. Ditulis dari sudut pandang pertama Naomi dan Stephen, alur cerita serta ending buku ini sebenarnya cukup mudah ditebak. Meski demikian, aku suka dengan latar belakang karakternya yang juga berhubungan dengan konflik keluarga serta adanya adegan yang cukup mengejutkan dan membuatku berdebar-debar menjelang akhir ceritanya. Aku suka dengan ending-nya karena semua konflik yang ada terselesaikan dengan baik dan setiap karakter mendapatkan happy ending mereka masing-masing :)
"Aku memberitahunya kalau kau tidak jatuh cinta, kau tidak akan pernah disakiti. Aku tidak akan pernah jatuh cinta." Tiba-tiba Stephen berpaling kepadaku. "Alyana bilang suatu hari nanti aku akan menjilat ludahku sendiri. Kurasa… aku sudah melakukannya."
"Setiap kali bersama dengannya, aku melupakan kepedihanyang disebabkan oleh Mom. Tapi, Nami juga seorang wanita; ada kemungkinan dia akan menyakitiku dan aku tidak boleh membiarkan hal itu terjadi.
Aku tidak ingin berakhir seperti Dad.
Aku tidak mau jatuh cinta."
Pada awalnya aku sangat sebal dengan karakter Stephen Cruz yang selalu dengan mudah berganti pacar dan suka mempertontonkan kemesraan di depan umum. Apalagi saat ceritanya ditulis dari sudut pandang Naomi, aku jadi bisa bersimpati dengan rasa benci yang ia rasakan. Namun seiring dengan waktu, saat Naomi mengenal karakter Stephen lebih jauh dan pembaca mengetahui latar belakang kehidupan Stephen yang membuatnya berlaku demikian, rasa sebalku terhadap karakternya berubah menjadi simpati. Dan selama Naomi melancarkan misinya pada Stephen, karakter Stephen berubah jadi manis dan sangat menyenangkan. Awalnya aku mengira itu adalah sosok Stephen yang memang adalah seorang Casanova handal dan bukan dilakukan atas ketulusan; tetapi pada akhirnya semua menjadi jelas :) Aku juga suka karakter Naomi yang kuat dan tidak mudah ditindas oleh orang lain—karakter yang sepertinya jarang aku temui pada jenis cerita seperti ini. Walaupun ia melalui masa galau yang membuatnya harus menyakiti dua lelaki dalam hidupnya, aku rasa Naomi telah mengambil keputusan yang sulit dengan berani pada akhirnya :)

Overall, buku ini bagiku adalah bacaan ringan yang menghibur dan dapat diselesaikan dalam waktu yang cukup singkat. Ceritanya sendiri tidak menyuguhkan sesuatu yang baru tetapi aku tetap menikmati kisahnya yang manis dan juga menyentuh dengan segala kesederhanaannya. Walaupun ceritanya cukup mudah ditebak karena alur cerita semacam ini kerap kali aku jumpai dalam novel lain, hal tersebut tidak mengurangi keinginanku untuk terus membaca hingga akhir :) Dan tentunya aku ingin mengucapkan terima kasih pada Penerbit Haru karena sudah memberiku kesempatan untuk membaca softcopy novel ini bahkan sebelum bukunya terbit. Semoga banyak pembaca yang akan terhibur oleh kisah Naomi dan Stephen ini :))

**Ada beberapa lagu yang berperan dalam ceritanya, salah satunya adalah lagu Taylor Swift yang berjudul Hey Stephen yang dinyanyikan oleh Naomi untuk Stephen dalam buku ini :D


 
 
by.stefaniesugia♥ .

4 comments:

  1. Lagi-lagi novel terjemahan, aku memang sedikit ill feel dengan novel yang diterjemahkan. Karena rata-rata aku tidak bisa melahapnya habis hingga ending cerita, bahasa yang digunakan dalam dialog membuat berasa sedang membaca buku paket pelajaran XD. Dan entah kenapa, review ini mengembalikan kepercayaanku, bahwa tidak semua novel terjemahan seperti demikian. Operatiaon: Break The Casanova's Heart telah berhasil memantik rasa penasaranku, likeeee it.

    ReplyDelete
  2. Kalau kusimpulkan, novel ini lebih mengarah ke mangsa pasar remaja ya kayaknya? Termasuk genre young adult seperti novelnya Jenny Han, mungkin?
    Sekilas terbayangkan FTV yang sering wara-wiri di beberapa channel dari pagi sampai malam. Meski temanya agak pasaran tapi tetap seru ditonton. Sama serunya nih bau-baunya. :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...